Saturday , 29 April 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Tips Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Tips Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Tips Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Tips Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Tips Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani – Mempunyai tubuh yang sehat secara jasmani ataupun rohani merupakan keinginan setiap orang. Dengan kondisi tubuh yang sehat maka dapat membantu untuk menjalankan semua aktivitas sehari – hari dengan lancar. Namun jika kondisi tubuh sedang dalam kondisi tidak sehat, maka untuk menjalankan aktivitas juga tidak akan maksimal. Gaya hidup sehat merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan guna mendukung tubuh untuk menjadi sehat sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit karena memiliki system kekebalan tubuh yang baik.  Agar memperoleh kesehatan jasmani dan juga rohani, terdapat beberapa langkah yang harus ditempuh, diantaranya:

1.    Istirahat yang Cukup
Dengan istirahat yang cukup bisa sangat mendukung untuk menjaga kesehatan seseorang. Istirahat adalah suatu proses pemulihan tenaga apabila sudah melakukan aktivitas. Istirahat bisa menjaga serta dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Hal tersebut dapat membantu supaya tubuh menjadi tidak rentan dari serangan berbagai jenis macam penyakit.

2.    Hindari stress
Kondisi stress selain akan berpengaruh terhadap kondisi psikis, stress juga bisa mempengaruhi keadaan fisik seseorang. Factor pemicu stress sangat beragam, misalnya akibat kondisi ekonomi, akibat tuntutan pekerjaan, karena tekanan sosial, dan lainya. Seseorang yang mengalami stress dapat mempengaruhi imunitas atau system daya tahan tubuh, dimana imunitas yang turun bisa mengundang berbagai jenis serangan penyakit.

3.    Menerapkan pola makan yang sehat
Cara lain dalam menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan membiasakan pola makan yang sehat, misalnya tidak makan dengan jumlah porsi yang berlebihan ataupun terlalu sedikit, menjaga asupan makanan yang bergizi misalnya buah-buahan serta sayuran, tidak membiasakn konsumsi junk food, dan lainnya.

4.    Berolahraga secara teratur
Dengan melakukan latihan fisik secara teratur misalnya olahraga bisa menunjang kesehatan tubuh, baik untuk kesehatan jasmani ataupun kesehatan rohani. Dimana manfaat melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh bisa membantu dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Tubuh akan menjadi lebih segar, dan bisa mengurangi tingkat stress.

5.    Hindari penggunaan zat-zat berbahaya
Zaman sekarang sudah banyak beredar bahan- bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh misalnya karena kebiasaan merokok, kebiasaan minuman yang aberlkohol, obat – obatan narkoba, ataupun jenis obat- obatan yang berbahaya lainnya. Zat tersebut dapat memberikan dampak kecanduan, dimana jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, maka akan memberikan dampak yang negatif untuk kesehatan tubuh.

6.    Menjaga kebersihan dan kerapian
Kebersihan merupakan langkah awal untuk menciptakan hidup sehat.  Dengan demikian sangatlah penting untuk menjaga kebersihan dan juga kerapian, baik kebersihan pada diri sendiri ataupun kebersihan di lingkungan sekitar. Dengan kondisi diri serta lingkungan yang bersih dan juga sehat dapat membuat terhindar dari berbagai penyakit misalnya penyakit kulit, terhindar dari gangguan pencernaan, ataupun penyakit lainnya.

7.    Menghindari kebiasaan buruk
Beberapa kebiasaan buruk yang biasa dilakukan seperti bergadang, menonton televise terlalu lama, ataupun terlalu lama bermain game dan lainya sangat berpengaruh untuk kesehatan jasmani serta rohani. Hal-hal bisa mempengaruhi kondisi emosional seseorang yang menjadi tidak seimbang sehingga akhirnya dapat mengakibatkan depresi.

8.    Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
Mempunyai kehidupan sosial yang bagus dapat sangat mempengaruhi kondisi kesehatan jasmani dan juga rohani. Dengan melakukan sosialisasi dapat mempunyai banyak teman, yang dapat bertukar pikiran sehingga akan membantu pikiran membuat lebih rileks, dapat menghindari stress, ataupun menghindari resiko untuk terkena penyakit kejiwaan yang lainnya.

9.    Berusaha untuk selalu focus
Sebelum melaksanakan suatu kegiatan, alangkah baiknya apabila melakukan suatu perencanaan secara matang terlebih dahulu. Kemudian lakukan kegiatan tersebut secara fokus sehingga dapat mencegah terjadinya stress.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates