Tuesday , 12 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Bahaya Kosmetik Bagi Ibu Hamil

Seputar Bahaya Kosmetik Bagi Ibu Hamil

Seputar Bahaya Kosmetik Bagi Ibu Hamil

Seputar Bahaya Kosmetik Bagi Ibu Hamil

Seputar Bahaya Kosmetik Bagi Ibu Hamil

Seputar Bahaya Kosmetik Bagi Ibu Hamil – Biasanya wanita hamil selama masa kehamilan akan banyak mengalami perubahan mood serta mengalami perubahan terhadap perilaku. Seperti halnya wanita hamil akan lebih suka untuk berdandan serta akan mempercantik diri, akan tetapi terdapat juga wanita hamil yang cuek terhadap penampilannya seperti malas untuk mandi, malas menyisir rambut serta malas menggunakan parfum.Bahkan untuk wanita hamil yang suka mempercantik diri, secara tiba -tiba akan menjadi tidak suka untuk melihat wajahnya yang polos walaupun pada saat berada di dalam rumah. Akan tetapi untuk kebaikan serta untuk menjaga kesehatan yang ada di dalam rahimnya, alangkah baiknya wanita hamil untuk menghindari penggunaan kosmetik. Apalagi pada saat ini sudah banyak sekali produk kosmetik yang dijual dipasar, banyak kosmetik oplosan yang akan membahayakan kesehatan ibu ataupun kehamilannya.

Retinoid adalah salah satu bahan yang berbahaya sehingga tidak boleh digunakan dalam peralatan kosmetik wanita hamil. Dengan demikian terlebih dahulu memperhatikan komposisi yang tercantum dalam kemasan kosmetik apakah terdapat kandungan retinoid di dalamnya atau tidak. Retinoid adalah suatu zat yang berbahaya dapat mengakibatkan janin akan mengalami kecacatan fisik ataupun mental.

Berikut merupakan uraian lebih lengkap terkait bahaya kosmetik untuk wanita hamil diataranya:
1. Cacat Ketika Lahir
Kandungan retinoid yang ada di dalam produk kosmetik dapat menyebabkan janin mengalami kecacatan pada saat dilahirkan. Seperti pada obat jerawat terdapat kandungan retinoid serta bahan yang berbahaya dengan dosis tinggi yang dapat mempercepat kecacatan pada bayi. Berikut merupakan contoh kecacatan pada bayi akibat kosmetik, diantaranya:
a. Jari berdempetan
b. Mempunyai jumlah jari yang kurang
c. Mempunyai jari yang berlebihan
d. Mata juling

2. Perkembangan Janin Terganggu
Kandungan retinoid yang ada di dalam kosmetik dapat mengakibatkan perkembangan janin menjadi terganggu. Seperti janin akan mengalami pertumbuhan yang tidak normal tidak sesuai dengan usianya.

3. Keracunan Janin
Aroma parfum yang sangat menyengat dalam kosmetik akan masuk ke dalam tubuh janin, kandungan berbahaya yang ada dalam parfum dapat mengakibatkan keracunan janin.

4. Kematian Bayi
Dampak paling buruk akibat penggunaan kosmetik dapat menyebabkan kematian pada bayi. Baik kematian dalam kandungan maupun di luar kandungan atau baru saja dilahirkan. Adapun bahan kosmetik yang dapat mengakibatkan kematian yaitu bahan logam, merkuri serta hydroquinone.

5. Kanker
Kanker akan terjadi akibat terlalu lama terpapar bahan kosmetik yang membahayakan. Kanker dapat menyerang wanita hamil serta janin pada kanker kulit.

6. Bibir Sumbing
Cacat bawaan yang akan terjadi pada saat wanita hamil menggunakan kosmetik yang berbahaya yaitu ibu akan melahirkan bayi dengan kondisi bibir sumbing. Meskipun tidak semua kondisi bibir sumbing diakibatkan oleh kosmetik, akan tetapi fakta membuktikan dengan bahan berbahaya yang ada dalam kosmetik dapat mengakibatkan bayi mengalami bibir sumbing.

7. Mengganggu Pertumbuhan Sel Syaraf
Bahaya kosmetik untuk wanita hamil dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan pada sel syaraf di dalam otak sang janin. Dampaknya wanita hamil dapat melahirkan bayi dalam kondisi idiot.

8. Kelainan Jantung
Kandungan zat kimia yang terdapat dalam produk kosmetik dapat mengakibatkan gangguan organ misalnya mengalami kelainan jantung.

9. Kelainan Paru-Paru
Kandungan kosmetik yang berbahaya misalnya BHA serta retinoid dapat membuat janin mengalami kelainan paru-paru.

10. Alergi
Janin yang terdapat di dalam kandungan dapat mengalami alergi karena penggunaan kosmetik pada ibu hamil.

11. Gangguan Reproduksi
Perlu diketahui bahan kimia yang berbahaya dalam kosmetik dapat mengakibatkan janin mengalami gangguan organ reproduksinya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates