Thursday , 24 August 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Taksi Motor

Peluang Bisnis Taksi Motor

Peluang Bisnis Taksi Motor

Peluang Bisnis Taksi Motor

Peluang Bisnis Taksi Motor

Peluang Bisnis Taksi Motor – Di negara lain untuk yang namanya istilah Taksi Motor ini sudah terdengar tidak asing lagi, misalnya adalah di kota London. Bisnis ini sudah dibutuhkan karena adanya suatu kebutuhan transportasi yang cepat dan juga tepat di wilayah yang memang sering sekali terkena macet. Kenyamanan dan juga keamanan dari penumpang di dalam bisnis ini pun juga sangat amat diutamakan.

Di dalam melakukan bisnis Taksi Motor ini, setiap penumpangnya harus atau wajib mengenakan sebuah helm, head cap, rompi, dan juga loang coat. Semua perlengkapannya harus bersih sehingga bisa membuat penumpangnya merasa nyaman. Selain itu, setiap penumpang dari Taksi Motor juga akan memperoleh sebuah asuransi kecelakaan selama proses perjalanan.

Kesan ojek yang sudah terkenal dengan ugal-ugalan pun di tangan mereka sudah bisa berubah menjadi model transportasi yang begitu terasa aman dan juga nyaman. Bahkan, tidak sedikit dari kalangan eksekutif atau atas yang terjebak kemacetan lalu mereka menggunakan jasa dari taksi motor ini karena mereka ingin sampai dengan cepat di tempat yang menjadi tujuan mereka.

Memulai Usaha
Persiapan awal untuk bisa menjalankan bisnis taksis motor ini adalah sebagai berikut:
1. Memiliki kendaraansepeda motor, jika belum memilikinya Anda dapat membelinya secara cash atau kredit sepeda motor bekas yang memang masih mempunyai kualitas baik.
2. Mempersiapkan yang namanya kelengkapan untuk keselamatan pengendara dan juga penumpang dan tentunya harus menggunakan yang SNI.
3. Menentukan suatu rute yang hendak Anda akan layani. Anda perlu dengan jelas mengetahui yang namanya jalan-jalan alternatif karena biasanya orang akan lebih memilih jasa dati taksi motor karena kecepatannya untuk bisa mencapai tempat tujuan.
4. Menentukan suatu harga dari pelayanan. Mungkin Anda dapat mengaturnya dengan cara sistem pembagian zona ata wilayah atau juga bisa memasang argo untuk sepeda motor Anda.
5. Mencari seorang pengendara motor yang benar – benar sudah handal dan juga terpercaya.

Hambatan Usaha
Beberapa hambatan dalam menjalankan usaha ini adalah :
1. Persaingan dengan para pelaku tukan ojek lainnya (sesama tukang ojek).
2. Adanya kondisi dimana sepi dengan pelanggan. Untuk bisa mengatasinya, Anda benar – benar harus sering melakukan kegiatan promosi.
3. Pengemudi yang terbilang tidak disiplin. Pengemudi motor pada biasanya akan terpancing untuk bisa mengendarai kendaraan dengan sangat kencang. Karena mengutamakan sebuah keselamatan, Anda harus bisa mengawasi para pegawai di dalam mengendarai kendaran motornya.
4. Cuaca yang tergolong kurang bersahabat, baik itu hujan maupun panas pada siang hari. Terutama jika penumpangnya adlaah wanita.

Strategi Usaha
Untuk bisa menarik pelanggan supaya bisa tetap setia dengan jasa layanan Anda, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan :
1. Menetapkan sebuah sistem member. Setiap member atau anggota akan memperoleh banyak keuntungan seperti misalnya adalah diskon tariff kemudian hadiah ataupun pengutamaan dari segi pelayanan.
2. Selalu bisa memberikan pelayanan yang begitu ramah. Ajak para karyawan atau pegawai untuk bisa selalu tersenyum dengan ikhlas kepada para pelanggan.
3. Selalu bisa merawat kendaraan supaya nyaman jika dikendarai.
4. Menjaga yang namanya kebersihan dari sepeda motor beserta perlengkapan untuk pendukungnya seperti misalnya helm, jas hujan, rompi, dan lain lain.
Memberikan program asuransi kepada setiap penumpang.

Simulasi Usaha

Modal awal
Modal awal untuk membeli Motor second 2 unit = Rp 10.000.000,00
Modal awal untuk membeli Perlengkapan (2 helm utama + raincoat) = Rp 500.000,00
Modal awal untuk membeli Helm untuk penumpang 2 unit = Rp 200.000,00
Jumlah dari modal awal = Rp 10.700.000,00

peralatan nantinya akan mengalami penyusutan kira – kira atau sekitar 4 tahun dan juga memiliki nilai residu yaitu sebesar Rp1.000,00 dengan cara menggunakan sebuah metode penyusutan garis lurus. Biaya dari penyusutan untuk setiap tahun adalah Rp10.700.000,00 – Rp1.000,00) / 4 = Rp2.674.750,00 n atau sama dengan = Rp222.895,00 untuk setiap bulan.

Pendapatan setiap bulannya
Pendapatan = Rp100.000,00/motor x 2 x 30hari = Rp 6.000.000,00

Biaya-biaya
Biaya untuk membeli Bahan bakar bensin = Rp 500.000,00
Biaya untuk Servis/perawatan berkala kendaraan = Rp 300.000,00
Baiaya yang diperlukan untuk Gaji pegawai = 2 x Rp750.000,00 = Rp 1.500.000,00
Biaya unutk penyusutan peralatan = Rp 222.895,00
Biaya untuk membeli Pulsa telepon = Rp 100.000,00
Jumlah total dari biaya = Rp 2.622.895,00

Keuntungan
Laba atau keuntungan bersih = Rp 3.377.105,00

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates