Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Jajan Sembarangan bagi Kesehatan

Ketahui Bahaya Jajan Sembarangan bagi Kesehatan

 

Ketahui Bahaya Jajan Sembarangan bagi Kesehatan

Ketahui Bahaya Jajan Sembarangan bagi Kesehatan

Ketahui Bahaya Jajan Sembarangan bagi Kesehatan – Untuk anak – anak khususnya di sekolah, jajanan merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan bagi mereka. Terlebih di zaman sekarang, inovasi dari setiap makanan yang berbagai warna dan bentuk yang dibuat menarik semakin mendominasi. Akan tetapi perlu diketahui, bahwa jajan di sembarang tempat merupakan bukanlah suatu kebiasaan yang bagus. Bahkan kebiasaan jajan sembarangan ini tidak boleh dilakukan oleh setiap orang. Anak – anak usia SD harus diberikan perhatian yang lebih terhadap kebiasaan jajan.Jajan yang dilakukan di sembarangan tempat cukup berbahaya sebab dikhawatirkan dapat mengandung suatu zat yang berbahaya dalam makanan. Berikut merupakan bahaya apabila jajan sembarangan diantaranya :

1. Diare
Pada umumnya jenis makanan yang dijual di pasaran memiliki kriteria dari kebersihan tersendiri. Kriteria kehigienisan tersebut menandakan supaya makanan tersebut layak agar dikonsumsi serta tidak memiliki bibit penyakit yang akan timbul akibat terdapat kotoran serta kuman dalam makanan. Faktor yang dapat mengakibatkan minuman atau makanan yang dijual di pasaran tidak terjamin tingkat kebersihannya, seperti pada pedagang keliling, yang mangkal atau lainya dimana karena faktor bahan makanan, faktor tempat, proses dalam pembuatan makanan, proses kebersihan peralatan karena pencucian alat yang tidak bersih, serta akiat kebiasaan yang tidak bersih. Dengan demikian makanan yang dihidangkan akan dihingapi lalat kemudian nantinya bisa menimbulkan sakit perut hingga menyebabkan diare.

2. Keracunan Makanan
Jajanan yang biasa dipasarkan di tempat umum mempunyai harga yang sangat murah dibandingkan di toko makanan. Sebab bahan baku untuk membuat jajanan, mempunyai kualitas yang lebih rendah dibandingkan yang di jual di toko – toko. Bahan dengan kualitas yang lebih rendah akan menyebabkan suatu rekasi dalam tubuh seperti keracunan. Dengan tanda mengalami mual, muntah dan sakit kepala.

3. Karsinogenik
Jenis makanan dengan bentuknya yang bagus serta warnanya yang menarik akan membuat daya tarik tersendiri sehingga mengakibatkan banyak anak- anak agar membeli jajanan tersebut. Banyak jenis jajanan yang dipasarkan dengan menggunakan bahan kimia agar dapat menghasilkan jajanan yang lebih bagus dan juga menarik. Kandungan kimia dalam jajanan seperti pemanis buatan, pewarna buatan, pengawet buatan, dan lainnya. Jika makanan tersebut terus dikonsumsi lama – kelamaan bisa menciptakan suatu sel – sel kanker atau karsinogenik di dalam tubuh.

4. Gangguan Pencernaan
Sudah banyak barang termasuk makanan yang dipalsukan. Makanan yang palsu dapat dibuat dengan sedemikian rupa supaya menyerupai jenis makanan dan juga minuman yang aslinya. Minuman atau makanan yang palsu dimana yang dibuat dengan memanfaatkan bahan- bahan dengan kualitasnya yang di bawah standar dari bahan yang asli. Apabila makanan serta minuman tersebut selalu masuk ke dalam bagian organ tubuh dapat menyebabkan anak bisa mengalami gagguan pencernaan seperti mengalami peradangan usus serta mengalami infeksi.

5. Terinfeksi Cacing dan Bakteri
Resiko terkena cacingan merupakan salah satu penyebab konsumsi jajanan dari sembarang tempat. Dengan demikian pedagang di tempat umum atau di pinggir jalan akan lebih rentan untuk menimbulkan penyakit cacingan. Cacing tersebut dapat menular selain dengan melalui udara juga bisa menular dengan memalui sentuhan. Jajanan yang terdapat di pinggir jalan akan lebih banyak mengalami sentuhan dari banyak orang yang tidak diketahui kebersihanya. Jenis bakteri juga terdapat dalam makanan yang di jual di pasaran dengan sembarangan, apabila masuk ke dalam tubuh maka bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit disentri. Dengan demikian untuk menghindari hal- hal yang dapat meimbulkan gangguan kesehatan akibat jajanan maka jajanlah ditempat yang sudah diketahui tingkat kebersihannya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates