Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Makanan yang Sulit Dicerna

Ketahui Jenis Makanan yang Sulit Dicerna

Ketahui Jenis Makanan yang Sulit Dicerna

Ketahui Jenis Makanan yang Sulit Dicerna

Ketahui Jenis Makanan yang Sulit Dicerna – Masalah pada pencernaan sering dihubungkan dengan asupan makanan yang sulit untuk dicerna. Makanan yang susah untuk dicerna bisa membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman. Dimana makanan -makanan yang dikonsumsi memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna, dan akan membebani perut. Selain itu pada orang yang mengalami kondisi medis misalnya mengalami penyakit radang usus, ataupun pada mereka yang mengalami flu perut, harus lebih berhati- hati untuk mengkonsumsi jenis makanan yang sulit dicerna.Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang akan sulit untuk dicerna, diantaranya:
1. Gorengan
Pengolahan makanan dengan cara digoreng tidak akan mudah dicerna. Dengan menggoreng makanan akan membuat makanan mengandung banyak minyak dan akan berlemak. Makanan yang di goreng dapat membebani usus.

2. Produk Olahan Susu
Produk pada susu, terutama jenis es krim, akan sulit untuk dicerna. Kebanyakan dalam es krim banyak mengandung lemak, dengan demikian akan membuatnya kesulitan untuk dicerna.

3. Makanan Mentah
Makanan yang biasa dikonsumsi mentah, seperti sayur salad, merupakan jenis makanan yang sulit untuk dicerna. Seseorang yang mengalami masalah pada pencernaan tidak dapat mentolerir asupan makanan yang mentah. Sayuran yang mentah penuh dengan serat yang tidak larut yang bisa mengakibatkan timbulnya gangguan pada pencernaan apabila dikonsumsi dengan berlebihan. Seseorang yang mengkonsumsi kubis ataupun brokoli yang mentah akan rentan mengalami ketidaknyamanan pada perut akibat jenis makanan dapat memproduksi gas, sehingga menyebabkan kembung.

4. Makanan Bersifat Asam
Jenis makanan dengan rasanya yang sangat asam bisa menjadi salah satu faktor untuk membebani perut. Makanan dengan rasa asam, misalnya pada tomat, jagung, serta kacang lentil bisa mengganggu terhadap keseimbangan pH serta dapat memperburuk kondisi pencernaan.

5. Makanan pedas
Jenis makanan yang memiliki rasa yang pedas misalnya pada cabai, dan jenis yang lainya apabila dikonsumsi akan sulit untuk dicerna sebab bisa memicu timbulnya gejala sakit maag.

6. Makanan Olahan
Makanan dengan olahan bisa mengakibatkan terjadinya masalah pada pencernaan akibat tidak memiliki serat, yang bisa mengakibatkan sembelit.

7. Kacang-kacangan
Jenis makanan kacang -kacang juga bisa mengganggu perut serta akan sulit untuk dicerna. Sebab dalam kacang-kacangan memiliki kandungan dengan jumlah yang tinggi karbohidrat yang susah untuk dicerna sehingga mengakibatkan kembung dan timbulnya gas. Oleh sebab itu makan kacang misalnya buncis serta kacang merah bisa menimbulkan perut terasa kembung.

8. Cokelat
Walaupun cokelat memiliki kandungan senyawa yang bisa meningkatkan mood, namun bagi yang mengkonsumsinya juga bisa mengakibatkan perut mengalami ketidaknyamanan. Dalam produk cokelat kebanyakan memiliki kandungan susu yang tinggi, dimana bisa mengakibatkan ketidaknyamanan pada perut.

9. Jus jeruk
Dengan minum jus jeruk dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi kandungannya bisa mengakibatkan pencernaan terbebani. Jus jeruk memiliki sifat asam serta cenderung dapat memperburuk gejala kondisi refluks asam, dan jga bisa mengiritasi kerongkongan. Pada penderita sindrom iritasi pada usus atau Irritable Bowel Syndrome maka akan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut akibat minum jus jeruk.

10. Permen Karet Bebas Gula
Jenis pemanis buatan khususnya jenis pemanis sorbitol merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari permen karet yang bebas gula. Kehadiran sorbitol bisa menyebabkan gangguan pada perut. Sorbitol akan dipecah secara perlahan dalam tubuh, dengan memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Selain itu juga, sorbitol bisa mengakibatkan produksi gas yang berlebih di dalam usus. Sehingga dengan mengunyah permen karet yang berbasis sorbitol secara terus-menerus bisa mengakibatkan kram pada perut serta menyebabkan perut kembung.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates