Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Penggunaan Bedak pada Bayi Baru Lahir

Ketahui Bahaya Penggunaan Bedak pada Bayi Baru Lahir

Ketahui Bahaya Penggunaan Bedak pada Bayi Baru Lahir

Ketahui Bahaya Penggunaan Bedak pada Bayi Baru Lahir

Ketahui Bahaya Penggunaan Bedak pada Bayi Baru Lahir

Ketahui Bahaya Penggunaan Bedak pada Bayi Baru Lahir – Bayi biasanya menggunakan bedak apabila selesai di mandikan. Bagian tubuh yang biasa ditaburkan bedak yaitu bagian kepala dan muka bayi.  Bedak untuk bayi memiliki kandungan utama yaitu talc, dimana talc ini berupa mineral dengan kandungan silica magnesium. Pada saat batuan mineral dari talc tersebut ditaburkan pada permukaan tubuh, dengan demikian ada yang menguap dan terdapat juga yang mengendap. Perlu diketahui bahwa bagian yang mengendap tersebut yang dapat berbahaya, partikel ini disebut dengan asbes. Adapun akibat penggunaan bedak pada bayi karena kandungan di dalamnya dapat menyebabkan dampak seperti berikut :1. Salah satu penyebab kematian bayi
Perlu diketahui bahwa terlalu banyak dalam menghirup bedak bayi maka akan membuat saluran pernafasan mengakibatkan terhalang dan juga terganggu. Apabila lama – kelamaan tidak di tangani secara cepat, sehingga menyebabkan bayi mengalami kesulitan untuk bernafas. Maka dampaknya menyebabkan kematian.

2. Penyebab pneumonia
Pada saat talc di taburkan pada badan bayi, dengan dmeikian ada bagian yang akan mengendap serta ada bagian yang menguap. Dimana salah satu penguapan dari kandungan talc tersebut akan terhirup oleh sang bayi. Apabila ia terlalu banyak dalam menghirup bedak, dengan demikian menyebabkan penumpukan pada paru-paru maka lama – kelamaan mengakibatkan pneumonia.

3. Sarang kanker paru paru
Menurut para ahli tenaga medis, kandungan talc yang terhirup pada bayi yang lama – kelamaan akan menumpuk kemudian membawa dampak yang negatif lainnya. Salah satunya yaitu menyebabkan kanker paru – paru.

4. Meningkatkan resiko kanker ovarium
Menurut hasil penelitian menunjukan bahwa penyakit kanker rahim berkaitan dengan penggunaan bedak pada bayi. Hal tersebut menunjukan bahwa, jika semakin tinggi menggunakan bedak bayi, dengan demikian resiko untuk mengalami kanker rahim akan tinggi. Begitu pun dengan sebaliknya.

5. Mengeringkan selaput lender
Fakta yang terjadi di Amerika menjelaskan bahwa apabila menghirupn bedak bayi dengan tidak sengaja dapat menyebabkan keringnya pada selaput lendir. Dimana hal tersebut sangat bermanfaat dalam menyaring kotoran yang ada di dalam tubuh.

6. Susah bernafas
Menurut hasil penelitian menjelaskan bahwa, kandungan dalam bedak bersifat keras. Sebab sudah terjadi kasus dimana bayi yang mengalami kesulitan untuk bernafas setelah lama menghirup bedak yang digunakan bayi. Dampaknya partikel keras yang ada di dalam bedak akan masuk ke dalam tubuhnya serta akan menghalangi jalanya pernafasan.

7. Resiko terkena kista
Bahaya bedak pada bayi yang di taburkan maupun yang dioleskan di sekitar kemaluan ataupun vagina mempunyai resiko tinggi terjadi penyakit kista. Serpihan dari adanya taburan dalam bedak dapat berjalan menuju vagina yang kemudian masuk ke organ genital lebih dalam. Hal tersebut dapat menjadi pathogen untuk tubuh, dengan demikian apabila dalam jangka panjang akan mengalami penumpukan dan menyebabkan timbulnya kista.

8. Meningkatkan resiko inflamasi
Bedak pada bayi juga dapat memberikan efek inflamasi pada saat ia berhasil untuk menerobos masuk ke bagian dalam tubuh. Hal tersebut dapat terjadi akibat tubuh menganggap bahwa bedak bayi sebagai suatu pathogen serta benda asing yang seharusnya dibasmi. Oleh karena itu tubuh akan melakukan perlawanan yang mengeluarkan inflamasi ataupun mengalami pembengkakan.Berikut ini merupakan Tips untuk Memilih Bedak Bayi yang Aman, diantaranya:
1. Memilih yang berbahan dasar Cornstarch
2. Tidak menaburkan secara langsung
3. Tidak di oleskan di sekitar kemaluan
4. Jauhkan bedak bayi dari lingkungan bayi

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates