Tuesday , 12 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Manfaat Kulit Salak untuk Pengobatan

Seputar Manfaat Kulit Salak untuk Pengobatan

Seputar Manfaat Kulit Salak untuk Pengobatan

Seputar Manfaat Kulit Salak untuk Pengobatan

Seputar Manfaat Kulit Salak untuk Pengobatan

Seputar Manfaat Kulit Salak untuk Pengobatan – Salak atau dnegan nama latin Salacca zalacca adalah salah satu buah yang mempunyai kulit seperti sisik ular dengan rasanya yang manis bercampur serta agak sepat. Salak mempunyai beberapa jenis, akan tetapi  yang sangat populer yaitu salak pondoh, salak Bali serta salak Medan. Buah salk banyak diolah sebagai manisan, asinan, sebagai makanan kaleng maupun diolah sebagai keripik kemasan.Buah salak mempunyai kandungan yaitu zat betakaroten yang bagus untuk kesehatan mata. Dalam 100 gram buah salak, memiliki kandungan betakaroten 5,5 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis buah mangga, jika dibandingkan dengan jambu biji tiga kali lebih banyak serta dengan buah semangkan 5 kali lebih banyak. Buah salak mempunyai kandungan kalori, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin B, air serta zat besi yang dapat berguna untuk kesehatan tubuh.

Selain buahnya, kulit buah salak mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebab kulit salak juga mempunyai kandungan nutrisi yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh serta dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Namun bukan berarti harus mengkonsumsi kulit salak secara langsung, akan tetapi dengan metode pengolahan secara benar, dengan merebusnya lalu diambil sarinya sehingga kulit salak tersebut bisa digunakan.

Setelah melakukan metode tersebut, konsumsi kulit salak dapat memberikan manfaat, sebagai berikut:
1. Mengurangi dan Mengobati Penyakit Diabetes
Kandungan dalam salak dapat menyembuhkan Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan oleh kulit buah salak adalah penyakit diabetes atau disebut dengan kencing manis. Diabetes adalah jenis penyakit yang dapat ditandai dengan kadar glukosa yang tinggi di dalam darah akibat tubuh tidak bisa melepaskan ataupun menggunakan insulin dengan cukup. Insulin sendiri adalah suatu hormon yang akan dilepaskan pankreas serta dapat bertanggung jawab untuk mempertahankan kadar gula di dalam darah secara normal.

Kulit salak bisa membantu untuk mengurangi gejala penyakit diabetes sebab mempunyai kandungan yang dapat bekerja secara bersamaan di dalam. Adapun beberapa unsur aktif ini diantaranya:

a. Ferulic Acid dan Proline
Ferulic Acid dan Proline adalah elemen untuk pemulih jaringan serta sebagai pendorong untuk terbentuknya kolagen dan juga elastin.

b. Cinnamic Acid derivatives
Cinnamic Acid derivatives adalah suatu senyawa yang dapat mendorong terjadinya peremajaan pada sel epitel. Selain itu, dapat berguna untuk proses perbaikan fungsi pada pankreas yang sedang mengalami penyakit diabetes tipe I yang bersamaan dengan senyawa Ferulic Acid serta Prolin.

c. Arginin
Arginin adalah unsur yang sangat dipbutuhkan pada penderita diabetes dengan tipe II. Senyawa tersebut adalah untuk merangsang terjadinya suatu pembelahan sel serta untuk memperkuat biosintesis pada protein, selain itu dapat berperan aktif untuk menormalkan sel- sel tubuh supaya lebih tanggap dengan insulin.

d. Pterostilbene
Pterostilbene adalah suatu senyawa untuk anti diabetes yang bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah.2. Mengobati Ambeien
Selain bisa mengobati penyakit diabetes, kandungan dalam kulit buah salak juga bisa berguna dalam mengobati ambeien. Berikut adalah langkah – langkah pengolahanya:
a. Siapkan lima lembar daun salak, cuci smapai bersih
b. Rebus daun- daun tersebut dengan menggunakan dua gelas air ukuran sedang
c. Masukkan gula merah dengan secukupnya
d. Saring air rebusan tersebut serta minum dua kali sehari

3. Mencegah Sembelit
Selain untuk diabetes dan ambien, kulit salak juga berguna untuk mencegah sembelit. Hal tersebut karena kulit salak mempunyai kandungan serat dengan demikian bisa untuk memperbaiki gangguan pencernaan yang berkaitan dengan kesulitan buang air besar (BAB). Akan tetapi, kulit salak yang dimaksud yaitu kulit aria atau kulit tipis dari buah salak.

About yanti nurjayanti

2 comments

  1. Kulit akan lebih awet muda dan lebih segar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates