Monday , 26 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Penggunaan Behel Bagi Wanita Hamil dan Kesehatan Janin

Ketahui Bahaya Penggunaan Behel Bagi Wanita Hamil dan Kesehatan Janin

Ketahui Bahaya Penggunaan Behel Bagi Wanita Hamil dan Kesehatan Janin

Ketahui Bahaya Penggunaan Behel Bagi Wanita Hamil dan Kesehatan Janin

Ketahui Bahaya Penggunaan Behel Bagi Wanita Hamil dan Kesehatan Janin

Ketahui Bahaya Penggunaan Behel Bagi Wanita Hamil dan Kesehatan Janin – Behel merupakan cara untuk merapihkan gigi supaya terlihat lebih rapih yang menggunakan kawat gigi. Penggunaan behel pada saat ini sedang diminati oleh banyak wanita. Penggunaan behel bagi ibu hamil sebenarnya tidak masalah akan tetapi terdapat beberapa faktor yang dapat menimbulkan bahaya akibat penggunaan behel bagi wanita hamil yang berdampak pada kesehatan janin serta kesehatan ibu hamil. Dimana akan terjadi perubahan hormon dari wanita hamil yang mengakibatkan daerah mulut menjadi lebih sensitif.

Berikut merupakan dampak yang akan ditimbulkan akibat penggunaan behel pada wanita hamil, diantaranya:
1.    Mengganggu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh
Untuk melakukan pemasangan behel maka seorang dokter dapat melakukan tindakan rontgen supaya dapat mengetahui keadaan pasien yang akan menggunakan behel, perlu diketahui bahwa tindakan rontgen dengan menggunakan sinar x pada wanita hamil dapat sangat berbahaya sebab bisa mengganggu dalam pertumbuhan sel – sel yang diperlukan oleh tubuh.

2.    Menyebabkan keguguran
Wanita hamil akan mengalami perubahan hormone dimana akan terjadi infeksi di bagian gusi, sebab pada saat hamil terjadinya perubahan hormone adalah salah satu penyebab mulut akan menjadi lebih sensitif, akibat kondisi tersebut maka pada saat wanita hamil akan mengalami infeksi di bagian gusi yang akan menghasilkan magrofag sebagai pelindung dari adanya serangan bakteri karena infeksi. Pertahanan dari adanya serangan infeksi ini maka tubuh akan memproduksi prostaglandin serta interleukin. Adanya Prostaglandin di dalam tubuh akan mengakibatkan pelebaran pada pembuluh darah dengan demikian udara bisa masuk, prostaglandin di dalam tubuh juga menimbulkan efek panas di dalam  tubuh dengan demikian akan mengakibatkan keguguran pada wanita hamil.

3.    Menyebabkan bayi kurang gizi
Seringnya pendarahan pada wanita hamil dapat mengakibatkan anemia pada wanita hamil sehingga dapat berdampak pada bayi yang mengalami kekurangan gizi maka mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah atau lahir prematur.

4.    Resiko kanker pada janin
Sebelum dilakukan pemasangan behel maka dilakukan rontgent. Akibat penggunaan sinar x secara berlebihan pada saat rontgen, bisa mengakibatkan meningkatnya resiko kanker pada bayi, misalnya sel – sel akan mengalami pembentukan leukimia, yang akan cepat berkembang pada sang bayi.

5.    Menyebabkan stress pada ibu hamil
Pencabutan gigi pada wanita hamil bisa memicu timbulnya stress, sebab pencabutan pada gigi dapat terasa ngilu bahkan akan menyebabkan tegang serta takut. Keadaan tersebut bisa menyebabkan stress pada wanita hamil. Stress yang dialami pada wanita hamil bisa mempengaruhi pertumbuhan pada janin yang dikandung.

6.    Menyebabkan bayi cacat lahir
Untuk pemasangan behel dampak yang terjadi tidak hanya akibat rontgent, dampak juga akan timbul karena pencabutan gigi, ataupun konsumsi obat – obatan, sebab wanita hamil sangat sensitif. Pemberian obat – obatan pada wanita hamil akan memberikan efek yang negative pada sang janin misalnya menyebabkan bayi cacat lahir, bahkan menyebabkan keterbelakangan mental.

7.    Memperburuk kesehatan mulut
Penggunaan behel pada seorang wanita hamil akan rentan terkena penyakit misalnya radang gusi. Area mulut dengan kondisi yang sensitif pada saat hamil apabila ditambah dengan penggunaan behel dapat berdampak yang negative pada kondisi kesehatan mulut. Dengan demikian apabila tidak dirawat bisa memperburuk kondisi kesehatan mulut.

8.    Menyebabkan masalah pencernaan dan alergi
Air liur yang akan bercampur bersama bahan behel akan beresiko mengalami gangguan sistem pencernaan akibat masuk ke dalam tubuh yang bersamaan dengan air liur. Selain timbulnya masalah pada pencernaan, bahan yang ada dalam behel juga mengakibatkan alergi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates