Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Seputar Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Seputar Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Seputar Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Seputar Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Seputar Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan – Kapulaga adalah jenis tanaman rempah – rempah yang diperoleh dari biji beberapa tanaman. Kapulaga merupakan termasuk rempah – rempah yang mahal setelah tanaman kunyit serta vanili. Kapulaga sering dimanfaatkan dalam masakan tertentu serta sebagai campuran jamu ataupun obat tradisional. Kapulaga ini berasal dari Negara India yang di kenalkan ke Guatemala oleh seorang pengusaha perkebunan kopi yang berasal dari Jerman (Oscar Majus Kloeffer). Saat ini Guatemala menjadi penghasil tanaman kapulaga terbesar se dunia, diikuti oleh Negara India.
Berikut merupakan khasiat dibalik kandungan kapulaga, diantaranya:

1.    Kesehatan Pencernaan dan Perut
Kapulaga mempunyai kandungan yang kaya dengan kandungan serat sehingga dapat mencegah sembelit. Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam kapulaga berguna dalam mencegah gas di dalam perut.

2.    Sirkulasi Darah
Serat dan juga kalium yang ada dalam tanaman kapulaga mempunyai kadar yang hampir seimbang. Kandungan tersebut bisa membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu juga, serat serta potasium dapat berperan sebagai penurun tekanan darah serta dapat mencegah pembekuan darah.

3.    Membantu Mengobati Gastritis
Penyakit maag atau disebut dengan gastritis merupakan kelainan fungsional di dalam perut yang ditandai dengan timbulnya gejala, misalnya mulas ataupun kram pada perut. Gastritis bisa diakibatkan karena faktor saraf, factor psikosomatis, akibat kebiasaan makan ataupun karena gaya hidup yang tidak sehat. Kapulaga dapat memberikan efek dingin dalam perut yang berguna sebagai pereda gastritis.

4.    Mencegah Osteoporosis
Kapulaga mengandung vitamin D, kalsium, vitamin C serta mengandung mangan yang berguna untuk mencegah terjadinya osteoporosis yang bisa mengakibatkan kerusakan pada tulang.

5.    Meredakan Sakit Otot
Kapulaga adalah analgesik yang bisa meredakan nyeri otot serta meredakan kejang.

6.    Kesehatan Ginjal
Hasil penelitian menyimpulkan kandungan dalam kapulaga dapat berperan sebagai diuretik sehingga bisa membantu untuk melindungi kesehatan ginjal. Kemampuan diuretik dalam kapulaga juga berperan sebagai pencegah penyakit sistitis, nefritis, dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan saluran kemih.

7.    Mencegah Kanker
Kandungan kapulaga salah satunya yaitu mengandung IC3 atau indole-3-carbinol serta DIM atau diindolylmethane. Kedua kandungan tersebut bisa membantu untuk mencegah kanker yang berkaitan dengan respon hormon misalnya kanker payudara, kanker prostat, serta kanker ovarium. Kandungan dalam kapulaga juga sebagai antioksidan yang dapat memberikan perlindungan dari adanya efek radikal bebas yang dapat memicu penyakit kanker.

8.    Mengobati Flu dan Batuk
Kapulaga bisa membantu untuk mengatasi batuk, flu, bronkitis, serta asma yang dapat memberikan efek untuk menenangkan dan juga dapat menghangatkan serta bisa membantu untuk mengencerkan lendir dengan demikian bisa mengurangi penyumbatan pada hidung dan juga pada tenggorokan.

9.    Mengatasi Bau Mulut
Kandungan yang terdapat dalam kapulaga dapat memberikan solusi dalam mengatasi halitosis atau bau mulut.

10.    Kesehatan Kulit dan Rambut
Kapulaga mengandung vitamin, minyak esensial, serta antioksidan yang bisa mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas. Nutrisi tersebut juga dapat menghambat terjadinya pembentukan keriput, dengan demikian akan tampak terlihat awet muda. Kandungan vitamin C dalam kapulaga juga sangat efektif dalam menjaga kesehatan kulit. Jerawat serta bintik hitam juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi kapulaga sebab kapulaga bersifat sebagai anti-inflamasi dengan demikian dapat menjaga kulit dari reaksi alergi. Selain itu kapulaga juga mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan dalam kulit kepala dengan peran dapat membuat rambut bisa menjadi lebih kuat, mencegah dari ketombe, serta akan terlihat mengkilap.

11.    Mengobati Gatal di Tenggorokan
Kapulaga sangat berguna untuk penderita penyakit asma serta batuk rejan. Kapulaga memiliki kandungan spasmodik yang bisa mencegah kejang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates