Monday , 26 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Larangan Ibu Hamil Dalam Pola Makan

Seputar Larangan Ibu Hamil Dalam Pola Makan

Seputar Larangan Ibu Hamil Dalam Pola Makan

Seputar Larangan Ibu Hamil Dalam Pola Makan

Seputar Larangan Ibu Hamil Dalam Pola Makan – Keselamatan janin salah satunya dipengaruhi oleh jenis minuman serta makanan yang dikonsumsi wanita hamil dimana akan berpengaruh dengan cara langsung terhadap pertumbuhannya. Semua jenis asupan minuman serta makanan bagi wanita hamil harus dapat mencukupi dengan berbagai jenis kebutuhan asupan nutrisi misalnya protein, vitamin, lemak, serta berbagai jenis asupan mineral lainya. Akan tetapi terkadang wanita hamil tidak dapat meninggalkan kebiasaannya yang buruk untuk memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Berikut merupakan larangan penting yang harus dihindari selama kehamilan, diantaranya:

1. Konsumsi Minuman yang Mengandung Alkohol
Minuman dengan kandungan alkohol sangatlah tidak dianjurkan bagi wanita hamil. Alkohol bisa masuk ke dalam janin melalui plasenta dengan terhubung secara langsung dari seorang ibu ke janin. Bahaya alkohol pada saat hamil dapat masuk ke aliran darah wanita hamil serta dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan diantaranya:
a. Cacat janin,
b. Gangguan otak pada bayi,
c. Kerusakan organ vital pada janin misalnya jantung, hati, paru-paru
d. Cacat fisik.

2. Konsumsi Minuman yang Mengandung Kafein
Jenis makanan atau minuman apapun yang mengandung kafein harus segera dihentikan. Beberapa macam minuman dengan kandungan kafein misalnya teh serta kopi sangat tidak dianjurkan pada masa kehamilan. Bahaya kafein untuk ibu hamil dapat memicu hormon yang bisa mengakibatkan rasa stress. Bahkan hormone akan diterima dengan langsung oleh janin dengan demikian akan sangat berbahaya bagi kesehatan janin. Adapun dampak yang akan ditimbulkan yaitu :
a. Cacat
b. Keguguran
c. Ketidakseimbangan hormon selama kehamilan

3. Konsumsi Makanan Mentah
Khususnya dalam siklus kehamilan mengkonsumsi makanan mentah sangat dilarang. Berbagai macam makanan yang mentah akan lebih rentan terhadap faktor penyebab penyakit misalnya bakteri, virus, dan cacing. Semua faktor penyebab penyakit tersebut bisa mengalir ke janin dengan demikian akan mengganggu masa pertumbuhan janin. Adapun dampaknya yaitu:
a. Mengganggu pertumbuhan janin
b. Bahkan kebiasaan dapat menyebabkan keguguran.
c. Kehamilan ektopik

4. Konsumsi Makanan dengan Bahan Pengawet
Bagi ibu hamil, semua macam pengawet dalam makanan maupun dalam minuman alangkah baiknya dihindari. Berbagai jenis bahan pengawet dalam makanan dapat masuk ke janin serta akan menimbulkan gangguan kesehatan kepada janin. Adapun dampaknya yaitu: mengalami kelainan pada janin, menyebabkan keguguran, menyebabkan bayi terlahir cacat, menyebabkan bayi kekurangan gizi, menyebabkan hamil anggur.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Tinggi Garam
Semua macam makanan dengan kandungan garam dalam jumlah yang tinggi bisa sangat berbahaya bagi ibu hamil. Garam yang masuk ke dalam tubuh wanita hamil bisa mengakibatkan gangguan keseimbangan cairan serta menyebabkan gangguan kesehatan pada organ ginjal dan limfa. Garam juga dapat menghambat penyerapan zat besi dengan demikian akan sangat mengganggu dalam produksi sel darah merah. Jumlah garam yang berlebihan di dalam tubuh wanita hamil bisa mengakibatkan tubuh menjadi bengkak serta menyebabkan hipertensi dalam kehamilan. Dampaknya menyebabkan kematian pada saat masa kehamilan.6. Konsumsi Makanan yang Tidak Dicuci
Semua macam makanan yang tidak dicuci terlebih dahulu sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Sayuran serta buah – buahan yang dikonsumsi tidak dicuci terlebih dahulu maka dapat mengakibatkan infeksi dari bakteri yang terdapat dalam tanaman. Dimana bakteri dapat mengakibatkan gangguan penyakit pada bayi.

7. Konsumsi Makanan yang Tidak Dipasteurisasi
Pasteurisasi merupakan suatu proses dimana masuknya bahan makanan ataupun minuman tertentu pada suhu tinggi. Proses tersebut tidak akan menyebabkan kerusakan nutrisi dalam makanan ataupun minuman. Dengan demikian sangat baik dalam membunuh semua macam bakteri serta kuman di  dalam makanan kemasan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates