Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Pencegahan Virus Zika

Ketahui Pencegahan Virus Zika

Ketahui Pencegahan Virus Zika

Ketahui Pencegahan Virus Zika

Ketahui Pencegahan Virus Zika  – Nyamuk aedes aegyti merupakan jenis vektor yang tidak hanya menyebabkan penyakit demam berdarah saja, akan tetapi jenis vektor ini juga menjadi penyebab terjadinya penyakit zika. Penyakit zika dengan istilah lainya yaitu demam Zika atau Zika fever. Virus Zika yang sudah menginfeksi seseorang bisa menimbulkan terjadinya beberapa gejala, misalnya timbulnya demam, mengalami nyeri sendi, mengalami konjungtivitis atau mata merah, serta terjadi ruam. Gejala -gejala penyakit Zika tersebut bisa menyerupai gejala jenis penyakit dengue serta penyakit chikungunya, dan bisa berlangsung selama beberapa hari sampai satu minggu. Sehubungan adanya gejala yang mirip dengan penyakit yang lain, dengan pemeriksaan pada rute perjalanan yang sudah dilakukan oleh pasien, khususnya pada area-area yang mempunyai kasus infeksi virus Zika bisa membantu untuk mempersempit diagnosa.Dokter bisa melakukan tes darah agar dapat mendeteksi secara pasti asam nukleat virus, dengan mengisolasi virus, ataupun uji serologis. Selain dengan pengambilan darah yang dapat dilakukan selama 1 sampai 3 hari sesudah gejala muncul, pemeriksaan urine serta air liur juga bisa menjadi bahan untuk uji pada hari ketiga smapai hari kelima.
Agar seseorang terhindar dari penyakit zika, maka harus melakukan upaya – upaya untuk mencegahnya. Mencegah gigitan nyamuk merupakan salah satu upaya pencegahan awal yang dapat membantu untuk terhindar dari adanya infeksi virus Zika. Adapun beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan pada saat berada di daerah yang sudah terjangkit virus Zika, diantaranya sebagai berikut:

1. Dengan melakukan pemberantasan terhadap sarang nyamuk atau PSN dengan 3M Plus atau menguras serta menutup tempat untuk penampungan air, dan memanfaatkan ataupun melakukan daur ulang terhadap barang bekas, selain itu ditambah dengan melakukan aktifitas pencegahan yang lain misalnya dengan menabur bubuk larvasida, dengan menggunakan kelambu pada saat tidur, dengan menggunakan obat nyamuk ataupun anti nyamuk yang, dan lain – lain).

2. Dengan meningkatkan daya tahan tubuh yang melalui perilaku hidup bersih serta sehat (PHBS) misalnya dengan diet seimbang, melakukan aktifitas fisik dengan rutin seperti olahraga secara teratur.

3. Menggunakan baju serta celana yang berlengan panjang, agar mencegah gigitan nyamuk.

4. Dapat menggunakan bahan penolak serangga yang aman seperti yang sudah terdaftar di badan perlindungan lingkungan dengan memperhatikan aturan pemakaian.

5. Bayi dengan usia di bawah dua bulan tidak boleh diperkenankan untuk menggunakan bahan penolak serangga tersebut dengan demikian harus memastikan supaya pakaian bayi bisa melindungi dari adanya gigitan nyamuk.

6. Dapat menggunakan kelambu pada tempat tidur untuk bayi, pada kereta dorong bayi, serta gendongan ataupun alat untuk pengangkut bayi yang lainnya.

7. Perhatikanlah area tubuh dengan menghindari area tubuh yang mengalami luka ataupun sedang mengalami iritasi, pada area mata, area mulut, dan juga tangan.

8. Perhatikan juga informasi terkait daerah yang akan di kunjungi, misalnya fasilitas kesehatan serta area luar ruangan yang terbuka sebelum waktunya keberangkatan tiba, khususnya di area yang sudah terjangkit virus Zika.

9. Lakukanlah tes virus Zika, khususnya pada perempuan hamil, di daerah penyebaran virus Zika.

10. Pada ibu hamil ataupun yang berencana hamil harus melakukan suatu perlindungan yang ekstra terhadap adanya gigitan nyamuk agar dapat mencegah adanya infeksi virus Zika selama masa kehamilan, seperti dengan menggunakan baju yang menutup pada sebagian besar di permukaan kulit, yang berwarna cerah, dengan menghindari penggunaan wewangian yang bisa menarik perhatian vektor nyamuk misalnya penggunaan parfum serta deodoran.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates