Saturday , 24 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyakit Lipoma

Seputar Penyakit Lipoma

Seputar Penyakit Lipoma

Seputar Penyakit Lipoma

Seputar Penyakit Lipoma

Seputar Penyakit Lipoma – Lipoma adalah suatu kondisi dimana terdapat gumpalan lemak yang ada di bawah permukaan kulit. Meskipun kondisi lipoma ini dapat terjadi pada bagian tubuh yang mana saja, pada umumnya penyakit lipoma ini dapat terjadi di bagian tubuh seperti leher, torso, paha bagian atas, lengan bagian atas serta bagian ketiak. Jenis penyakit lipoma merupakan termasuk penyakit yang termasuk ke dalam kategori penyakit kanker jinak. Artinya bahwa kondisi penyakit lipoma bukan jenis kanker yang dapat berbahaya. Lipoma biasanya akanterjadi pada seseorang yang sudah berusia antara 40 sampai 60 tahun.

Berikut merupakan tipe – tipe penyakit lipoma, diantaranya:

1.    Lipoma konvensional adalah jenis lipoma yang paling umum terjadi, yang terbentuk dari lemak putih.

2.    Hibernoma merupakan jenis lipoma yang dapat terbentuk dari lemak yang berwarna coklat namun bukan dari lemak putih seperti halnya pada kondisi lipoma yang biasa terjadi.

3.    Fibrolipoma merupakan lipoma yang terbentuk dari suatu lemak yang mengalami penggumpalan di dalam jaringan yang berserat.

4.    Angiolipoma merupakan lipoma yang dapat terbentuk dari suatu lemak yang mengalami penggumpalan di antara pembuluh darah.

5.    Myelolipoma merupakan jenis lipoma yang dapat terbentuk di antara jaringan pembentuk sel darah.

6.    Pleomorphic lipoma merupakan jenis lipoma yang dapat terbentuk dari suatu lemak pada sel – sel dengan berbagai ukuran serta bentuk.

7.    Atypical lipoma dapat terbentuk dari suatu lemak yang lebih dalam pada sel – sel dengan jumlah yang sangat banyak.

Beberapa merupakan beberapa faktor penyebab yang dapat terjadinya penyakit lipoma diantaranya:
1.    Faktor keturunan
2.    Luka pada bagian kulit
3.    Penyakit Adiposis Dolorosa
4.    Sindrom Cowden
5.    Sindrom Gradner, dan
6.    Penyakit Madelung
7.    Gaya hidup tidak sehat

Untuk mengenali penyakit lipoma, maka terlebih dahulu harus mengetahui gejala – gejala yang dialami pada penderita lipoma, diantaranya:
1.    Lipoma biasanya mempunyai ukuranyang kecil berkisar antara 1 sampai 3 cm.
2.    Lipoma dapat terasa seperti adanya gumpalan yang berada di bawah kulit.
3.    Lipoma tidak akan menimbulkan rasa sakit
4.    Apabila didorong dengan jari, maka benjolan lipoma akan berpindah
5.    Benjolan lipoma tidak akan berwarna
6.    Benjolan lipoma akan mempunyai ukuran yang sama meskipun sudah bertahun – tahun sebab pertumbuhan lipoma sangat lambat.

Kebanyakan kondisi lipoma akan menjadi sangat mengganggu apabila lokasi terbentuknya terjadi di area tubuh yang dapat terlihat ataupun bahkan ukuran dari lipoma dengan ukuran yang sudah cukup besar. Lipoma tidak menimbulkan rasa sakit, akan tetapi pada beberapa kondisi lipoma akan terbentuk yang bersinggungan dengan saraf, pada kondisi seperti ini lipoma dapat menimbulkan gejala yang berupa rasa sakit ataupun nyeri.

Tentunya siapa pun tidak ingin terdapat sesuatu benjolan lemak ataupun lipoma yang muncul pada kulit serta dapat mengganggu penampilan. Pada umumnya, lipoma dapat diketahui dengan hanya melihat dari bentuknya saja. Konsumsi makanan misalnya sayur serta buah dapat mengurangi timbunan lemak yang terajdi di bawah permukaan kulit. Berikut merupakan beberapa yang dapat mencegah terbentuknya penyakit lipoma, diantaranya:

1.    Perhatikan asupan makanan dengan menghindari konsumsi makanan misalnya junk food, yang berpemanis buatan, ataupun minuman yang bersoda.
2.    Ubah gaya hidup tidak sehat, dengan mengusahakan melakukan olahraga secara rutin.
3.    Detoksifikasi liver, yakni dengan mengkonsumsi jus buah misalnya perasan jeruk, jus apel dan lainya.
4.    Minum air putih yang cukup (8 gelas per hari) yang membantu untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates