Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Kolostrum dan Manfaatnya

Seputar Kolostrum dan Manfaatnya

Seputar Kolostrum dan Manfaatnya

Seputar Kolostrum dan Manfaatnya

Seputar Kolostrum dan Manfaatnya

Seputar Kolostrum dan Manfaatnya – Kolostrum berasal dari bahasa latin yaitu colostrum atau jolong merupakan susu yang diperoleh dari kelenjar susu pada tahap akhir kehamilan serta pada beberapa hari sudah kelahiran bayi. Kolostrum yang akan dihasilkan berwarna kekuningan serta kental. Kolostrum sangat penting dikonsumsi bagi bayi  sebab memiliki banyak kandungan gizi serta zat- zat untuk pertahanan tubuh.

Kolostrum memiliki banyak kandungan protein, karbohidrat, serta antibodi, dengan sedikit lemak. Bayi mempunyai system kekebalan yang belum sempurna, dimana kolostrum akan memberikan nutrisi dengan konsentrasi yang tinggi di setiap tetesnya. Kolostrum juga memiliki kandungan zat yang  akan memudahkan bayi  untuk buang  air  besar  pada pertama  kali,  yang  disebut  dengan istilah meconium.  Peran dari kolostrum ini sangat berguna dalam membersihkan tubuh pada bayi dari bilirubin, yakni suatu sel darah merah mati dimana diproduksi pada saat kelahiran. Kolostrum merupakan cairan pra -susu yang diperoleh dari induk mamalia selama 0 sampai 48 jam pertama pasca melahirkan.

Kolostrum akan mensuplai berbagai faktor pertumbuhan untuk mendukung kehidupan serta faktor kekebalan atau faktor imun dengan kombinasi berbagai gizi (nutrien) yang sempurna yang dapat memberikan jaminan kelangsungan hidup, membantu pertumbuhan, serta menjaga kesehatan bayi baru lahir.

Terdapat lebih dari 90  bahan yang bioaktif alami ada dalam kolostrum. Dimana komponen utamanya yang dikelompokkan menjadi 2 yakni faktor imun serta factor pertumbuhan. Kolostrum juga memiliki kandungan berbagai macam mineral, vitamin, serta asam amino dengan seimbang. Semua unsur tersebut dapat bekerja secara sinergis untuk memulihkan serta dapat menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh tenaga medis menyimpulkan bahwa kolostrum memiliki manfaat sebagai berikut :
1.    Memiliki factor imunitas yang sangat kuat (lactoferin, Immunoglobulin, cytokines, lactalbumin,   glycoprotein dan lainnya) yang dapat membantu untuk melawan jamur, virus, alergi, bakteri dan toksin.

2.    Dapat membantu untuk mengatasi berbagai masalah pada usus, alergi HIV, auto imunitas, arthritis.

3.    Dapat membantu menyeimbangkan kadar gula di dalam darah serta sangat berguna untuk penderita diabetes.

4.    Kaya dengan kandungan TgF-B yang dapat mendukung terapi pada penderita kanker, untuk pembentukkan tulang serta dapat mencegah penyakit herpes. Kandungan Immunoglobulinnya sudah terbukti bisa berfungsi untuk anti bakteri, anti virus, anti jamur serta anti toksin.

1.    Factor Pertumbuhan
Ditinjau dari faktor pertumbuhan Kolostrum mengandung faktor pertumbuhan alami yang berfungsi sebagai berikut:
a.    Dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh.
b.    Dapat memperbaiki sistem DNA & RNA tubuh.
c.    Dapat mengaktifkan sel.

2.    Faktor Nutrisi
Sedangkan ditinjau dari faktor nutrisi kolostrum berfungsi sebagai berikut :
a.    dapat meningkatkan rasa bugar secara keseluruhan
b.    dapat mengurangi lemak tubuh tanpa diet
c.    dapat menguatkan tonus dan tekstur kulit
d.    dapat meningkatkan daya ingat
e.    dapat menghilangkan kerutan
f.    dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada pria
g.    dapat meningkatkan energi lebih tinggi
h.    dapat meningkatkan kekuatan dan jumlah otot
i.    dapat meningkatkan suasana hati (mood)
j.    dapat meningkatkan fleksibilitas punggung
k.    dapat meningkatkan toleransi dan ketahanan latihan
l.    kapasitas pemulihan akan lebih cepat serta pemulihan kembali dari cedera lama
m.    dapat memperbaiki fungsi imun sehingga meningkatkan perlindungan terhadap penyakit terkait dengan kekebalan tubuh.

Bayi yang baru lahir dengan mengkonsumsi kolostrum dapat membersihkan sisa metabolisme pada bayi selama sang bayi masih ada di dalam kandungan. Kolostrum di dalam ASI bisa memberikan suatu efek laksatif dengan demikian bayi akan mengeluarkan meconium.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates