Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih

Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih

Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih

Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih

Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih

Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih – Bau badan merupakan sesuatu hal yang sangat normal, dimana setiap orang akan mengeluarkan aroma bau badan. Pada setiap orang akan mempunyai aroma yang berbeda, dengan demikian terdapat orang dengan bau yang sangat menyengat dan ada juga yang tidak. Keadaan tersebut dapat dipengaruhi oleh kebiasaan dalam sehari – hari, misalnya kebiasaan gaya hidup yang tidak baik, jenis makanan yang dikonsumsi, karena kebiasaan dalam menjaga kebersihan dan lain sebagainya. Aroma bau badan yang menyengat berati bahwa terdapat banyak bakteri serta terjadinya gangguan pada kelenjar endokrin. Kondisi bau badan dapat diatasi dengan banyak cara, dengan demikian akan kembali mempunyai aroma yang tidak berbau, salah satunya yakni dengan menggunakan daun sirih.

Daun sirih bersifat sebagai antiseptik yang dapat membasmi bakteri sebagai penyebab bau badan. Daun sirih juga memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat membuat badan menjadi lebih harum. Daun sirih memiliki kandungan senyawa kimia misalnya mengandung minyak atsiri, yang jenisnya kadiven, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Semua macam minyak atsiri tersebut banyak dijumpai dalam daun sirih.

Berikut merupakan tips menghilangkan bau badan yang menggunakan daun sirih, diantaranya:
1. Minum rebusan daun sirih
Daun sirih mempunyai sifat untuk analgesik dengan demikian dapat dapat memberikan manfaat dalam menghilangkan peradangan serta meredakan rasa sakit. Selain itu penggunaan daun sirih dapat menjaga pH sehingga akan membuat badan lebih wangi. Selain dapat menghilangkan aroma bau keringat, manfaat air daun sirih juga dapat mengatasi sembelit serta dapat mencegah gangguan pada pencernaan misalnya gas perut serta maag.

2. Mandi dengan air rebusan daun sirih
Apabila tidak bisa mengkonsumsi air daun sirih karena aromanya yang kurang enak, maka dapat digunakan dengan mandi menggunakan air daun sirih. Daun sirih mempunyai sifat untuk antiseptik sehingga baik dalam melawan bakteri, kuman dan jamur pada kulit. Selain itu juga penggunaan air daun sirih yang di mandikan dapat menyembuhkan jerawat, dapat mengatasi bintik hitam, mengatasi bau badan, dapat mengatasi bekas luka, mengobati alergi, serta dapat mengobati gatal pada kulit.

3. Minum air daun sirih dan kunyit
Air daun sirih yang ditambahkan dengan kunyit dapat mengatasi bau badan, selain itu dapat mengembalikan kadar pH secara alami dengan demikian dapat menyembuhkan keputihan. Ramuan ini tidak untuk dikonsumsi oleh wanita hamil serta wanita yang mengalami menstruasi. Efek samping dari minuman ini dapat memicu kontraksi secara dini serta meningkatkan resiko gangguan pada rahim wanita usia subur.

4. Minum teh daun sirih
Teh daun sirih merupakan jenis perawatan untuk menghilangkan aroma bau badan. Untuk menyiapkan teh daun sirih dapat dibuat dengan mengeringkan daun sirih terlebih dahulu dengan oven.

5. Masker daun sirih dan aneka jeruk
Hasil penelitian menyimpulkan apabila campuran daun sirih serta ditambah dengan berbagai jenis jeruk dapat menghilangkan aroma bau badan yang menyengat. Bau badan terjadi akibat keringat bercampur bersama bakteri. Dimana tubuh mempunyai 2 bagian kelenjar apokrin. Kelenjar tersebut yang terdiri dari kelenjar ekrin serta kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin ini terletak di bagian lipatan misalnya pada ketiak serta pada alat kelamin. Kelenjar tersebut dapat menghasilkan aroma keringat yang bau tidak sedap. Daun sirih dengan kandungan berbagai jenis senyawa yang alami dapat menghalau aroma bau keringat. Pada beberapa macam jeruk termasuk jenis jeruk nipis, jeruk lemon serta jenis jeruk yang lain memiliki kandungan narigeni, fitokimia, flavonoid dan hesperetin. Dimana semua bahan tersebut sangat baik dalam mencegah bau keringat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates