Friday , 23 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Jenis Makanan Anti-Inflamasi

Ketahui Jenis Makanan Anti-Inflamasi

Ketahui Jenis Makanan Anti-Inflamasi

Ketahui Jenis Makanan Anti-Inflamasi

Ketahui Jenis Makanan Anti-Inflamasi

Ketahui Jenis Makanan Anti-Inflamasi – Peradangan merupakan bagian dari adanya respon kekebalan tubuh; tanpa adanya respon tersebut, maka tubuh tidak dapat memulai untuk proses penyembuhan. Akan tetapi pada saat kondisi inflamasi dapat bertindak di luar kendali, misalnya peradangan kronis hal tersebut dapat merusak tubuh, sebab kondisi peradangan dapat dihubungkan dengan sejumlah penyakit yang berbahaya seperti penyakit kanker, penyakit rheumatoid arthritis, penyakit aterosklerosis, penyakit periodontitis, serta demam. Akibat mengkonsumsi makanan dengan tinggi gula serta lemak jenuh bisa memicu terjadinya peradangan. Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat melawan peradangan, berikut diantaranya;1. Lemak ikan
Makanan yang kaya dengan kandungan omega 3 seperti salmon, mackerel, tuna serta sarden, sudah terbukti dapat membantu untuk mengurangi kondisi peradangan. Agar dapat hasil yang maksimal dengan demikian dapat mengkonsumsi ikan dengan beberapa kali dalam satu minggu.

2. Biji – bijian
Dalam biji – bijian mempunyai kandungan serat yang tinggi, yang dapat menurunkan kadar protein C – reaktif sebagai tanda kondisi peradangan di dalam darah dan juga memiliki kadar gula yang rendah. Dengan mengkonsumsi makanan jenis biji – bijian seperti nasi, roti putih, sereal, serta pasta bisa membantu dalam menjaga peradangan.

3. Sayuran hijau
Hasil studi menjelaskan bahwa vitamin E bisa melindungi tubuh dari adanya molekul pro – inflamasi yang dapat disebut dengan sitokin. Adapun sumber terbaik dari vitamin E ini yaitu jenis sayuran hijau gelap, misalnya kangkung, bayam, brokoli, serta collard hijau. Sayuran dengan warna hijau gelap akan cenderung mempunyai konsentrasi vitamin E dan mineral yang lebih tinggi misalnya kalsium, zat besi, serta phytochemical.

4. Nuts
Perlu diketahui bahwa semua jenis kacang – kacangan, bisa membantu tubuh untuk melawan serta dapat memperbaiki kerusakan akibat kondisi peradangan. Kacang yang ditambah dengan ikan, sayuran hijau, serta biji-bijian sudah terbukti untuk mengurangi peradangan dengan waktu enam minggu. Adapun sumber lain dengan lemak sehat agar dapat melawan  peradangan yaitu almond, kalsium, serta vitamin E, serta kenari.

5. Kedelai
Hasil studi menjelaskan bahwa isoflavon, yang merupakan suatu senyawa dengan mirip estrogen bisa membantu memperbaiki kondisi peradangan tingkat rendah pada seorang wanita. Selain itu hasil penelitian yang dilakukan pada tikus, dimana isoflavon dapat membantu untuk mengurangi efek negatif akibat peradangan pada tulang serta kesehatan jantung.

6. Susu rendah lemak
Pada produk susu kadang menganggap jenis makanan yang dapat memicu penyakit inflamasi misalnya rheumatoid arthritis, sebab pada beberapa orang akan mempunyai alergi atau disebut dengan intoleransi pada kasein dan protein dalam susu. Namun untuk orang yang dapat mentolerir, susu dan yogurt dapat menjadi sumber penting untukmengurangi kondisi peradangan pada usus.

7. Peppers
Perlu diketahui bahwa kentang putih ataupun jagung, paprika yang berwarna – warni, labu, tomat, serta sayuran berdaun mempunyai jumlah tinggi vitamin sebagai antioksidan serta dapat memperbaiki kondisi inflamasi atau peradangan.8. Tomat
Tomat dan jenis sayuran nightshade yang lain, bisa membantu untuk mengurangi kondisi peradangan. Jenis tomat merah yang berair, yang kaya likopen, sudah terbukti untuk mengurangi peradangan pada paru-paru serta seluruh bagian tubuh. Tomat yang sudah matang memiliki kandungan yang lebih lycopene.

9. Buah bit
Perlu diketahui bahwa umbi yang berwarna merah ungu memiliki kandungan antioksidan serta dapat menyembuhkan kondisi peradangan. Selain itu Buah bit juga dapat membantu untuk melindungi tubuh dari adanya sel kanker serta penyakit jantung. Banyak sekali kandungan vitamin A serta vitamin C yang terdapat dalam buah bit dan juga serat yang dapat menurunkan kolesterol.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates