Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Khasiat Temu Putih bagi Kesehatan Wanita

Khasiat Temu Putih bagi Kesehatan Wanita

Khasiat Temu Putih bagi Kesehatan Wanita

Khasiat Temu Putih bagi Kesehatan Wanita

Khasiat Temu Putih bagi Kesehatan Wanita

Khasiat Temu Putih bagi Kesehatan Wanita – Wanita dikenal memiliki kerentanan untuk mengalami berbagai jenis penyakit, apalagi yang tidak menjaga kebersihan tubuhnya secara rutin. Temu putih merupakan salah satu rempah yang dapat menjaga kesehatan wanita. Nutrisi yang terdapat dalam temu putih dapat membantu tubuh dalam memperkuat imunitas, sebagai anti virus, sebagai antioksidan ataupun sebagai zat anti inflamasi. Kandungan zat dalam temu putih lebih berperan untuk mencegah penyakit dan dapat mengurangi kondisi pembengkakan. Sifat khas dari rempah temu putih ini dapat menghangatkan tubuh.Temu putih memiliki banyak kandungan seperti kurkumin, minyak atsiri, resin, demetoksikurkumin, cineole, etanol, curcumenole, curcumol, borneol, curdione, etanol dan masih banyak kandungan yang lainnya. Dari kandungan yang terdapat dalam temu putih, dapat memberikan manfaat khususnya untuk kesehatan wanita, diantaranya:
1. Pengobatan Kanker
Temu putih memiliki kandungan curcuma yang dapat menonaktifkan sintesa pada sel protein yang dampaknya pertumbuhanpun akan menjadi terhambat. Kemudian protein dapat melakukan suatu netrasi terhadap sel kanker. Dengan demikian apabila mengkonsumsi temu putih secara rutin, maka pertumbuhan sel kanker akan berhenti, sampai menghilang.

2. Mengatasi Nyeri haid (Wanita)
Pada wanita yang akan mengalami datang bulan dapat ditandai dengan gejala nyeri haid atau dismenorhoe. Dimana kondisi tersebut merupakan suatu kondisi yang sangat wajar karena akan mengalami pengelupasan ovarium. Kandungan dalam temu putih seperti resin, cineole, curdione, borneol, serta curcumol dapat mengatasi rasa nyeri akibat haid.

3. Mengurangi Resiko Kista (Wanita)
Kista merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat sering terjadi pada wanita. Kista pada taraf ringan dapat ditangani secara operasi dengan pengangkatan kista. Akan teapi apabila sudah dalam kondisi berat, maka harus diangkat organ rahimnya. Kandungan dalam temu putih dapat mengurangi resikonya, seperti resin, cineole, curdione, sursumol dan borneol.

4. Mengurangi Nyeri Otot
Nyeri otot biasanya akan terjadi pada kaum laki – laki akibat aktifitas yang berat atau terjadi pada wanita yang sudah melakukan kerjaan yang banyak. Nyeri otot akan sangat mudah terjadi pada siapa saja. Agar dapat melegakan asam laktat di dalam tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi ramuan temu putih. Dimana temu putih memiliki kandungan kurkumin dan zat anti inflamasi yang bisa menangani sakit perut serta dapat mencegah pembengkakan.

5. Membantu Menurunkan Demam
Biasanya di Negara Brazil temu putih digunakan bagi anak-anak. Karena kandungan alami dalam temu putih tidak dapat menimbulkan efek samping. Mereka yang memanfaatkannya dapat menurunkan demam. Salah satu kandungan yang dapat berperan aktif yaitu zat curcumenol.

6. Sebagai Zat Anti Radang
Tanaman temu putih memiliki nutrisi yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan. Kandungan tersebut yaitu curcumin yang dapat bekerja untuk anti inflamasi.

7. Mengatasi Kerusakan Gen
Jaringan pada tubuh manusia akan sering mengalami gangguan. Pada saat terjatuh, maka jaringanya bisa mengalami robek. Kemudian gen, unit terkecil dari suatu jaringan akan ikut hancur. Akibat kondisi tersebut, maka harus mengkonsumsi kandungan yang dapat membantu untuk pembentukan gen. Temu putih memiliki kandungan tersebut sehingga bagus untuk perbaikan gen.

8. Zat Frimbikonitik
Selain dapat menjaga kondisi kerusakan gen, khasiat temu putih juga dapat mengatasi kondisi kerusakan sel. Kandungan zat yang dapat bertanggung jawab pada kondisi tersebut yaitu senyawa flavonoid serta kurkuminoid. Dimana kandungan zat itu untuk antioksida tubuh yang dapat menjadi melindungi kerusakan sel.

9. Mengatasi Dispepsi
Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam temu putih dapat berperan sebagai anti bakteri. Sehingga pertumbuhan bakteri seperti Ezcherichia coli bisa melambat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates