Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Daun Belimbing bagi Kesehatan

Khasiat Daun Belimbing bagi Kesehatan

Khasiat Daun Belimbing bagi Kesehatan

Khasiat Daun Belimbing bagi Kesehatan

Khasiat Daun Belimbing bagi Kesehatan

Khasiat Daun Belimbing bagi Kesehatan – Belimbing merupakan buah yang menyegarkan dan banyak tumbuh di Indonesia. Dibalik rasanya yang menyegarkan, buah belimbing kaya dengan vitamin C serta antioksidan yang tinggi dengan indikasi dapat mencegah kanker. Pohon belimbing mempunyai bentuk seperti pohon bentuk pohon beringin biasanya memiliki tinggi sekitar 20 sampai 25 meter. Daun pohon belimbing memiliki bentuk seperti lingkaran ataupun lonjong yang berukuran kecil. Permukaan dibagian atas daun tampak lebih kasar yang berwarna hijau. Pohon belimbing memiliki daun yang mengeluarkan bau serta aroma dengan sangat khas.

Dibalik baunya yang khas, daun belimbing mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1.    Obat Cacar Air
Meskipun penyakit cacarair ini yang biasanya terjadi satu kali dalam seumur hidup, akan tetapi penyakit cacar air dapat membuat penderitanya akan merasa kurang nyaman sebab disertai demam, nyeri otot dan sakit kepala. Agar dapat mengurangi gejala serta rasa tidak nyaman pada saat mengalami cacar air, dengan demikian dapat menggunakan rebusan daun belimbing.

2.    Obat Sakit Kepala
Sakit kepala dapat terjadi diakibatkan karena akibat tekanan pikiran, karena lelah, gejala penyakit, atau hipertensi. Agar dapat mengatasi sakit kepala dapat merebus daun belimbing dengan meminumnya sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

3.    Obat Sakit Kulit
Sakit kulitk arena mengalami gangguan bakteri ataupun akibat penyakit inflamasi, dapat disembuhkan dengan menggunakan daun belimbing. Dapat digunakan dengan cara menghaluskan daun belimbing lalu gunakanlah pada bagian kulit yang mengalami sakit ataupun yang terkena infeksi jamur serta bakteri. Daun belimbing sudah terbukti terdapat kandungan senyawa flavanoid, mengandung etil asetat serta butanol. Bahan- bahan tersebut merupakan bahan yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit kulit.

4.    Obat Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit lain yang lebih berat misalnya penyakit gagal ginjal, penyakit diabetes, dan penyakit stroke. Agar dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi, dengan demikian dapat menggunakan daun belimbing.

5.    Obat Jerawat
Jerawat merupakan suatu kondisi yang dapat menganggu khususnya yang terjadi pada wajah. Jerawat dapat diakibatkan karena adanya bakteri ataupun kuman yang bersarang pada bagian bawah kulit. Dampaknya kuman ataupun bakteri akan berkembang kemudian menjadi jerawat. Kandungannya yang terdapat dalam daun belimbing juga dapat sebagai zat anti inflamasi.

6.    Meningkatkan Nafsu Makan
Nafsu makan dapat naik dan juga dapat turun tergantung dari kondisi tubuh seseorang. Apabila nafsu makan mengalami peurunan dengan demikian biasanya sedang mengalami gangguan bagian organ dalam pencernaan.

7.    Obat Batuk
Di kawasan India jika seseorang mengalami batuk, biasanya menggunakan daun belimbing. Kandungan yang terdapat dalam daun belimbing ternyata dapat mengobati sakit tenggorokan serta dapat meredakan batuk bagi anak – anak.

8.    Melancarkan Buang Air Kecil
Daun belimbing terdapat kandungan flavonoid serta senyawa yang dapat membantu untuk mengatasi kondisi diuretik. Kondisi diuretik biasanya akan diderita oleh seseorang lanjut usia dengan keluhan infeksi di bagian kandung kemih. Agar dapat mengatasi masalah diuretik dengan demikian dapat menggunakan daun belimbing yang masih dalam kondisi segar. Lalu rebus daun belimbing menggunakan air bersih serta minum air rebusannya. Air rebusan dari daun belimbing sudah terbukti tidak dapat menimbulkan efek samping.

9.    Mengatasi Nyeri Sendi
Kandungan yang terdapat dalam daun belimbing sudah terbukti mengandug beragai jenis zat fitokimia. Berdasarkan hasil penelitian sudah terungkap bahwa dalam daun belimbing mengandung suatu zat alkaloid, tannin serta saponin. Semua jenis zat tersebut dapat efektif untuk mengatasi kondisi nyeri sendi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates