Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Tanda Janin Tidak mengalami Perkembangan

Ketahui Tanda Janin Tidak mengalami Perkembangan

Ketahui Tanda Janin Tidak mengalami Perkembangan

Ketahui Tanda Janin Tidak mengalami Perkembangan

Ketahui Tanda Janin Tidak mengalami Perkembangan

Ketahui Tanda Janin Tidak mengalami Perkembangan – Pada saat telur sudah dibuahi oleh suatu sel sperma dengan demikian dapat terjadi proses berkembangnya embrio secara sempurna sampai menjadi janin kemudian menjadi bayi yang sehat. Proses tersebut merupakan berbagai tanda kehamilan dengan alami. Selama 9 bulan janin di dalam kandungan normalnya akan mengalami perkembangan. Akan tetapi terkadang timbul berbagai masalah yang dapat mengakibatkan janin menjadi tidak berkembang. Apabila kondisi tersebut terjadi sehingga janin akan meninggal di dalam kandungan serta ibu akan mengalami keguguran.

Berikut merupakan berbagai tanda janin tidak mengalami perkembangan secara normal, diantaranya:
1.    Perkembangan janin tidak sesuai usia kehamilan
Normalnya janin dapat berkembang sesuai dengan usia kehamilannya. Untuk mengetahui perkembangan janin, dapat dilakukan USG kehamilan tahap awal. Pada saat hasil USG dijumpai terdapat kelainan pada janin misalnya ukuran janin dengan ukuran lebih kecil dari normalnya sehingga dapat menjadi salah satu tanda janin tidak berkembang.

2.    Kadar HCG yang sangat rendah
Wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormon agar mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Pada saat terdapat masalah janin yang tidak mengalami perkembangan dengan demikian tingkat HCG yang dijumpai pada urin ataupun dalam darah wanita hamil sangat rendah. Bahkan dengan melakukan pemeriksaan secara berkala ditemukan tingkat HCG mengalami penurunan dari waktu ke waktu.

3.    Tidak ada kenaikan tinggi fundus
Untuk mengetahui perkembangan pada janin maka dokter akan melakukan pemeriksaan fundus. Apabila kondisi janin tumbuh secara normal sehingga fundus juga bisa semakin tinggi. Pengukuran dapat dilakukan pada bagian atas tulang kemaluan yang menuju ke arah puncak rahim. Apabila ukuran pada tinggi fundus yang tidak sesuai dengan umur kehamilan dengan demikian dapat dipastikan bahwa janin mengalami masalah dengan perkembanganya.

4.    Flek dan pendarahan
Wanita hamil yang secara tiba – tiba mengalami flek di awal kehamilan hal tersebut merupakan tanda bahwa janin tidak berkembang. Walaupun flek bercak darah pada saat hamil muda akan sering terjadi pada kehamilan minggu pertama, akan tetapi flek janin yang tidak berkembang akan sangat berbeda. Flek dapat dimulai dengan adanya flek coklat kemudian akan berubah menjadi suatu flek darah.

5.    Ibu merasa tidak ada aktifitas dalam rahim
Menurunya aktifitas janin merupakan salah satu tanda awal janin tidak mengalami perkembangan. Walapun hal tersebut akan sangat sulit ketika awal kehamilan, sebab janin belum sempurna akan tetapi tanda tersebut dapat diperhatikan dari naluri seorang ibu. Ibu biasanya akan merasakan tidak nyaman dengan kondisi rahimnya ataupun akan merasakan terdapat sesuatu yang berbeda apabila dibandingkan dengan waktu yang sebelumnya.

6.    Rasa sakit sekitar perut dan panggul
Wanita hamil yang secara tiba – tiba dapat merasakan nyeri, ataupun mengalami tekanan yang sangat sakit di daerah panggul bagian bawah, maka hal tersebut merupakan tanda bahwa janin tidak mengalami perkembangan secara normal. Sang Ibu dapat merasakan tekanan yang cukup berat di bagian perut sebelah bawah, nyeri pada punggung bawah, serta mengalami kram.

7.    Tidak ada gejala kehamilan morning sickness
Wanita hamil yang memasuki trimester yang pertama biasanya dapat mengalami mual di pagi hari atau morning sikcness yang cukup berat. Akan tetapi pada saat janin tidak mengalami perkembangan dengan demikian sang ibu tidak dapat mengalami berbagai tanda kehamilan tersebut. Semua tanda tersebut bisa hilang dengan tiba – tiba serta ibu akan merasa seperti tidak mengalami kehamilan.

8.    Berat badan ibu tidak naik
Pada saat melakukan pemeriksaan kehamilan maka ibu akan diminta untuk menimbang berat badan. Apabila terdapat masalah janin yang tidak mengalami perkembangan dengan demikian berat badan ibu tidak akan mengalami kenaikan ataupun bahkan akan menjadi menurun.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates