Friday , 17 August 2018
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mengatasi Penyebab Perut Buncit

Tips Mengatasi Penyebab Perut Buncit

Tips Mengatasi Penyebab Perut Buncit

Tips Mengatasi Penyebab Perut Buncit

Tips Mengatasi Penyebab Perut Buncit

Tips Mengatasi Penyebab Perut Buncit – Perut buncit merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak dalam bentuk ideal. Banyak faktor penyebab perut buncit baik karena asupan makanan yang tidak teratur maupun karena aktifitas yang kurang dan juga dapat terjadi akibat keduanya. Makan banyak namun tidak diimbangi dengan aktifitas yang cukup dapat menyebabkan perut buncit, sebab terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh yang seharusnya diubah menjadi energi. Berikut merupakan tips untuk mengatasi penyebab perut buncit, diantaranya:

1. Makan Teratur
Untuk menghindari kondisi perut buncit, maka harus menjauhi kebiasaan makan yang tidak teratur. Dengan makan yang teratur maka keseimbangan dan juga kesinambungan energi dapat tetap terjaga, sehingga diperlukan menjaga jam makan atau pola makan yang senantiasa teratur. Miliki waktu makan yang tetap serta alangkah baiknya tidak mengulur -ngulur apalagi jika melewatkannya karena kondisi apapun.

2. Hindari Makan Larut Malam
Pada saat sudah melebihi dari jam 8, pastikanlah untuk tidak makan berat apalagi mengkonsumsi cemilan yang memiliki kandungan kalori tinggi. Agar dapat mencegah penimbunan lemak serta penyimpanan lemak di dalm tubuh, dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih saja. Perlu diketahui bahwa minum air putih secara cukup dalam satu hari dapat menghindari tubuh dari bahaya dehidrasi.

3. Hindari Makan Terlalu Banyak
Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mengendalikan porsi makanannya sebab pada dasarnya orang selalu menginginkan untuk memuaskan perut serta jika makan sedikit tidak akan terasa kenyang. Kebiasaan seperti hal tersebut alangkah baiknya tidak dilanjutkan sebab makan dengan berlebihan dapat menyebabkan gemuk. Alangkah baiknya untuk segera berhenti makan sebelum terasa kenyang sebab makan yang pas itu lebih baik.

4. Hindari Mengkonsumsi Makanan Berlemak (Gorengan) Terlalu Sering
Mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak memang sangat nikmat, akan tetapi tidak ada salahnya untuk berpindah haluan dari mengkonsumsi makanan yang digoreng serta yang berlemak ke jenis makanan yang dapat menyehatkan. Untuk sesekali makan mungkin tidak dapat menimbulkan masalah, akan tetapi pastikan untuk membatasi makan yang digoreng apabila tidak ingin perut menjadi buncit.

5. Hindari Konsumsi Makanan yang Mengandung Gas
Usahakan untuk membatasi dan mengurangi dalam mengkonsumsi jenis makanan dengan tinggi kandungan gasnya. Terdapat banyak jenis sayuran yang memiliki kandungan gas yang tinggi. Jenis makanan seperti makanan cepat saji, sodium tinggi, susu serta produk olahannya, makanan dari tepung, jenis kacang-kacangan, makanan dengan bersorbitol serta makanan yang berfruktosa.

6. Hindari Minum Minuman Beralkohol
Konsumsi minuman yang beralkohol sebetulnya boleh saja, namun perlu diketahui batasannya serta bukan untuk di konsumsi harian. Kurangi kebiasaan untuk minum alkohol bagi orang yang sudah mengalami kecanduan alkohol. Dengan membatasi kadarnya secara pelan-pelan, dapat menghentikan kebiasaan dalam mengkonsumsi minuman beralkohol. Sehingga lama-kelamaan dapat menghindarinya.

7. Hindari Konsumsi Makanan dengan Kandungan Pemanis Buatan
Tidak ada yang lebih baik dari mengkonsumsi jenis makanan ataupun minuman dengan rendah gula, apalagi yang alami serta tidak memiliki kandungan pemanis buatan. Makanan dengan berpemanis buatan di dalam proses pencernaan akan mengalami kesulitan dalam berfermentasi dan pada akhirnya usus dapat terganggu.

8. Hindari Makan saat Emosi
Pada saat sedang emosi, baik akibat rasa marah, kesal, sedih, alangkah baiknya minum air putih agar dapat meredakan stres.

9. Hindari Kebiasaan Merokok
Berhenti dalam kebiasaan merokok tentunya menjadi solusi supaya perut tidak menjadi buncit. Mulai batasilah dalam penggunaan jumlah rokok supaya lama-kelamaan bisa berhenti dari kebiasaan tersebut. Merokok kenyataannya dapat membuat lemak terdorong ke bagian area inti tubuh dengan demikian perut dapat terancam menjadi membesar alias menjadi membuncit.

10. Hindri Makan dengan Cepat
Biasakanlah untuk mengunyah makanan dengan lambat namun bukan artinya terlalu lambat. Nikmatilah makanan yang sedang dikonsumsi supaya proses pencernaan dapat mendukung untuk bekerja dengan benar dan baik.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates