Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 6 Tips Memotong Kuku Bayi Mungil Anda

6 Tips Memotong Kuku Bayi Mungil Anda

6 Tips Memotong Kuku Bayi Mungil Anda

6 Tips Memotong Kuku Bayi Mungil Anda

6 Tips Memotong Kuku Bayi Mungil Anda

6 Tips Memotong Kuku Bayi Mungil Anda – Menjaga kebersihan tubuh pada bayi secara meyeluruh merupakan suatu hal penting dalam menjaganya agar  tetap sehat. Salah satu diantaranya ialah dengan menjaga kebersihan kuku si kecil. Kuku bayi perlu dipotong beberapa hari sekali. Hal ini untuk mencegah terjadinya kulit bayi yang masih sentisif terluka akibat tergaruk. Namun, memotong kuku bayi ialah suatu kegiatan yang menegangkan bagi setiap orang tua. Lantaran, kuku bayi masih sangat lunak & tipis. Disamping itu, bayi yang aktif bergerak dapat menyebabkan pemotongan kuku menjadi lebih sulit. Berikut ini ialah beberapa tips aman daalam memotong kuku bayi.

1. Potong kuku bayi dengan secara teratur. Pada bulan awal setelah kelahirannya, kuku bayi tumbuh terasa begitu cepat, terutama pada kuku jari tangan. Lantaran itu, potonglah kuku jari tangan ssetiap 2 kali dalam seminggu. Jangan lupa pula untuk memotong kuku jari kaki, hanya saja tidak perlu sesering mungkin seperti kuku jari tangan.

2. Gunakan alat pemotong kuku yang memang khusus bayi. Dalam memotong kuku bayi, gunakan gunting kuku khusus bayi. Untuk ukuran dan bentuk alat ini memang sudah disesuaikan dengan jemari bayi yang mungil. Dengan begitu, resiko kemungkinan bunda membuat bayi terluka pada waktu memotong kuku dapat dicegah. Lebih baik lagi jika bunda menyempatkan diri untuk membersihkan terlebih dahulu alat-alat yang akan di gunakan dengan jenis alkohol 70%, supaya lebih steril.

3. Lakukan pemotongan pada waktu-waktu yang tepat. Pemotongan kuku dapat di lakukan ketika bayi dalam keadaan sedang tidur atau setelah mandi. Lantaran ketika bayi sedang tidur ia tidak banyak bergerak sehingga dapat mempermudah kita dalam memotong kukunya. Bayi biasanya lebih tenang setelah mandi, Keuntungan lain yaitu kuku bayi lebih lunak sehingga sangat mudah dipotong.

4. Usahakan memiliki penerangan yang cukup. Potonglah kuku bayi di tempat yang penerangannya cukup, terutama di siang hari. Lantaran dapat mempermudah dalam melakkukan pemotongan kuku bayi.

5. Cara memotong kuku bayi yang benar. Potong kuku jari tangan dengan bentuk seperti kurva, mengikuti lekuk yang ada pada jari tangan bayi. Sedangkan pada jari kaki, potong dengan potongan lurus. Yang perlu di perhatikan jangan memotong kuku bayi terlalu pendek, sisakan kurang lebih 1 mm agar  jari bayi tidak terluka. Jangan lupa juga agar membersihkan kotoran yang kadang terselip di kuku bayi, bila ada.

6. Janganlah panik. Salah satu aturan pentingnya, lakukan pemotongan kuku secara tenang. Tidak perlu merasa panik bila bunda melakukan kesalahan, misalnya tidak sengaja melukai jari bayi ketika memotong kukunya. Untuk itu, dalam melakukan pemotongan selalu siapkan tissue atau kain yang bersih dan juga antiseptik. Apabila jari bayi terluka, tekan luka dengan perlahan menggunakan tissue atau kain yang telah diberi antiseptik sehingga darahnya berhenti. Jangan lupa pula untuk memakaikan plester penutup luka jika memang  diperlukan.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates