Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Beberapa Penyebab Anosmia

Ketahui Beberapa Penyebab Anosmia

Ketahui Beberapa Penyebab Anosmia

Ketahui Beberapa Penyebab Anosmia

Ketahui Beberapa Penyebab Anosmia – Anosmia merupakan suatu kondisi yang bisa mengakibatkan penderitanya tidak dapat menggunakan organ penciuman secara baik. Hal tersebut dapat mengakibatkan penderitanya sama sekali tidak dapat mencium aroma baik secara sebagian ataupun secara keseluruhan. Kondisi tersebut dapat terjadi dengan waktu yang singkat ataupun bersifat permanen. Dampaknya kondisi anosmia dapat membuat penderitanya mengalami kehilangan nafsu makan, mengalami penurunan berat badan secara drastis, mengalami kekurangan nutrisi serta depresi atau stress. Berikut merupakan penyebab anosmia, diantaranya:

1. Penyakit Flu
Influenza merupakan suatu kondisi yang diakibatkan karena mengalami infeksi dari adanya virus influenza yang menyerang di bagian organ pernafasan khususnya organ hidung, tenggorokan serta pada paru – paru. Adanya gangguan pada organ hidung yang mengalami penyumbatan dapat menyebabkan hidung tidak dapat mencium aroma secara baik.

2. Sinusitis Akut
Sinusitis akut dapat mengakibatkan rongga di bagian hidung akan mengalami peradangan serta mengalami pembengkakan. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan aliran cairan menjadi terganggu serta menyebabkan produksi cairan yang berlebihan. Dengan demikian kondisi tersebut dapat merusak syaraf serta indra penciuman yang dapat mengalami anosmia.

3. Rinitis (alergi)
Rhinitis akibat alergi dapat mengakibatan anosmia. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan hidung serta syaraf tidak dapat bekerja secara baik dengan demikian akan kurang menghirup aroma bahkan untuk aroma yang sangat tajam. Keadaan tersebut bersifat permanen ataupun sementara tergantung dari kondisi alerginya.

4. Kelainan Tulang Hidung
Hidung mempunyai tulang rawan dengan ketebalan yang sangat tipis. Tulang septum yang tidak lurus dapat menghalangi adanya aliran udara ke bagian arah hidung. Dampaknya dapat mengakibatkan hidung tidak dapat menghisup aroma dari luar. Kondisi tersebut dapat diperbaiki dengan tindakan operasi.

5. Polip Hidung
Polip sebetulnya akan terjadi akibat dampak peradangan di bagian saluran pernafasan khususnya hidung. Seesorang dengan penyakit asma, alergi serta mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh dapat mempunyai resiko untuk terkena polip. Pertumbuhan pada polip dapat menghambat adanya aliran udara dengan demikian menyebabkan hidung kehilangan fungsinya dalam mencium aroma.

6. Kerusakan Otak atau Syaraf
Kerusakan pada syaraf akibat penuaan, atau akibat penyakit tertentu misalnya kanker otak, serta akibat hipertensi dapat mengakibatkan terjadinya gangguan syaraf di bagian hidung. Dampaknya penderita tidak dapat mencium aroma dari luar.

7. Faktor Usia
Seiring bertambahnya usia biasanya sistem syaraf akan mengalami penurunan. Termasuk pada syaraf yang semestinya mengirimkan sinyal aroma tertentu pada bagian otak dapat mengalami masalah. Keadaan tersebut dapat dialami pada orang tua baik yang mengalami penyakit kronis ataupun dengan kondisi yang sehat. Kondisi ini tidak dapat di obati.

8. Aneurisma Otak
Aneurisma otak adalah suatu kondisi dimana terjadi penyumbatan di bagian pembuluh darah pada otak. Kondisi tersebut akan sangat berbahaya sebab dapat pecah ataupun bocor dengan waktu yang tidak tentu. Pada penderita aneurisma dapat terkena stroke yang dapat mengakibatkan kematian. Disamping itu pada penderita aneurisma di bagian otak akan mengalami masalah pada penciuman yang bersifat permanen.9. Hipoglikemia
Hipoglikemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh mempunyai banyak insulin akan tetapi tidak mempunyai cukup gula darah di dalam tubuh. Pada kondisi ini dapat mengakibatkan penderitanya tidak dapat menerima rangsangan aroma dengan demikian tidak dapat mencium aroma.

10. Malnutrisi
Malnutrisi suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat memperoleh nutrisi sesuai yang dibutuhkan. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan semua syaraf serta sistem metabolisme tubuh tidak dapat berjalan secara baik. Kondisi ini dapat menyebabkan penciuman menjadi tidak baik.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates