Saturday , 21 April 2018
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 9 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak dengan Cepat Dan Alami

9 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak dengan Cepat Dan Alami

9 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak dengan Cepat Dan Alami

9 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak dengan Cepat Dan Alami

9 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak dengan Cepat Dan Alami

9 Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak dengan Cepat Dan Alami – Otak kita merupakan bagian anggota tubuh yang sangat penting karena otak merupakan pusat berpikir serta yang mengatur anggota tubuh lainnya. Otak sangat mempengaruhi bagian tubuh yang lain. Otak akan mengirim pesan kepada anggota tubuh lainnya tentang sesuatu yang hendak dilakukan sehingga otot atau anggota tubuh akan menangkap pesan dan akan melakukan pesan yang dikirim oleh otak.

Otak sama halnya dengan anggota tubuh lainnya yaitu memerlukan latihan seperti layaknya otot. Otak yang sering melakukan latihan maka akan meningkatkan kecerdasan otak serta menjadikan otak terampil dan konsentrasi dalam berpikir. Sebenarnya tingkat kecerdasan otak manusia bisa ditingkatkan dengan melakukan beberapa hal yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat meningkatkan kecerdasan otak yaitu

1. Lakukan Belajar Sesering Mungkin

Semakin banyak hal-hal baru yang kita pelajari maka akan semakin mencerdaskan otak kita. Otak yang bekerja dengan belajar banyak hal akan menciptakan aliran arus syaraf yang baru di dalam otak sehingga akan semakin mencerdaskan otak. Pengetahuan-pengetahuan yang ada didalam otak sebagian besar bersumber dari kapasitas belajar. Semakin banyak kita belajar maka akan semakin mencerdaskan otak kita.

Sebagus apapun kualitas otak yang dipunyai seseorang jika tidak digunakan untuk belajar serta tidak diasah kemampuannya maka akan kalah dengan orang yang mempunyai kualitas otak sedang tetapi seringkali diasah dengan belajar banyak hal dan pengetahuan. Seperti halnya pisau semakin diasah dan digunakan maka akan semakin tajam, tetapi jika jarang digunakan maka akan menjadi tumpul.

2. Lakukan Latihan Membaca Cepat

Membaca merupakan kegiatan yang sangat efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak. Salah satu teknik membaca yang dapat meningkatkan kecerdasan otak yaitu dengan teknik membaca cepat. Membaca cepat akan menjadikan otak kita berlatih mengingat hal-hal yang dibaca dengan menggunakan alam bawah sadar kita. Dengan membaca cepat maka kita akan dengan cepat melibatkan pikiran sadar kita agar dengan cepat mengingat dan memahami materi yang dibaca.

Teknik membaca cepat lebih banyak mengajarkan mata bergerak cepat, tetapi bukan hanya hal tersebut yang menjadi keuntungan dari membaca cepat karena dengan membaca cepat akan melatih otak merekam dengan cepat setiap informasi yang telah dibaca serta akan melatih otak memahami materi yang ada.

3. Lakukan Istirahat Secara Berkala

Kemampuan otak dalam bekerja seperti halnya kemampuan otot yaitu memerlukan istirahat. Jika anda belajar maka jangan memaksakan otak anda untuk terus berpikir dalam jangka waktu yang sangat lama. Beristirahatlah sebentar jika anda telah melakukan kegiatan belajar selama 20 menit. Otak akan mudah menyimpan informasi dan pengetahuan yang telah direkamnya pada awal dan akhir sesi pembelajaran. Ambil waktu anda untuk istirahat secara singkat untuk memberikan waktu kepada otak menyimpan informasi terlebih dahulu, kemudian lanjutkan belajar kembali.

4. Sarapan pagi Dapat Mencerdaskan Otak

Sarapan pagi menjadi asupan gizi pertama untuk melakukan banyak aktifitas disiang harinya. Sarapan pagi ternyata sangat mempengaruhi kinerja otak. Sarapan pagi telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, daya ingat, kinerja mental serta mood kita. Orang yang membiasakan sarapan pagi akan mendapatkan asupan glukosa yang menjadi sumber utama energi dalam tubuh. sarapan pagi akan menggantikan glukosa dalam tubuh yang telah berkurang setelah tubuh tidak diisi makanan selama 8 sampai 12 jam karena tidur. Biaskanlah sarapan pagi sebelum jam 9 agar otak anda bekerja dengan baik dan meningkatkan kecerdasannya serta dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda.

5. Lakukan Olahraga otak / Senam Otak

Cara meningkatkan kecerdasan otak lainnya yaitu dengan olahraga otak. Olahraga otak dapat dilakukan dengan menggerakan tubuh anda saat mempelajari sesuatu. Olahraga otak ini merupakan olahraga yang sederhana. Olahraga otak ini telah dikembangkan oleh para spesialis pendidikan selama 25 tahun yaitu salah satunya oleh Dr. Paul Dennison. Dengan melakukan olahraga otak banyak manfaat yang didapatkan yaitu diantaranya membantu dalam hal pemahaman, konsentrasi, berpikir secara abstrak, daya ingat, keletihan mental, kemampuan menyelesaikan tugas serta keseimbangan fisik dan koordinasi. Dengan melakukan olahraga otak maka otak kanan dan otak kiri kita akan bekerja dengan seimbang. Mayoritas orang berpikir dengan banyak melibatkan otak kiri. Sehingga tidak terjadi keseimbangan otak antara bagian kanan dan kiri. Padahal otak akan bekerja lebih efektif jika digunakan secara seimbang.

6. Hindari Makanan Yang Mengandung Gula

Makanan yang mengandung gula dengan kadar yang tinggi jika banyak dikonsumsi oleh tubuh sangat tidak baik untuk kesehatan otak, maka jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak  gula. Kadar gula yang ada dalam makanan yang terlalu tinggi akan menjadikan anda merasa malas dan cepat lelah dalam berpikir sehingga kurang baik untuk kesehatan otak anda.

7. Latih Semua Sistem Indera

Belajar dengan tidak hanya melibatkan otak saja tetapi juga dengan melibatkan alat indera yang lain seperti indera penggerak yaitu tangan, kaki, indera pendengar, indera perasa serta indera pengecap terbukti akan lebih membuat otak lebih kuat dalam merekam informasi yang sedang dipelajari.

Anak-anak ataupun orang dewasa ketika belajar dengan disertai penggerakan beberapa indera akan lebih meningkatkan hasil pembelajarannya karena belajar dengan disertai dengan menggerakan indera maka akan melatih otak lebih mengingat informasi atau pengetahuan yang sedang dipelajari. Misalkan jika seorang anak yang belajar tentang “tanpa bobot” jika anak tersebut diajarkan dengan disertai gerakan melompat-lompat maka anak tersebut akan lebih memahami arti dari “tanpa bobot”.

8. Biasakan Bernafas melalui hidung

Bernafas yang paling baik yaitu dengan melalui hidung karena didalam hidung terdapat rambut hudung yang berfungsi menyaring kotoran yang terkandung didalam udara sehingga tidak ikut masuk kedalam tubuh kita. Bernafas dengan hidung dan keluarkanlah melalui mulut hal ini akan menjadikan oksigen didalam darah dan otak akan meningkat sehingga akan memperjenih otak dalam berpikir.

Menghirup udara dengan hidung juga dapat membantu mendinginkan otak yang sedang bekerja dengan panas sehingga akan tetap on serta konsentrasi. Otak juga membutuhkan oksigen yang cukup untuk membantu konsentrasi anda tetap fokus serta cara meningkatkan kecerdasan otak.

9. Berlatih / Belajar Bermain Instrumen Musik

Bermain dan berlatih alat musik akan membantu mencerdaskan otak anda. Dengan bermain musik akan meningkatakan IQ anda. Anda tidak harus jenius dalam memainkan musik untuk meningkatkan kecerdasan otak anda, dengan berlatih musik saja sudah cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak anda.

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Otak memang perlu dilatih dan dipaksa untuk bisa bekerja dengan efektif sehingga dengan terbiasa dilatih akan terlihat peningkatanan nya. Semoga dengan melakukan hal-hal tersebut otak dapat bekerja dengan lebih cepat dan cerdas sehingga dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan dan masalah dengan tanpa hambatan yang rumit.

Semoga Bermanfaat..!

 

About ida purnamasari43@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates