Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Manfaat Jagung bagi Ibu Hamil

Seputar Manfaat Jagung bagi Ibu Hamil

Seputar Manfaat Jagung bagi Ibu Hamil

Seputar Manfaat Jagung bagi Ibu Hamil

Seputar Manfaat Jagung bagi Ibu Hamil

Seputar Manfaat Jagung bagi Ibu Hamil – Masa kehamilan merupakan masa dimana seorang wanita harus menjaga asupan makannya. Asupan makan yang dikonsumsi selama masa kehamilan tidaklah sama dengan asupan makan yang dikonsumsi pada orang seperti biasanya. Terdapat jenis makanan tertentu yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil.  jenis makanan yang dilarang dikonsumsi oleh ibu wamil akan berdampak terhadap kesehatan wanita hamil sendiri maupun pada janin. Jagung merupakan salah satu jenis sayuran yang boleh dikonsumsi oleh wanita hamil. sebab jagung memiliki kandungan yang bermanfaat untuk janin maupun sang ibu.  berikut diantaranya:

1.    Mencegah Sembelit
Sembelit merupakan masalah yang sering terjadi pada masa kehamilan. Sembelit ini biasanya dapat terjadi pada kehamilan trimester satu. Dimana produksi hormon progesteron akan mempengaruhi usus dengan demikian pencernaan wanita hamil akan menjadi lebih lambat. Jagung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dengan demikian dapat membuat usus wanita hamil bisa bekerja lebih baik serta dapat mencegah sembelit.

2.    Mencukupi Kebutuhan Folat
Folat dibutuhkan oleh perkembangan janin dalam pembentukan sel saraf serta sistem syaraf pada tulang belakang. kurang asupan folat pada bayi akan mengalami cacat tabung syaraf yang sulit ditangani. jagung dapat dikonsumsi agar dapat memenuhi kebutuhan asupan folat pada wanita hamil.

3.    Mendukung Pembangunan Sistem Memori Janin
Jagung memiliki kandungan thiamin yang sangat baik dalam mendukung perkembangan janin. kemampuan otak maupun sistem memori pada janin dapat terus dibangun selama masa kehamilan. Manfaat jagung bagi wanita hamil dapat memberikan kandungan thiamin, yang mempunyai peran dalam membentuk memori pada janin dengan demikian dapat mempengaruhi kecerdasan pada saat bayi sudah lahir.

4.    Mencegah Masalah Cacat Otot pada Bayi
Sistem pembentukan pada massa otot dapat dibentuk pada saat dalam kandungan. kandungan zeaxanthin dalam jagung dapat berperan untuk membentuk masa otot. Manfaat jagung bagi wanita hamil dengan kandunganya zeaxanthin sangat bagus untuk janin. kekurangan zeaxanthin dapat menyebabkan masalah cacat pada otot. gangguan tersebut dapat terjadi pada saat bayi berusia lebih dari 1 tahun.

5.    Membantu Proses Kesempurnaan Organ Janin
Asam pantotenat merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam jagung. kandungan tersebut dapat berperan dalam mengembangkan fungsi organ misalnya organ jantung, paru- paru, ginjal, dan otak. Kekurangan asupan asam pantotenat dapat menimbulkan kelainan yang berkaitan dengan fungsi pada organ tubuh.

6.    Memacu Fungsi Otak Janin
Jagung memiliki kandungan tiamin yang sangat tinggi. Tiamin dibutuhkan oleh janin dalam membentuk perkembangan pada sel – sel otak serta dapat mendukung fungsi kognitif pada sang bayi.

7.    Mendukung Perkembangan Tulang dan Otot
Jagung memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, dimana kandungan tersebut dibutuhkan janin untuk pertumbuhan tulang dan gigi. adapun kandungan mineral dalam jagung yaitu zat besi, tembaga, fosfor, serta magnesium. dengan demikian jagung dapat mendukung perkembangan tulang pada janin, dapat mencegah masalah cacat tulang serta dapat memelihara fungsi ginjal.

8.    Mengatasi Anemia
Anemia merupakan suatu kondisi yang sangat rentan terjadi pada wanita hamil.  wanita hamil memerlukan asupan sel darah merah agar dapat membantu untuk memelihara serta untuk pertumbuhan pada janin. Jagung memiliki kandungan vitamin B, zat besi, serta asam folat yang cukup tinggi. Semua kandungan tersebut dapat berperan dalam mengatasi anemia dengan demikian wanita hamil dapat menjadi lebih sehat.

9.    Memelihara Kesehatan Jantung Ibu Hamil dan Janin
wanita hamil yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi dapat mengalami resiko penyakit jantung serta akan mengalami penyakit kardiovaskular. Jagung memiliki kandungan bioflavonoid, karotenoid, serta vitamin C yang dapat berperan dalam mengendalikan jumlah kolesterol di dalam darah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates