Tuesday , 12 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Natrium dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Seputar Natrium dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Seputar Natrium dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Seputar Natrium dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Seputar Natrium dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh – Natrium atau nama lainya sodium dengan simbol Na yang merupakan salah satu unsur kimia yang pada tabel periodik dengan nomor atom 11. Natrium merupakan logam reaktif yang lunak, dengan keperakan, dan juga seperti lilin, warna api yang berwarna kuning, dapat beroksidasi di dalam udara, serta akan bereaksi kuat bersama air, dengan demikian harus disimpan di dalam minyak.Garam adalah sumber yang terbanyak kandungan natriumnya. Untuk satu sendok teh garam berat natrium sekitar 2.300 miligram. Asupan natrium yang berlebih adalah satu faktor yang dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, akan tetapi tidak semua orang mempunyai kerentanan yang sama. Sensitivitas dengan natrium dapat meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Adapun sumber yang lainnya bisa dijumpai dalam nabati ataupun hewani. Pada umumnya pangan hewani memiliki kandungan natrium yang lebih banyak jika dibandingkan dengan natrium dalam nabati. Akan tetapi, sumber utamanya yaitu soda kue atau natrium bikarbonat, garam dapur atau NaCl, dalam penyedap rasa monosodium glutamat atau MSG, dan bahan- bahan pengawet yang biasa digunakan dalam pangan olahan, misalnya natrium nitrit serta natrium benzoat.

Untuk konsumsi natrium dalam satu hari alangkah baiknya sebanyak 1.100 sampai 3.300 mg. Sedangkan untuk kebutuhan natrium pada wanita hamil yaitu sekitar 2.400 mg dalam satu hari, yang kira – kira setara dengan 1 sendok teh. Perlu diketahui bahwa besar natrium akan diserap oleh usus halus serta hanya sedikit yang akan diserap oleh lambung. Di dalam tubuh terdapat suatu sistem otonom yang akan mengatur keseimbangan pada kadar natrium di dalam darah.

1. Jika kadar natrium tinggi
Otak dapat mengirimkan sinyal dengan rasa haus serta akan mendorong seseorang untuk minum. Lalu apabila sensor di dalam pembuluh darah serta ginjal mengetahui terdapat kenaikan pada tekanan darah serta sensor pada jantung akan mengalami peningkatan volume darah, organ ginjal akan dirangsang agar mengeluarkan natrium serta air kencing lebih banyak, dengan demikian mengurangi volume darah.

2. Jika kadar natrium terlalu rendah
Sensor di dalam pembuluh darah serta organ ginjal dapat mengetahui volume darah yang menurun serta dapat memicu suatu reaksi rantai yang akan berusaha dalam meningkatkan volume cairan di dalam darah. Kelenjar adrenal dapat mengeluarkan suatu hormon aldosteron, dengan demikian organ ginjal akan menahan natrium. Selain itu, pada kelenjar hipofisa akan mengeluarkan suatu hormon antidiuretik, maka organ ginjal akan menahan air. Dengan natrium dan air ditahan dapat mengakibatkan berkurangnya dalam pengeluaran air kencing, sehingga dapat meningkatkan volume darah serta tekanan darah menjadi normal kembali. Seseorang akan mengalami sensitivitas dengan kadar natrium di dalam darah yang akan berbeda – beda. Pada umumnya, dengan semakin bertambah usia, maka semakin bertambah terhadap tingkat sensitivitasnya.

3. Fungsi Natrium
Natrium serta kalium memiliki peran penting untuk mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh. Fungsi mineral natrium atau Na adalah kation utama yang ada dalam cairan ekstraselular, sedangkan untuk kalium (K) adalah kation utama dalam cairan intraselular. Apabila kedua mineral ini tidak seimbang, air dapat mengalir ke bagian dalam ataupun ke luar sel agar menjaga konsentrasi Na serta K supaya tetap berimbang.

Natrium juga memiliki peranan penting dalam penyerapan glukosa di dalam organ ginjal dan juga usus. Natrium juga berperan untuk pengangkutan zat- zat gizi yang lain dengan melewati membran sel. Selain itu natrium serta kalium memiliki peran dalam menjaga fungsi serta kerja otot jantung, dan dapat mencegah penyakit- penyakit yang berbahaya misalnya gangguan saraf. Untuk wanita hamil dapat meningkatkan kerja jantung, untuk memompa darah supaya bisa memenuhi kebutuhan ibu serta janin.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates