Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Cara Beradaptasi Di Lingkungan Baru

Cara Beradaptasi Di Lingkungan Baru

Cara Beradaptasi Di Lingkungan Baru

Cara Beradaptasi Di Lingkungan Baru

Cara Beradaptasi Di Lingkungan Baru

Cara Beradaptasi Di Lingkungan Baru – Menjadi seorang yang adaptif sangat penting untuk Anda miliki. Saat Anda ingin menciptakan interaksi sosial di lingkungan yang baru Anda kenali. Memang tidak mudahlah untuk kita dapat beradaptasi di lingkungan atau tempat yang baru. Butuh waktu, karena kita sudah terbiasa dengan zona nyaman. Berada di lingkungan dan tempat serta suasana yang baru mungkin akan menimbulkan stress dan pusing kepala. Berikut tips-tips bagaimana cara kita agar bisa beradatasi di lingkungan yang baru.

1. Coba pahami dan kenali lingkungan baru
Hal pertama yang harus dilakukan saat berada di lingkungan baru adalah belajar untuk bisa memahami dan mengenali lingkungan baru tersebut. Mempelajari dan memahami kebudayaan serta kebiasaan suatu tempat yang baru akan sangatlah penting karena dapat membantu Anda dalam proses adaptasi. Taati atau ikuti norma peraturan yang ada di lingkungan baru tersebut, jangan malu untuk bertanya pada orang lain jika Anda merasa banyak yang Anda belum pahami.

2. Bersikaplah positif
Pupuklah rasa percaya diri Anda. Jauhkan seluruh pikiran negatif. Anda sebagai orang baru mau tidak mau akan menjadi sorotan bagi orang–orang di sekitar tempat tersebut. Jaga sikap dan perilaku Anda, jadilah orang yang menyenangkan, ramah, ringan tangan, murah senyum, dan pastinya rendah hati. Menjaga sopan santun dan tata krama dalam berperilaku dan berbicara serta penampilan Anda juga harus diperhatikan.

3. Be your self dan jangan bersikap berlebihan
Ada orang yang berusaha berubah menjadi orang lain supaya dia dapat diterima di tempat atau lingkungan barunya. Ada juga orang yang bersikap dan berbicara berlebihan sehingga mereka yang berada di lingkungan itu merasa tidak nyaman dengan perilakunya itu. Hindari hal seperti ini. Orang akan lebih menghargai, jika kita dapat menjadi diri kita sendiri meskipun sebenarnya kita berbeda dengan mereka.

4. Accept critics and suggestions
Sindiran dan kritikan pasti akan kita dapatkan saat kita berada di tempat yang baru. Banyak orang baru yang tidak mampu beradaptasi dikarenakan mereka kurang mampu dalam mengelola kritikan dan saran dari orang lain dengan baik. Pandanglah positif setiap kritikan dan saran yang datang dari orang sekitar yang berikan untuk Anda, terimalah dan gunakanlah kritikan serta saran untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Janganlah mudah tersinggung dengan kritikan dan saran yang diberikan kepada Anda, jika seseorang mau memberikan kritikan dan saran kepada Anda berarti orang tersebut telah memperhatikan Anda dan menginginkan Anda menjadi lebih baik dari sekarang ini.

5. Jangan pilih-pilih dalam berteman
Tidak ada salahnya Anda berteman dengan siapa saja untuk bisa lebih dekat dan kenal dengan orang-orang di sekitar Anda, tetapi Anda juga harus hati-hati karena Anda juga belum tahu latar belakang kehidupan orang yang ada di lingkungan baru Anda.
6. Ikutlah berpartisipasi dalam suatu kegiatan berkelompok
Jika mungkin, ikuti kegiatan bersama di lingkungan yang baru Anda agar Anda dapat mengenal serta memahami orang–orang di Anda dan juga sebagai bentuk kepedulian dan memperlihatkan sikap baik Anda di lingkungan baru tersebut.

About siti muthmainnah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates