Saturday , 19 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Daun Pegagan bagi Kesehatan dan Pengobatan

Khasiat Daun Pegagan bagi Kesehatan dan Pengobatan

Khasiat Daun Pegagan bagi Kesehatan dan Pengobatan

Khasiat Daun Pegagan bagi Kesehatan dan Pengobatan

Khasiat Daun Pegagan bagi Kesehatan dan Pengobatan

Khasiat Daun Pegagan bagi Kesehatan dan Pengobatan – Tanaman pegagan adalah tanaman yang dapat tumbuh subur pada tepi badan air dalam kondisi tenang serta menyebar. Daun serta batang pegagan merupakan bagian dari tanaman yang dapat dikonsumsi sebagai obat. Tanaman pegagan juga dapat gunakan sebagai hiasan piring yang hampir tidak ada rasanya. Pegagan sudah digunakan untuk obat dari zaman dahulu, namun sekarang tidak terlalu banyak diketahui khasiatnya. Tanaman pegagan memiliki kandungan kimia yang menunjukkan bahwa memiliki kekayaan manfaat yang sangat melimpah di dalamnya. Berikut merupakan kandungan senyawa yang terdapat dalam daun pegagan diantaranya madasiatic acid, madecassoside, centellose, asiaticoside, isonthankuniside, brahmoside, brahmic acid, meso-inositol, carotenoids, garam – garam mineral seperti natrium, kalium, magnesium, besi, kalsium, vellarine, zat samak) dan senyawa kmia misalnya glikosid.

Kandungan dalam tanaman pegagan ini memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan atau mengobati penyakit, berikut diantaranya:

1. Pengobatan Tradisional dan Kontemporer
Negara Indonesia sendiri sudah lama memanfaatkan pegagan untuk mengobati berbagai jenis penyakit serta kondisi medis. Dimana pegagan untuk penyembuhan luka, dapat mengobati kondisi kulit misalnya lepra serta psoriasis serta dapat meningkatkan fungsi kognitif. Banyak orang yang sudah menggunakan obat yang herbal ini sebagai obat penyakit misalnya ulkus labung, sifilis, obat akibat kelelahan mental, asma, epilepsi, diare, demam serta hepatitis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanaman pegagan pada saat ini sangat sering dimanfaatkan sebagai obat varises, psoriasis dan insufisiensi vena kronis.

2. Mengurangi Kecemasan
Hasil penelitian menjelaskan bahwa tanaman pegagan dapat memberika efek dengan meredakan gejala kecemasan, misalnya depresi. Dengan demikian konsumsi pegagan cocok untuk seseorang yang sedang mengalami stres.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka
Hasil penelitian yang dilakukan terhadap hewan percobaan juga menjelaskan bahwa tanaman pegagan sangat efektif untuk mempercepat dalam penyembuhan luka. Dimana studi ini mengutip dalam sebuah studi dengan berbagai formulasi gel, krim, serta salep dari ekstrak tanaman pegagan serta air dapat dapat mengeringkan luka.
Percobaan yang dilakuka pada tikus, sudah 24 hari pengobatan pada luka, hasil penelitian menunjukan bahwa pegagan yang digunakan tiga kali dalam satu hari udah merangsang proliferasi sel serta sintesis kolagen terhadap luka hewan percobaan.

4. Antioksidan
Penelitian yang dilakukan di Brasil meninjau bahwa ekstrak air pegagan memiliki tingkat aktivitas antioksidan serta sitotoksik yang tinggi. Peneliti juga meninjau kedua fenolat serta flavonoid ini bersifat sebagai antioksidan yang signifikan. Tim peneliti juga menjelaskan bahwa ekstrak pegagan memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat selama masa pengujian. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa ekstrak pegagan menunjukan kemampuannya untuk membunuh sel pada kanker payudara.

Dari khasiatnya yang dapat diberikan dalam daun pegagan, terdapat efek samping daun pegaganapabila dikonsumsi tidak sesuai dengan yang dianjurkan. Berikut merupakan efek samping yang dapat ditimbulkan selama penggunaannya tidak sesuai, sebagai berikut :

1. Kehamilan dan menyusui
Penggunaan pegagan pada wanita hamil apabila diterapkan pada kulit akan aman. Akan tetapi hindari konsumsi daun pegagan secara lansung, sebab hal tersebut belum dapat diketahui adanya tingkat keamanan dari daun pegagan bagi wanita hamil. Selain itu juga, belum diketahui terkait keamanan dari daun pegagan selama masa menyusui. Lebih baik hindarilah penggunaannya apabila sedang menyusui.

2. Penyakit hati
Terdapat kekhawatiran bahwa konsumsi pegagan bisa menimbulkan kerusakan pada hati. Seseorang yang sudah mempunyai riwayat penyakit hati misalnya hepatitis, harus dapat menghindari dalam menggunakan pegagan. Sebab hal tersebut kemungkinan dapat membuat kondisi hati akan semakin buruk.

3. Menjalani Bedah
Daun pegagan bisa menimbulkan rasa kantuk, apabila terlalu banyak yang dikombinasikan bersama obat- obatan pasca operasi, maka berhentilah untuk menggunakan ramuan tanaman pegagan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates