Thursday , 22 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menjaga Kesehatan Gusi dan Mulut

Tips Menjaga Kesehatan Gusi dan Mulut

Tips Menjaga Kesehatan Gusi dan Mulut

Tips Menjaga Kesehatan Gusi dan Mulut

Tips Menjaga Kesehatan Gusi dan Mulut

Tips Menjaga Kesehatan Gusi dan Mulut – Mulut merupakan salah satu dari sistem pencernaan yang sekaligus sebagai tempat pertama untuk makanan masuk ke dalam tubuh manusia. Akan tetapi, karena fungsi utama dari mulut yaitu sebagai alat pencernaan pada manusia, maka mulut akan sering mengalami masalah atau gangguan kesehatan. Berbagai jenis bakteri ataupun mikroorganisme yang ada dalam makanan dapat bersarang dalam mulut serta akan mengakibatkantimbulnya gangguan pada mulut. Selain itu juga, jika malas dalam menjaga kebersihan mulut dapat memicu timbulnya berbagai gangguan misalnya bau mulut, menyebabkan gigi berlubang, dan lain sebagainya.

Gusi serta gigi merupakan dua komponen sangat penting yang dapat berperan untuk proses pencernaan di dalam mulut. Namun sayangnya, gusi serta gigi sering mengalami masalah atau gangguan karena jarang dibersihkan, ataupun mungkin akibat sering mengkonsumsi jenis makanan yang dapat membuat gigi rawan untuk terjadi kerusakan. Gusi dan juga bahaya gigi yang berlubang akan lebih rawan terjadi kerusakan akibat sering merokok ataupun mengkonsumsi sesuatu yang dapat menyebabkan timbulnya plak, misalnya teh serta kopi. Selain itu juga, gangguan yang terjadi pada gusi serta gigi dapat disebabkan akibat tubuh kekurangan asupan nutrisi tertentu, misalnya akibat kekurangan asupan kalsium dengan demikian menyebabkan gigi akan mudah keropos, ataupun kekurangan asupan vitamin C yang menyebabkan gusi mudah sariawan.

Gangguan yang terjadi pada mulut terutama di bagian gusi serta gigi adalah salah satu gangguan yang dapat menyebabkanmulut terganggu serta menyebabkan menurunya nafsu makan. Agar dapat menghindari terjadinya gangguan pada gusi serta mulut, berikut merupakan tips agar dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, diantaranya:

1.    Rajin Membersihkan Gigi
Agar dapat menjaga kesehatan gigi, dapat dilakukan denganmembersihkannya secara rutin. Rutinlah untuk menyikat gigi apabila sesudah makan, atau minimal dua kali dalam satu hari, waktu pagi serta malam jika sebelum tidur. Agar dapat mencegah adanya sisa kotoran pada sela gigi, dapat menggunakan bantuan dengan benang gigi. Supaya lebih optimal, dapat menggunakan mouthwash supaya mulut menjadi lebih bersih serta bebas dari bau mulut.

2.    Hindari Minum Teh, Kopi, dan Alkohol
Teh serta kopi sebetulnyabisadi konsumsi sesekali. Akan tetapi, jika terlalu sering dalam minum teh dan juga minum kopi dapat menimbulkan timbulnya plak pada gigi sampai berujung pada kerak gigi. Kerak gigi merupakan cikal bakal terjadinya gangguan pada gusi atau radang gusi yang dapat mengakibatkan gigi keropos. Selain teh dan kopi, alcohol juga dapat mengakibatkan mulut kering sertamenimbulkan bau mulut.

3.    Melakukan Flossing
Flossing dapat membantu untuk membersihkan sisa – sisa makanan yang ada dalam rongga antara gigi serta gusi. Flossing dapat mencegah timbulnya abses gusi serta radang gusi. Selain itu juga, dapat mencegah kerak gigi.

Berikut merupakan asupan makanan agar dapat menyehatkan gusi dan mulut, diantaranya:

1.    Stroberi
Buah mengandung malic acid yang bermanfaat untuk menghilangkan noda yang ada pada gigi.

2.    Brokoli
Brokoli mengandung nutrisi yang sangat penting untuk memperkuat email gigi dengan memberikan suatu lapisan anti-asam.

3.    Jamur shitake
Jamur shitake mengandung lentinan yang bisa mencegah terjadinya perkembangan bakteri yang ada dalam mulut dengan demikian dapat mencegah gigi terbebas dari adanya plak.

4.    Apel
Apel mengandung suatu zat asam yang bisa membersihkan serta dapat membuat gigi akan tampak lebih putih.

5.    Wortel dan seledri
Keduanya sayur tersebut bisa memicu dalam produksi air liur yang bermanfaat sebagai pembersih alami untuk mulut dan gigi.

6.    Jeruk dan nanas
Jeruk dan nanas mengandung suatu asam yang bisa meningkatkan produksi air liur, sehingga dapat mencegah perkembangan dari bakteri jahat, serta dapat menghilangkan tartar yang dapat menyebabkan plak.

7.    Biji Wijen
Biji wijen kaya dengan kandungan kalsium yang bermanfaat untuk menguatkan tulang gigi serta dapat menyehatkan gusi.

8.    Teh hijau
Teh hijau mengandung suatu zat bernama catechin yang berguna dalam mencegah terjadinya perkembangan bakteri yang ada di dalam mulut.

9.    Keju
Keju memiliki rendah kandungan karbohidrat serta tinggi kalsium dan juga fosfat yang baik untuk menjaga kesehatan gigi. Keju juga mempunyai khasiat untuk menjaga keseimbangan pH yang ada di dalam mulut.

10.    Kiwi
Kiwi kaya dengan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan kolagen gusi dengan demikian gusi akan menjadi lebih sehat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates