Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Dampak Lahir Prematur pada saat Dewasa

Ketahui Dampak Lahir Prematur pada saat Dewasa

Ketahui Dampak Lahir Prematur pada saat Dewasa

Ketahui Dampak Lahir Prematur pada saat Dewasa

Ketahui Dampak Lahir Prematur pada saat Dewasa

Ketahui Dampak Lahir Prematur pada saat Dewasa – Bayi lahir premature merupakan bayi yang lahir belum waktunya. Bayi yang lahir secara premature dapat diakibatkan oleh beberapa factor penyebab misalnya karena fisik ibu yang sedang tidak sehat, keadaan janin yang kurang kuat  atau karena faktor penyebab yang lainnya. Bayi yang dilahirkan secara premature akan cenderung lemah sebab keadaan tubuhnya belum sempurna pada saat dilahirkan misalnya kulit bayi yang masih terlalu tipis serta merah, telinga yang masih elastis dan lainya.

Bayi yang dilahirkan secara prematur dapat bertahan hidup meskipun pada saat awal ia dilahirkan membutuhkan banyak perlakuan medis serta membutuhkan perawatan yang lebih intensif, akan tetapi bayi yang dilahirkan secara premature pada saat dewasa akan mengalami beberapa dampak yang akan terjadi, diantaranya:

1.    Kondisi fisik yang relatif kecil
Bayi yang lahir secara premature dimana pertumbuhannya akan cenderung terhambat dengan demikian akan mengakibatkan bayi mempunyai tubuh yang kecil. Pertumbuhannya yang terhambat tidak hanya pada saat bayi, akan tetapi juga dapat berdampak pada saat ia dewasa dengan demikian dapat mengakibatkan tubuhnya yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan tubuh bayi yang normal.

2.    Kematian dini
Selain akan berdampak terhadap pertumbuhannya, bayi dengan lahir secara premature pada saat dewasa akan mengalami keadaan kesehatan yang kurang stabil. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi paru – paru bayi dengan berat badan yang kurang normal mempunyai paru – paru yang lebih lemah. Selain itu juga akan beresiko untuk mengalami gangguan jantung serta mengalami tekanan darah tinggi dengan demikian ketika masa dewasa akan rawan mengalami kematian dini akibat buruknya keadaan kesehatan.

3.    Gangguan perilaku anak
Perilaku anak dengan lahir secara prematur maka kemungkinkan bisa sedikit berbeda dengan perilaku anak dengan lahir secara normal. Lemahnya kondisi sistem syaraf pada saat dilahirkan dapat mengakibatkan perkembangan pada otak anak menjadi tidak normal. Dampaknya akan mengalami keterlambatan dalam mengucapkan kata ataupun dalam berbicara, akan mudah gelisah serta mudah emosi dan efek yang lainya.

4.    Mudah terserang osteoporosis
Anak yang dilahirkan secara premature tidak hanya akan berdampak pada organ vital seperti pada paru – paru serta jantung saja akan tetapi juga kondisi tulang yang belum terlalu kokoh. Bayi dengan lahir secara prematur bisa sebab akan berpengaruh pada pertumbuhan tulang akibat faktor waktu untuk transfer kalsium cenderung singkat dengan demikian akan mengakibatkan pertumbuhan serta menyebabkan perkembangan tulang menjadi lemah sehingga mengakibatkan rapuhnya tulang ketika dewasa. Merapuhnya tulang merupakan awal dari gejala osteoporosis, dimana kondisi kepadatan tulang yang semakin menurun.

5.    Kurang cerdas saat sekolah
Bayi yang lahir secara prematur mempunyai IQ yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan anak yang terlahir dengan normal. Dengan IQ yang rendah dapat mengakibatkan kurangnya minat anak untuk belajar sehingga mengakibatkan tingkat kecerdasan anak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan anak yang lahir dengan normal.

6.    Mudah depresi dan anti social
Anak yang lahir dengan prematur akan cenderung menjadi lebih pemalu jika dibandingkan dengan anak yang lahir secara normal. Hal tersebut ditandai dengan kesulitan untuk bersosialisasi dalam lingkungan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa anak yang lahir dengan premature tidak hanya menjadi pemalu serta tertutup, akan tetapi akan cenderung depresi. Kecenderungan tersebut dapat mengakibatkan ia  cemas serta menyebabkan menurunya tingkat sosialisasi di lingkungan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates