Monday , 21 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat – Kondisi flu dapat menimbulkan gejala yang dapat mengganggu kenyamanan pada penderitanya. Hidung tersumbat merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan dari kondisi flu salah satunya. Hidung tersumbat biasanya diiringi dengan gejala lainya seperti sakit kepala, bersin – bersin, demam dan gejala lainya. Dengan demikian pada saat mengalami kondisi hidung tersumbat, langkah yang harus dilakukan adalah melakukan penanganan dengan mengobatiya. Terdapat banyak cara untuk mengatasi hidung mampet atau hidung tersumbat, diantaranya:

1. Menghirup Inhaler, Balsem, Minyak Angin
Hidung meler atau mengalami penyumbatan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan praktis yakni dengan menghirup aroma mint seperti pada balsem, inhaler, atau minyak angin yang lainya. Sebetulnya cara tersebut sudah banyak dilakukan oleh banyak orang Indonesia. Sebab dengan cara tersebut dapat meredakan hidung tersumbat.

2. Mengkonsumsi Makanan Pedas
Selain itu cara lain dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang pedas. Makanan yang pedas tidak hanya dapat menguggah selera makan akan tetapi juga dapat membuat lendir yang mengalami penyumbatan akan menjadi lebih encer dengan demikian lendir dapat keluar secara sendirinya.

3. Menghirup Uap Air Panas
Kondisi hidung tersumbat dapat dilakukan dengan menghirup uap yang berasa dari air panas. Seperti yang sudah di ketahui dimana kelembaban dengan uap yang berasal dari air panas dapat meredakan peradangan dengan demikian akan membuat hidung bisa membuat lega kembali.

4. Mandi Dengan Air Hangat
Mandi dengan menggunakan air yang hangat dapat dilakukan pada saat cuaca sedang dingin, hal tersebut agar dapat mencegah kedinginan yang mengigil. Perlu diketahui dengan mandi menggunakan air yang hangat juga dapat menyembuhkan atau dapat mengatasi hidung yang sedang tersumbat. Uap yang berasal dari air hangat akan membuat lendir yang menutupi hidung bisa menjadi encer dengan demikian lendir tersebut dapat keluar dengan sendirinya serta dapat membuat hidung menjadi lega.

5. Konsumsi Sup Ayam
Sup ayam sangat nikmat serta mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi, dengan demikian sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi dibalik kandungannya yang bergizi juga dapat menjadi obat alternatif dalam mengatasi hidung yang tersumbat. Dengan demikian mengkonsumsi sup ayam dapat membuat hidung menjadi kembali lega.

6. Gunakan Netipot
Istilah netipot memang tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas. Perlu diketahui netipot merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi hidung yang mengalami penyumbatan. Dimana netipot dapat sebagai obat yang alternatif dalam mengeluarkan lendir pada hidung. Netipot memiliki bentuk yang seperti ceret ataupun teko kan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil. Cara peggunaannya sangat mudah yakni dengan mengisi netipot dengan air hangat serta ditambah garam 1 sendok kemudian di aduk sampai garam homogen dengan air.  Setelah itu masukan netipot dalam hidung kemudian tuangkan airnya sampai mengalir keluar.

7. Obat
Apabila malas dalam melakukan cara – cara yang alami tersebut dengan demikian dapat menggunakan cara yang lebih praktis yakni dengan mengkonsumsi obat. Obat untuk hidung tersumbat sudah mudah dijumpai di apotek maupun warung terdekat. Dengan demikian akan sangat mudah untuk mengatasi hidung tersumbat.

8. Istirahat
Agar dapat mengatasi hidug tersumbat dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah yakni dengan melakukan istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup ditambah asupan gizi yang seibang dapat membuat kondisi kesehatan menjadi lebih baik. Perhatikan posisi tidur dengan tepat yakni dengan posisi telentang akan tetapi usahakan pada posisi kepala yang lebih tinggi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates