Monday , 26 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Obesitas untuk Ibu Hamil

Ketahui Bahaya Obesitas untuk Ibu Hamil

Ketahui Bahaya Obesitas untuk Ibu Hamil

Ketahui Bahaya Obesitas untuk Ibu Hamil

Ketahui Bahaya Obesitas untuk Ibu Hamil

Ketahui Bahaya Obesitas untuk Ibu Hamil – Obesitas merupakan suatu kondisi dimana berat badan seseorang lebih dari berat badan ideal atau sering disebut dengan kegemukan. Ibu yang sedang hamil terkadang mengalami kesulitan dalam mendeteksi kondisi obesitas yang dialaminya, sebab pada umumnya tubuh yang sedang hamil akan tampak gemuk sehingga seringkali diabaikan. Dampaknya yaitu ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan selama masa kehamilan yang lebih dari angka berat badan secara normal. Perlu diketahui bahwa ibu hamil yang tidak mengontrol berat badannya pada masa kehamilan akan rentan terjadi komplikasi kehamilan. Dengan demikian sudah menjadi suatu keharusan seorang ibu hamil mengetahui perkembangan berat badannya.
Obesitas yang terjadi selama masa kehamilan tidak hanya akan berbahaya terhadap ibu hamil saja, akan tetapi juga akan berbahaya pada janin. Berikut merupakan berbagai jenis bahaya obesitas yang dialami oleh ibu hamil diantaranya:

1.       Diabetes
Ibu hamil dengan berat badan yang jauh dari kategori normal akan rentan untuk terkena penyakit diabetes, terutama pada ibu hamil dengan masa kehamilan sering mengkonsumsi makanan serta minuman dengan kandungan gula yang tinggi. Diabetes tersebut dapat diakibatkan karena terjadinya penumpukan kadar lemak yang ada dalam tubuh dengan demikian akan mengakibatkan penyerapan kadar gula mengalami penurunan. Dampaknya akan terjadi penumpukan kadar gula pada ibu hamil di dalam tubuhnya serta akan mengakibatkan ibu hamil mengalami diabetes.

2.       Bayi Mengalami Obesitas
Apabila wanita yang sedang hamil mengalami kegemukan atau diabetes, maka kemungkinan besar bayinya akan mengalami obesitas.

3.       Operasi Caesar
Wanita yang mempunyai bayi dengan berat badan yang berlebihan maka besar kemungkinan akan melahirkan dengan operasi caesar karena sempitnya jalan lahir untuk bayi.

4.       Keguguran
Wanita hamil muda dengan kondisi berat badan yang berlebihan akan rentan mengalami keguguran, khususnya pada ibu hamil yang usia kandungannya kurang lebih 20 minggu.

5.       Diabetes Pada Bayi
Apabila wanita hamil mengalami diabetes, dampaknya yaitu bayi yang dikandungnya bisa mengalami penyakit diabetes yang sama. Sebab salah satu faktor pemicu terjadinya diabetes adalah keturunan. Dengan demikian apabila pada saat hamil sudah mengalami penyakit diabetes, maka akan langsung diturunkan pada bayi yang dikandungannya.

6.       Cacat Tulang Belakang
Wanita hamil dengan kondisi berat badan berlebihan akan membuat janin mengalami kecacatan. Kecacatan tersebut seperti mengalami cacat pada tulang belakang.

7.       Cacat Otak
Wanita selama kehamilan mengalami diabetes, maka bayi akan mengalami kecacatan pada bagian otak. Selain itu, akan terjadi kerusakan tabung syaraf pada otak.

8.       Sesak Nafas
Wanita hamil dengan kondisi obesitas maka akan cenderung mengalami sesak nafas, sehingga tidak heran apabila wanita hamil dengan kondisi kegemukan maka nafasnya dapat terlihat ngos-ngosan. Nafasnya akan cenderung terlihat lebih pendek jika dibandingkan pada wanita hamil yang mempnyai berat badan ideal.

9.       Jantung
Kondisi lemak yang berlebihan serta menumpuk di dalam tubuh wanita hamil dapat mengakibatkan wanita hamil akan terkena penyakit jantung ataupun mengalami gangguan jantung. Dengan demikian pada kondisi obesitas wanita hamil harus dilakukan pemeriksaan jantung sebab penyakit jantung dapat berbahaya pada saat wanita hamil mengalami persalinan.

10.   Preeklamsia
Wanita hamil dengan kondisi obesitas akan sangat rentan mengalami preeklamsia. Kondisi preeklamsia dapat disebabkan kegemukan serta hipertensi. Bengkak adalah salah satu tanda awal wanita hamil mengalami preeklamsia. Biasanya yang mengalami bengkak bagian kaki dan tangan.

11.   Infeksi
Wanita hamil dengan kondisi obesitas dimana apabila pasca persalinan akan mengalami infeksi. Infeksi tersebut disebabkan karena terjadi penyumbatan pada pembuluh darah oleh adanya lemak yag berlebihan di dalam tubuh.

 

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates