Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Adas Untuk Kesehatan – Tanaman adas adalah salah satu jenis tanaman yang sering dimanfaatkan untuk obat herbal alami yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Pada saat buah adas masak maka akan tercium aroma bau khas yang sangat aromatik. Daunnya juga mempunyai bau khas yang sama dengan bijinya. Minyak adas atau fennel oil diperoleh dari buah adas. Setiap bagian dari tanaman adas ini mempunyai manfaat bagi kesehatan sebab memiliki kandungan nutrisinya yang sangat tinggi. Terdapat banyak kandungan dari adas, diantaranya: Minyak atsiri, Anetol, Pinen, Limonen,    Felandren, Metil, Anisaldehida, Asam anisat, Minyak lemak, Minyak esensial, Senyawa bergapten, Gistidin, Asam amino, Flavonoid, Alkaloid, Fenol, Cineole, Anetol, Alkaloid, Fenol, Cineole, Anetol, Stigmasterin, Atenol, Kalium, Zat besi dan masih banyak lagi kandungan yang lainnya.

Dari kandungan yang terdapat dalam adas ini, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1.    Menyehatkan Mata
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam tanaman adas berguna untuk mencegah peradangan dan dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan.

2.    Mencegah Penuaan Dini
Kandungan vitamin C dan asam amino yang terdapat dalam adas memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini. Adapun caranya yakni dengan mengkonsumsi ekstrak dari daun adas dengan menghancurkannya terlebih dahulu atau diblender. Selain itu juga konsumsi ekstrak biji adas yang ditumbuk serta dicelupkan ke dalam air yang panas dapat berguna dalam menghilangkan mata panda.

3.    Megatasi Gangguan Pernafasan
Tanaman adas memiliki kandungan cineole dan kandungan anetol yang berguna untuk mengilangkan dahak serta dapat melonggarkan saluran pada pernafasan. Dengan mengkonsumsi air rebusan adas dengan teratur bisa membantu untuk mengobati penyakit dari adanya gangguan pernafasan misalnya asma, pernafasan yang tersumbat, bronkitis, kondisi batuk, serta gangguan pernafasan yang lainnya.

4.    Melancarkan Buang Air Kecil
Tanaman adas memiliki sifat diuretik, yakni bisa melancarkan buang air kecil.

5.    Mengobati Ambeien
kandungan dalam adas juga sudah diyakini bisa membantu untuk mengobati penyakit ambeien dengan cara meraciknya menjadi suatu ramuan herbal.

6.    Mengobati Biduran
Biduran atau yang lebih dikenal kondisi gatal-gatal dapat diobati dengan tanaman adas sebab memiliki kandungan zat metil dalam tanaman adas bisa membantu untuk menghilangkan rasa gatal serta mengurangi bengkak.

7.    Mengatasi Demam
Pada saat mengalami demam sebetulnya tubuh sedang berperang dalam melawan penyakit baik karena virus ataupun karena bakteri dari luar. kandungan dalam tanaman adas sangat baik untuk melawan adanya virus dengan demikian bisa membantu tubuh untuk melawan infeksi virus dan melawan bakteri yang bisa meningkatkan suhu tubuh.

8.    Mengatasi Kejang
Kejang yang disertai demam biasanya akan sering terjadi pada saat anak- anak. Penyakit tersebut dikenal dengan istilah stuip. Dengan ramuan herbal yang dicampur tanaman adas berguna dalam mengatasi penyakit stuip ini.

9.    Mengobati Batu Empedu
Batu empedu disebabkan karena zat purin yang mengendap dengan waktu yang terlalu lama di empedu sampai berubah menjadi padat serta mengeras. Dengan cara menyeduh lima gram serbuk adas ditambah air panas diyakini bisa mengobati penyakit batu empedu.

10.    Memperbesar Payudara
Kandungan dalam biji adas bisa meningkatkan rangsangan produksi hormon estrogen yang berguna untuk menahan berbagai cairan dalam payudara. efeknya maka ukuran payudara bisa meningkat.

11.    Mengobati Kencing Batu
Kencing batu dapat diakibatkan karena mengalami penyumbatan pada saluran kencing oleh adanya zat padat seperti terdapat batu. Tanaman adas bisa membantu untuk mengecilkan ukuran batu yang terdapat dalam saluran kencing tersebut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates