Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Seputar Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Seputar Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Seputar Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Seputar Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Seputar Cara Memandikan Bayi Baru Lahir – Setiap pasangan akan merasa senang pada saat bayinya baru lahir. Pengalaman untuk memandikan bayi dapat menjadi sesuatu yang paling berharga dan menyenangkan. Setiap orang yang ada di dalam rumah dapat terasa sangat senang dengan aroma wangi bayi yang khas. Akan tetapi banyak juga wanita yang baru punya anak merasakan takut untuk memandikan sang bayi, terlebih apabila bayi yang baru saja di lahirkan. Biasanya dua hingga tiga hari bayi akan diurus oleh perawat maupun bidan. Namun pada saat beberapa kemudian, dengan demikian untuk memandikan bayi dapat menjadi tugas ibu. Mandi dilakukan tidak hanya pada orang dewasa, namun pada bayi juga harus memiliki kebiasaan mandi seperti orang dewasa. Berikut merupakan cara untuk memandikan bayi sesuai dengan tahapan diantaranya:1. Persiapan Perlengkapan Mandi
Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menyediakan semua peralatan mandi untuk bayi. Pada saat melakukan ini alangkah baiknya dilakukan ketika bayi masih tidur ataupun diasuh oleh seseorang. Hindari menyiapkan peralatan mandi sambil mengasuh bayi sebab bayi akan rewel serta tidak nyaman. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan, diantaranya:

1. Selimut mandi.
2. Sabun bayi (cair atau padat).
3. Sampo bayi.
4. Baby oil.
5. Bak mandi untuk bayi

2. Persiapan Perlengkapan Setelah Mandi
Apabila sudah menyiapkan peralatan mandi, kemudian menyiapkan peralatan bayi untuk sesudah mandi. Tujuan untuk persiapan ini yaitu agar membuat bayi menjadi cepat nyaman ketika selesai mandi. Hindari bayi dalam kondisi masih basah, hingga menangis kemudian baru menyiapkan semua peralatan yang diperlukan. Perlu diketahui bahwa menurunya suhu tubuh bayi sudah mandi akan sangat cepat, apabila terlalu lama untuk menunggu sehingga bayi akan menjadi sakit dan rewel. Adapun beberapa persiapan setelah selesai mandi yang diperlukan yaitu:
a. Selimut tebal untuk menghangatkan bayi.
b. Bedak bayi (jika terbiasa menggunakan bedak bayi).
c. Parfum bayi.
d. Minyak penghangat (minyak telon untuk bayi).
e. Salep kulit (jika diperlukan).
f. Pakaian lengkap untuk bayi.
g. Kaus kaki bayi.

3. Persiapan Air untuk Mandi
Air yang digunakan untuk memandikan bayi alangkah baiknya air yang tidak terlalu dingin serta tidak terlalu panas. Suhu air yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan untuk bayi yaitu antara 32 sampai 37 °Celsius. Akan tetapi juga tidak harus dengan mengukur suhunya, namun cukup dengan mengetesnya menggunakan tangan. Adapun langkah untuk menyiapkan air untuk mandi bayi, diantaranya:
a. Masukkanlah beberapa inci air hangat ke dalam bak mandi.
b. Tes suhu air dengan menggunakan tangan. Masukkan tangan dengan memutar sampai suhu terasa merata.
c. Jaga supaya suhu air tidak turun selama mempersiapkan bayi untuk mandi.

4. Langkah Memandikan Bayi
Apabila sudah selesai membuka baju bayi, terlebih dahulu lihat apakah bayi sudah siap untuk mandi. Apabila bayi baru bangun tidur dengan demikian tunggu hingga bayi tampak nyaman untuk mandi. Kemudian lakukan beberapa langkah untuk memandikan bayi baru lahir, sebagai berikut:
a. Pegang bayi secara pelan serta bertumpu di bagian lutut Anda.
b. Lepaskan pakaian bayi yang di mulai dari pakaian atas sampai popok kemudian balut dengan handuk agar mempertahankan suhu tubuh bayi.
c. Bersihkan pada bagian wajah bayi yang menggunakan kapas dengan dicelup ke dalam air.
d. Kemudian cuci pada bagian rambut bayi secara sangat lembut. Percikkanlah air pada bagian kepala bayi. Apabila perlu gunakanlah sampho yang khusus untuk bayi.
e. Lalu bersihkan pada bagian tubuh lain dengan langkah yang sama. Usap dengan pelan menggunakan tangan secara lembut untuk membasahi tubuh bayi.
f. Gunakan sabun bayi serta terapkan pada badan bayi.
g. Bersihkanlah semua bagian lipatan pada badan bayi serta daerah di area alat kelamin bayi, dengan demikian bayi benar – benar bersih.
h. Masukkanlah bagian tubuh bayi dengan lembut ke dalam bak mandi khusus untuk bayi.
i. Kemudian angkat badan bayi dengan lembut lalu keringkan menggunakan handuk.
j. Bersihkanlah pada bagian lipatan di kulit bayi secara lembut, apabila perlu gunakanlah baby oil.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates