Saturday , 24 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Dibalik Kandungan Brotowali

Manfaat Dibalik Kandungan Brotowali

Manfaat Dibalik Kandungan Brotowali

Manfaat Dibalik Kandungan Brotowali

Manfaat Dibalik Kandungan Brotowali

Manfaat Dibalik Kandungan Brotowali – Brotowali adalah jenis tanaman obat tradisional yang dapat tumbuh di pekarangan ataupun tumbuh di dalam hutan. Tanaman brotowali ini termasuk jenis tanaman liar yang dapat dijumpai diseluruh daerah, terutama di daerah pulau Jawa, daerah Bali, dan juga daerah Ambon. Tanaman brotowali yang merambat ini dapat dipergunakan untuk bahan dasar dalam pembuatan jamu tradisional, sebab kandungan yang terdapat di dalamnya sudah dipercaya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Brotowali mengandung alkaloid berberin serta columbina, yang sudah dipercaya dapat membunuh bakteri yang terdapat pada luka. Zat yang dapat memberikan rasa pahit yang terdapat dalam brotowali yaitu zat pikroretin dimana zat ini bisa merangsang suatu kerja urat saraf serta dapat membuat sistem pada pernafasan bekerja secara baik, yang bekerja dengan zat glikosida, Harsa, kolulin, palmatin, serta zat pati.

Kandungan yang terdapat dalam brotowali juga mempunyai beberapa sifat misalnya :
1.    Antineoplastik, yakni sebagai pencegah kanker serta tumor
2.    Antidiabetik, yakni bisa membantu mengontrol gula darah
3.    Alkaloid dan flavonoid, yakni sebagai antiinfertilitas alami
4.    Antipiretik, yakni sebagai penurun panas
5.    Analgesik, yakni sebagai penghilang rasa sakit
6.    Imunologi, yakni untuk menstimulasi sistem imune
7.    Antioksidan, yakni perlindungan dari radikal bebas
8.    Antidepresan, yakni menghambat aktivitas monoamine oxidase
9.    Anti alergi, yakni mengurangi akibat alergi
10.    Antiporotik, yakni kepadatan tulang

Berikut merupakan uraian tentang beberapa khasiat dari tanaman brotowali, sebagai berikut :
1.    Penambah nafsu makan
Menurunya nafsu makan dapat diakibatkan oleh beberapa faktor misalnya mengalami gangguan suatu penyakit, mengalami perubahan mood, depresi, dan lainnya. Apabila kondisi nafsu makan menurun terus berlanjut, bisa mengakibatkan penyakit yang serius, serta jika dalam jangka waktu yang lama, tubuh akan beresiko mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi. Agar dapat mengatasinya seseorang dianjurkan mengkonsumsi vitamin untuk menambah nafsu makan, ataupun ramuan tradisional misalnya brotowali.

2.    Membantu penyembuhan luka
Brotowali di dalamnya mengandung alkaloid barberin serta columbina yang berguna untuk pembunuh bakteri yang mengalami luka.

3.    Menyembuhkan penyakit kulit
Penyakit kulit misalnya penyakit kudis atau scabies adalah terjadinya gangguan kulit yang dapat mengganggu dimana penyakit dapat menular, baik dengan cara langsung ataupun yang melalui perantara lain. Kandungan yang terdapat dalam brotowali dapat menyembuhkan penyakit kulit.

4.    Mengobati diabetes
Penyakit diabetes adalah jenis penyakit yang disebut dengan kencing manis dimana terjadi karena kelainan di bagian sistem metabolik tubuh yang diakibatkan oleh beberapa faktor, misalnya :
a.    obesitas
b.    Kurang berolah raga
c.    Kehamilan
d.    Pola makan yang tidak sehat
e.    Faktor keturunan, dan lainya.
Brotowali mempunyai sifat antidiabetik, yakni bisa membantu untuk mengontrol gula darah.

5.    Menurunkan demam
Kandungan antipiretik serta kandungan analgesik yang ada dalam brotowali, dapat membantu dalam menurunkan demam.

6.    Menyembuhkan sakit kuning (hepatitis)
Penyakit kuning atau penyakit yang disebut dengan icterus, dalah jenis penyakit yang dapat ditandai mengalami perubahan warna di bagian kulit, sclera atau bagian putih pada mata, dan di bagian kelenjar ludah yang diakibatkan karena peningkatan bilirubin atau senyawa pigmen dalam tubuh. Brotowali adalah salah satu obat yang herbal yang dapat membantu dalam mengobati penyakit ini.

7.    Penyembuhan rematik
Rematik atau disebut dengan rheumatoid athritis adalah terjadinya peradangan pada sendi yang diakibatkan oleh gangguan imunitas atau sistem kekebalan tubuh ketika melawan virus, bakteri, serta jamur.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates