Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Khasiat Buah Naga Merah untuk Mencegah Penyakit

Khasiat Buah Naga Merah untuk Mencegah Penyakit

Khasiat Buah Naga Merah untuk Mencegah Penyakit

Khasiat Buah Naga Merah untuk Mencegah Penyakit

Khasiat Buah Naga Merah untuk Mencegah Penyakit

Khasiat Buah Naga Merah untuk Mencegah Penyakit – Buah naga memiliki empat ragam buah diantaranya dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit merah muda atau merah, dan dua jenis buah naga daging berwarna putih dengan kulit merah atau kuning. Keempat ragam buah naga ini pada dasarnya memiliki kesamaan manfaat luar biasa untuk kesehatan, hanya saja masing-masing dari buah tersebut memiliki sedikit berbeda tingkat kandungan nutrisinya. Inilah khasiat dan manfaat buah naga merah, diantaranya :

1. Mencegah Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang berbahaya dan sangat sulit untuk disembuhkan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Salah satu caranya mencegah kanker adalah dengan secara rutin mengkonsumsi buah naga merah ini. Buah naga ini sangat kaya akan vitamin C dan buah ini merupakan salah satu antioksidan utama, yang mampu mencegah rusaknya sel/DNA yang dipicu oleh radikal bebas. Karena salah satu asal mula terjadinya kanker dipicu oleh radikal bebas. Nah, setiap 100 gram buah naga dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin C harian didalam tubuh, padahal satu buah naga biasanya memiliki berat sekitar 400 gram atau 0,4 kg. Kebayang kan, seperti apa tubuh kita bila mengkonsumsi secara rutin buah ini.

2. Bagus untuk Jantung

Buah naga memiliki khasiat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menaikkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Adapun kandungan dari buah naga yaitu  Phytochemical Captin. Pada buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karena zat Phytochemical Captin biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan masalah jantung, dan pada buah naga ini anda bisa mendapatkannya secara alami. Bila anda memiliki tekanan darah tinggi  atau masalah jantung, cobalah untuk mengonsumsi buah naga ini secara rutin.

3. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Walaupun buah naga merah mengandung gula, tapi karena kadar serat dalam buah ini begitu tinggi sehingga tetap bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi diabetes. Kandungan serat selama ini sering dikenal untuk melancarkan pencernaan, padahal ada fungsi penting lainnya yaitu sebagi pengatur dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes,apalagi DM tipe 1 dan 2, yang merupakan tipe diabetes yang paling sering terjadi.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu menjaga kesehatan tulang. Pitaya (dalam bahasa meksiko yang berarti buah naga) memiliki kalsium yang jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi bisa mencukupi 1% kebutuhan harian untuk setiap 100 gram buah naga, bila dibandingkan dengan 18% kebutuhan harian per 100 gram susu. Tetapi buah ini memiliki kandungan zat besi dalam jumlah yang lumayan. Harus diingat bahwa zat besi juga cukup penting untuk kesehatan tulang. Didalam 100 gram buah naga terdapat 8% kebutuhan harian zat besi.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah ini cukup efektif dalam menjaga kesehatan mata. Kandungan beta-karoten yang dimiliki dalam buah naga merah ini sangat bermanfaat untuk mata. Oleh karena itu buah naga bisa anda jadikan pilihan makanan alternatif dalam menjaga kesehatan mata. Apabila anda bosan dengan wortel atau jenis makanan sumber beta-karoten lainnya. Anda bisa mengonsumsi buah naga dalam bentuk jus maupun dimakan secara langsung.

Selain mempunyai banyak manfaat untuk mencegah berbagai penyakit, buah naga merah masih memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya. Di atas telah dipaparkan bahwa antioksidan dalam buah naga ini bisa mencegah kanker, tapi sebenarnya tidak hanya itu saja. Antioksidan yang berasal dari vitamin C ini dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh secara keseluruhan, sehingga anda tidak mudah sakit. Sesering mungkinlah mengonsumsi buah ini yang akan membuat anda jarang terkena penyakit-penyakit ringan macam flu, batuk, sariawan, sakit tenggorokan, dan sebagainya.

Selanjutnya biji buah ini sangat kaya akan asam lemak esensial. Asam lemak esensial ini cukup sulit dicari, paling banyak biasanya terdapat pada minyak ikan, kemudian minyak dari biji-bijian. Kenapa diberi nama esensial? karena asam lemak ini begitu penting bagi tubuh, yaitu kebutuhannya mutlak untuk dipenuhi. Nutrisi ini penting untuk kebutuhan kesehatan bagi tubuh pada tingkat sel. Untuk mendapatkan asam lemak esensial ini yang perlu anda lakukan adalah harus mengonsumsi buah naga ini dengan cara di jus atau di blender, karena sistem pencernaan kita kurang mampu untuk menghancurkan biji buah naga dengan sendirinya.

 

About aini zidni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates