Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Tidak Buang Air Besar Setiap Hari

Efek Tidak Buang Air Besar Setiap Hari

Efek Tidak Buang Air Besar Setiap Hari

Efek Tidak Buang Air Besar Setiap Hari

Efek Tidak Buang Air Besar Setiap Hari

Efek Tidak Buang Air Besar Setiap Hari – Buang air besar adalah kegiatan alamiah yang harus dilakukan setiap hari oleh semua makhluk hidup, termasuk manusia. Feses adalah sisa – sisa kotoran yang diperoleh dari keseluruhan siklus serta proses pencernaan yang dapat terjadi di dalam tubuh manusia.

Proses pencernaan pada awalnya dimulai dengan penghalusan makanan yang dilaksanakan oleh gigi, kemudian dilakukan pengolahan serta penyerapan zat – zat gizi dari asupan makanan yang dapat terjadi di dalam tubuh. Sisa – sisa dari hasil pengolahan pada makanan bisa mengalami proses sekresi atau yang disebut dengan pembuangan. Proses pembuangan tersebut dapat dilakukan dengan melalui pengeluaran keringat, urin serta feses.

Pada dasarnya buang air besar harus dilakukan setiap hari. Feses yang dikeluarkan dengan melalui buang air besar seperti halnya sampah dimana sisa- sisa dari apa yang di konsumsi dalam satu hari. Sampah yang berupa feses ini dapat mengakibatkan timbulnya berbagai masalah pada tubuh jika tidak dikeluarkan setiap hari.

Penyebab BAB Tidak Setiap Hari
Tidak semua orang dapat buang air besar setiap hari. Kebiasaan buang air besar tidak setiap hari bisa mengakibatkan banyak sekali masalah atau gangguan kesehatan. Terdapat beberapa alasan kenapa seseorang tidak buang air besar setiap hari, diantaranya :

1.    Asupan makanan kaya serat serta asupan gizi yang tidak seimbang
2.    Sengaja menahan buang air besar
3.    Terjadi gangguan pada sistem pencernaan, misalnya infeksi serta luka pada lambung dan usus
4.    Gagal ginjal
5.    Wasir dan gejala ambeien

Berikut merupakan beberapa bahaya yang menyebabkan buang air besar tidak setiap hari diantaranya:
1.    Menyebabkan gangguan wasir dan ambeien
Dampak lainnya yang bisa terjadi akibat tidak buang air besar setiap hari bisa meningkatkan resiko terjadinya gangguan wasir atau disebut dengan ambeien. Gejala wasir ataupun ambeien biasanya akan muncul di bagian anus, seperti bisul dengan ukuran kecil serta mengakibatkan rasa sakit atau perih setiap kali akan buang air besar.
Ambeien memang tidak akan mengakibatkan bahaya yang sangat berarti. Akan tetapi keadaan tubuh yang mengalami ambeien bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada penderitanya. pada penderitanya juga akan mengalami kesulitan dalam duduk serta berjalan. Timbulnya wasir juga dapat disebabkan akibat :
a.    sering kentut
b.    BAB berdarah
c.    asam lambung

2.    Perut akan terasa mual dan begah
Dampak tidak buang air besar tidak setiap hari juga mengakibatkan feses menjadi menumpuk, yang dapat mengakibatkan timbulnya gangguan pada bagian lambung. Salah satu gangguan yang dapat terjadi yaitu perut akan terasa kembung serta mual. Keadaan ini dapat membuat nafsu makan menurun serta akan membuat perut tampak membuncit serta begah. Perut akan mengalami mual serta begah yang mengakibatkan naiknya berat badan. Hal tersebut juga bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas serta lemah.

3.    Memicu munculnya kanker usus besar dan kanker lambung
Dampak feses atau kotoran yang mengalami penumpukan di dalam tubuh bisa mengakibatkan terjadinya infeksi. Infeksi tersebut mengakibatkan kanker usus besar serta menyebabkan kanker lambung. Penyakit kanker usus besar serta kanker lambung bisa menimbulkan gejala buang air besar serta buang air kecil yang dapat mengandung darah, dan juga mengakibatkan rasa perih serta sakit di bagian lambung dan juga usus.

4.    Berbahaya bagi organ lain, seperti ginjal
Dampak lainnya akibat tidak buang air besar setiap hari yakni bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pada organ yang lain, salah satunya yaitu organ ginjal. Kerja ginjal dapat menjadi sangat berat, jika jarang buang air besar setiap hari. Keadaan tersebut bisa mengakibatkan batu ginjal, bahkan sampai dapat menyebabkan gagal ginjal, yang akan sangat berbahaya serta mengakibatkan kematian.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates