Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Penyebab Terjadinya Sembelit

Beberapa Penyebab Terjadinya Sembelit

Beberapa Penyebab Terjadinya Sembelit

Beberapa Penyebab Terjadinya Sembelit

Beberapa Penyebab Terjadinya Sembelit

Beberapa Penyebab Terjadinya Sembelit – Setiap orang mempunyai frekuensi buang air besar (BAB) yang berbeda. Kebanyakan orang biasanya buang air besar kurang dari tiga kali selama seminggu yang biasanya dapat menyebabkan kesulitan pada saat buang air besar. Apabila seseorang mengalami keadaan tersebut sehingga bisa dikatakan seseorang mengalami konstipasi atau sembelit. Sembelit terjadi pada saat seseorang mengalami kondisi dimana mengalami kesulitan untuk buang air besar dengan tekstur feses dalam kondisi keras.Keadaan sembelit bisa mengakibatkan penderitanya mengalami perut kembung. Meningkatnya resiko sembelit dapat diiringi dengan bertambahnya usia serta akibat kebiasaan pola hidup yang tidak sehat. Dengan usia seseorang yang di atas 60 tahun lebih akan rentan untuk terkena sembelit dibanding mereka yang masih muda. Seseorang dengan usia lanjut sehingga akan mengalami keadaan dimana kekuatan pada otot – otot usus menjadi berkurang. Seseorang dengan usia yang lanjut juga akan lebih rentan untuk mengalami gangguan penyakit. Berikut merupakan uraian lengkap penyebab sembelit diantaranya:

1. Kurang mengkonsumsi air putih
Tubuh yang mengalami kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi. Pada saat tubuh mengalami kekurangan cairan, maka tekstur feses dapat menyesuaikan jumlah cairan yang ada di dalam tubuh. Apabila kondisi cairan yang ada di dalam tubuh hanya sedikit, sehingga tekstur feses dapat mengeras.

2. Panas dalam
Ketika panas dalam, maka suhu tubuh dapat cenderung meningkat dengan demikian kebutuhan cairan juga akan meningkat. Namun kebanyakan pada penderita panas dalam tidak menyeimbangkan kondisi tersebut dengan minum air yang cukup dengan demikian dapat mengakibatkan terjadinya sembelit. Disamping itu kondisi saat panas dalam, menyebabkan kinerja sistem pencernaan dapat terganggu.

3. Stres
Aktivitas yang padat dapat mengakibatkan stres. Stres juga bisa memicu terjadinya kondisi sembelit. Pada saat stres, otot – otot di dalam tubuh dapat menegang, termasuk pada otot usus yang berperan di dalam sistem pencernaan.

4. Hormon yang tidak stabil
Produksi hormon yang tidak stabil banyak terjadi pada wanita, misalnya ketika hamil atau pada saat menstruasi. Dimana pada wanita hamil dan wanita yang menstruasi akan lebih rentan untuk terkena sembelit.

5. Kondisi usus yang kurang elastis
Kondisi tersebut banyak dijumpai pada wanita hamil, juga pada usia lanjut. Dimana pada wanita hamil dan lansia akan lebih rentan mengalami sembelit akibat keadaan usus yang kurang elastis.

6. Gangguan pencernaan
Kondisi tersebut terjadi dimana sistem pencernaan dalam kondisi yang tidak normal (mengalami kelainan anatomis).

7. Gaya hidup tidak sehat
Gaya hidup yang tidak sehat serta kurang tepatnya pola makan, dimana kondisi tersebut menjadi penyebab utama mengalami sembelit. Selain itu akibat diet yang kurang tepat dapat memicu terjadinya sembelit.

8. Obat-obatan
Akibat mengkonsumsi jenis obat – obatan tertentu misalnya obat anti-diare, obat analgesik, serta obat antasida, dimana jenis obat tersebut memiliki kandungan kalsium serta aluminium yang bisa meningkatkan tekstur feses yang menjadi keras.9. Penyakit
Akibat menderita penyakit tertentu, misalnya penyakit tifus dan penyakit hernia. Dimana kondisi tifus dan penyakit hernia dapat ditandai dengan kondisi sembelit.

10. Menunda BAB
Pada seseorang yang sedang menjalani aktivitas, adanya rangsangan ingin buang air besar seringkali ditahan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan sembelit apalagi dilakukan dengan waktu yang relatif lama.

11. Sering merasa emosi
Seseorang yang mengalami emosi atau mengalami cemas dapat mengakibatkan otot usus yang menjadi kejang. Keadaan tersebut bisa mengakibatkan gerakan peristaltik usus yang terhenti dengan demikian usus besar dapat menyerap kembali cairan feses, yang dampaknya feses akan menjadi keras.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates