Friday , 23 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Kolesterol LDL dan HDL

Seputar Kolesterol LDL dan HDL

Seputar Kolesterol LDL dan HDL

Seputar Kolesterol LDL dan HDL

Seputar Kolesterol LDL dan HDL – Kolesterol terdiri dari dua jenis yaitu kolesterol HDL dan kolesterol LDL. Kolesterol yang diperlukan oleh tubuh yaitu kolesterol yang baik sedangkan untuk kolesterol jahat dapat meracuni tubuh. Pada penderita kolesterol juga banyak yang tidak mengetahui terkait kolesterol HDL dan LDL. Kolesterol HDL dan LDL adalah komponen yang penting untuk pengecekan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.1. Kolesterol LDL
LDL atau Low Density Lipoprotein merupakan kolesterol jahat yang dapat meracuni tubuh. LDL merupakan kolesterol jahat yang dapat terbentuk dari suatu gumpalan mikrokopis. LDL juga disebut low sebab partikel untuk penyusun LDL kurang padat jika dibandingkan dengan suatu partikel kolesterol yang lainnya.

a. Ciri-Ciri Kadar LDL Tinggi dalam Tubuh
Orang yang mempunyai kadar LDL tinggi dapat merasakan ketidaknyamanan yang terjadi di dalam tubuhnya. Hal tersebut dikarenakan LDL akan mulai bereaksi di dalam tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut ketahui ciri – cirinya agar segara melakukan penanganan, diantaranya:

1) Penderita akan merasakan nyeri pada kaki
Hal tersebut disebabkan akibat penumpukan LDL pada kaki dengan demikian mengakibatkan aliran darah ke kaki mengalami penyumbatan.

2) Kuku menjadi berubah
Hal tersebut dikarenakan kuku tidak memperoleh pasokan darah secara cukup. Dampaknya sirkulasi di dalam kuku juga mengalami gangguan.

3) Kulit kaki ikut berubah
Hal tersebut terjadi karena pasokan darah pada kaki menjadi berkurang.

4) Kulit kaki terasa dingin
Dapat dirasakan pada saat disentuh walaupun sedang tidak sakit.

5) Mati rasa
Gejala tersebut sering dikeluhkan pada penderita kolesterol. Dimana bagian tubuh yang sering mengalami mati rasa yaitu pada jari tangan.

6) Diare
Hal tersebut disebabkan kondisi tubuh tidak dapat menyerap lemak secara sempurna. Dampakya diare juga tidak dapat terelakkan.

7) Lesu dan migrain
Hal tersebut disebabkan metabolisme lemak mengalami gangguan dan juga mempunyai masalah pada pencernaan. Makanan yang dikonsumsi pada penderita kolesterol tidak dapat dicerna secara baik serta akan menumpuk di saluran pencernaan.

2. Kolesterol HDL
Kolesterol HDL atau singkatan dari High Density Lipoprotein adalah jenis lemak baik. HDL berguna dapat mengangkut timbunan lemak yang ada di dalam tubuh serta dapat berfungsi untuk membersihkan timbunan lemak yang terdapat pada di dinding pembuluh darah kemudian membawa aliran darah ke bagian hati. Dengan demikian, aliran darah ke organ jantung akan menjadi lancar maka kondisi jantung menjadi lebih sehat. Kolesterol HDL serta kolesterol LDL mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. Dimana kolesterol HDL sangat diperlukan tubuh sedangkan kolesterol LDL dapat merusak tubuh. Pada dasarnya HDL kolesterol diperlukan oleh tubuh, akan tetapi kadar HDL ini perbandingannya harus lebih besar jika dibandingkan dengan kolesterol LDL.

a. Ciri – Ciri Kadar Kolesterol HDL Cukup Di Dalam Tubuh
Berikut merupakan ciri-ciri yang dapat diberikan oleh tubuh apabila kolesterol HDL di dalam tubuh mencukupi dan tidak kurang, diantaranya:1) Terhindar dari Depresi
Kolesterol yang baik dengan kadar terlalu rendah di dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi bahkan memiliki rasa ingin bunuh diri. Orang yang mempunyai kolesterol cukup maka di dalam tubuhnya dapat terhindar dari penyakit psikologis. Sebab aliran darah ke otak menjadi lancar.

2) Terhindar dari Pola Makan Bulimia
Bulimia adalah kondisi penyakit dimana kolesterol dapat membuat keadaan perut terasa kenyang serta sinyal tersebut akan dikirimkan ke otak. Dampaknya penderita dapat merasa lesu serta mengalami migrain.

3) Kondisi Psikologis Yang Lebih Stabil
Hasil penelitian menunjukan bahwa kadar kolesterol dengan kadar terlalu rendah dapat menyebabkan kondisi psikis seseorang menjadi terganggu. Hal tersebut disebabkan kolesterol rendah dapat merusak serta dapat mengganggu fungsi pada sistem syaraf. Kolesterol yang baik dengan kadar cukup di dalam tubuh dapat berguna dalam menjaga pertahanan tubuh serta dapat memaksimalkan kerja otak. Dengan demikian kolesterol baik dapat menyehatkan fungsi syaraf.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates