Tuesday , 12 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Madu untuk Paru – paru serta Pernafasan

Khasiat Madu untuk Paru – paru serta Pernafasan

Khasiat Madu untuk Paru - paru serta Pernafasan

Khasiat Madu untuk Paru – paru serta Pernafasan

Khasiat Madu untuk Paru – paru serta Pernafasan – Paru- paru merupakan salah satu organ yang harus dijaga kondisi kesehatannya. Saat ini udara sudah banyak tercemar akibat aktifitas yang semakin padat seperti semakin banyak polusi dari asap kendaraan, aktifitas pabrik, pembakaran sampah, asap rokok dan lain sebagainya. Dengan demikian organ paru akan rentang untuk mengalami gangguan atau terkena penyakit. Madu adalah makanan yang diperoleh dari lebah dengan cara mengambilnya dari bunga- bunga atau sarangnya. Madu memiliki rasa yang sangat manis serta banyak dimanfaatkan untuk bahan makanan. Madu sangat aman untuk dikonsumsi serta berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi pada saat kondisi imunitas atau sistem imun yang rendah, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi madu sebab memiliki resiko untuk terkena infeksi karena jamur ataupun akibat bakteri yang ada di dalamnya.

Madu memiliki banyak kandungan nutrisi. Di dalam 100 gram madu memiliki kandungan 304 kkal energy, kandungan Gula sebanyak 82,12 gram, mangandungn serat sebanyak 0,2 gram, mengandung protein 0,3 gram, Vitamin (vit B2, vit B3, vit B5, vit B6, vit B9, vit C), serta mengandung Mineral (zat besi, kalsium, sodium, magnesium, potassium, dan zink). Madu sudah sangat dikenal dengan khasiatnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, untuk kecantikan wajah, ataupun untuk penyembuhan luka. Madu berguna untuk anti inflamasi, sebagai anti bakteri, gula fruktosa, serta dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Salah satu khasiat baik dari madu yaitu dapat menjaga kondisi kesehatan paru, diataranya:

1. Menyembuhkan infeksi saluran pernafasan
Terjadinya infeksi saluran pernafasan dapat diakibatkan oleh invasi bakteri, invasi jamur, ataupun virus. Madu mempunyai kandungan yang berguna untuk anti bakteri. Sejak zaman romawi, madu sering dimanfaatkan dalam mengobati penyakit. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase terhadap keberhasilan dengan pengobatan yang menggunakan madu yakni sebesar 90%. Madu juga dapat mengatasi influenza, mengatasi radang hidung ataupun radang pada saluran pernafasan.

2. Menyembuhkan TBC
Hasil penelitian menunjukan bahwa madu sudah diketahui dapat menyembuhkan serta dapat membunuh bakteri penyebab TBC. Walaupun belum diketahui kandungan atau zat apa yang terdapat dalam madu yang bisa membunuh bakteri TBC. TBC adalah infeksi yang terjadi pada paru- paru yang diakibatkan oleh micobakterium tuberculosis dimana penyebarannya bisa ditularkan dnegan melalui udara serta cairan.

Agar dapat hasil yang maksimal untu mengobati penyakit pada paru – paru, adapun cara nya sebagai berikut:
1. Cara yang pertama
Masukkan madu yang sebanyak 60 gram ataupun 1 sendok makan yang penuh madu di dalam satu gelas air yang hangat, kemudian aduk sampai rata. Konsumsilah selama 2 kali dalam satu hari. Dengan mengkonsumsinya masih dalam kondisi hangat.

2. Cara yang kedua
Madu dapat dikonsumsi dengan mencampurkannya bersama bahan – bahan yang sehat lainnya, seperti dengan jus mangga ataupun susu sapi yang murni. Adapun caranya sama, yakni hanya dengan menambahkan 1 sendok makan madu masukan ke dalam gelas susu ataupun jus. Madu berguna juga untuk pemanis sebagai pengganti gula. Campuran madu bersama bahan sehat yang lainnya bisa menambahkan khasiat bagi kesehatan.

3. Cara yang ketiga
Anda juga dapat mengkonsumsi madu sebagai bahan dalam makanan yang siap saji, sehingga tidak harus menunggu yang lama. Anda bisa mengkonsumsi madu yang digunakan untuk toping ataupun untuk olesan dalam roti pada saat sarapan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates