Tuesday , 12 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 10 Manfaat dan Khasiat Jambu Monyet untuk Kesehatan

10 Manfaat dan Khasiat Jambu Monyet untuk Kesehatan

10 Manfaat dan Khasiat Jambu Monyet untuk Kesehatan

10 Manfaat dan Khasiat Jambu Monyet untuk Kesehatan

10 Manfaat dan Khasiat Jambu Monyet untuk Kesehatan

10 Manfaat dan Khasiat Jambu Monyet untuk Kesehatan – Buah jambu monyet lebih dikenal dengan nama buah jambu mete. Hal ini karena buahnya yang memiliki biji mete. Biji inilah yang sering diambil untuk dijadikan camilan sebagai kacang mete. Buah jambu monyet yang matang warnanya merah dengan biji mete berwarna hijau di bagian bawahnya. Rasa buah ini tidak manis, cenderung sepat dan juga asam. Walaupun begitu,  banyak orang yang menyukai buah ini sebagai makanan favorit mereka.

Buah jambu monyet perlu dikenal tidak hanya dari biji mete nya saja, namun juga kandungan gizi buah monyet yang baik untuk kesehatan. Jambu monyet ini mengandung cukup banyak kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, air, vitamin A dan juga vitamin C. Semua kandungan tersebut menjadikan buah jambu monyet sebagai jenis buah yang layak untuk di konsumsi. Berikut ini ada beberapa manfaat dan khasiat jambut monyet untuk kesehatan Anda.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat jambu monyet, berikut penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda.

1. Jambu Monyet Dapat Mencegah penyakit anemia

Khasiat jambu monyet yang pertama adalah mencegah penyakit anemia. Anemia yang menyerang tubuh kita akan membuat badan kita mudah lelah karena kekurangan sel darah merah sebagai penguat tubuh. Jambu monyet punya kandungan zat besi yang cukup untuk menambah produksi sel darah merah.

2. Sebagai Penangkal radikal bebas

Manfaat jambu monyet yang selanjutnya yaitu menangkal efek bahaya dari radikal bebas. Hal ini karena buah yang satu ini memiliki vitamin C dan fungsi anti oksidan yang baik untuk dicerna tubuh sebagai pelindung dari radikal bebas.

3. Dapat Menyehatkan mata

Khasiat jambu monyet juga sangat bermanfaat untuk mata. Buah ini mengandung banyak vitamin A yang cukup untuk menyehatkan mata kita. Konsumsi jambu monyet ini maka akan membuat Mata kita lebih sehat, pandangan lebih tajam, dan terhindar dari penyakit mata minus.

4. Jambu Monyet Sebagai Obat asma

Manfaat jambu monyet yang selanjutnya yaitu sebagai obat penyembuh asma. Penderita asma yang ingin terobati dengan lebih alami dapat mengkonsumsi buah ini. Khasiat jambu monyet untuk penderita asma adalah melancarkan sistem pernapasan, sehingga penyakit asma Anda tidak akan terlalu sering kambuh dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Sebagai Obat Hipertensi

Manfaat jambu monyet untuk darah yaitu mengontrol nya agar tekanannya tidak terlalu rendah maupun tinggi. Tekanan darah yang tinggi hanya akan membuat tubuh Anda mengidap penyakit hipertensi. Itulah kenapa buah ini cocok untuk mengatasi penyakit darah tinggi seperti hipertensi.

6. Sebagai Pencegah penyakit jantung

Jantung yang sehat perlu dijaga sejak dini, tidak perlu menunggu sampai Anda menua dan mengidap penyakit jantung yang kronis. Anda hanya perlu mengkonsumsi buah jambu monyet untuk menyehatkan organ jantung dalam tubuh.

7. Mengatasi rematik

Rematik sangat banyak sekali terjadi hampir semua kalangan terutama pada lansia, jambu monyet ini sangat disarankan untuk anda yang menderita rematik. Rematik merupakan penyakit yang dihasilkan dari meradang nya bagian tubuh. Khasiat jambu monyet untuk penyakit rematik adalah sebagai obat yang meredakan nya. Tidak ada salahnya memakan buah ini setiap hari agar terhindar dari penyakit rematik mulai dari sekarang.

8. Untuk Mengatasi sariawan

Manfaat jambu monyet dengan kandungan vitamin C  dapat mengatasi sariawan. Sariawan biasanya muncul akibat kurangnya konsumsi vitamin C yang cukup dan kurangnya menjaga kesehatan mulut.

9. Mengatasi radang tenggorokan

Radang tenggorokan bisa sangat mengganggu Anda saat makan dan berbicara. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat jus dari buah jambu monyet kemudian di konsumsi setiap hari dengan teratur. Obat radang tenggorokan yang satu ini sangatlah sehat dan alami.

10. Jambu Mete Dapat Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan kita. Akibatnya yaitu Anda sering kesulitan BAB. Manfaat jambu monyet ini adalah untuk melancarkan saluran pencernaan anda, sehingga anda tidak perlu mengalami sembelit lagi jika anda konsumsi jambu monyet ini.

Selain 10 manfaat dan khasiat jambu monyet untuk kesehatan, ada lagi 10 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya : Obat diare, Mengatasi disentri, Mencegah penyakit, Melindungi tubuh dari kanker, Penurun kolesterol, Sumber makanan sehat, Makanan ternak,  Obat kencing manis, Mencegah radang mulut

Itulah  manfaat dan khasiat jambu monyet untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memperoleh makanan dan buah-buahan yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda di masa depan.  Selamat mencoba.

 

About ida purnamasari43@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates