Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Gusi Menghitam

Ketahui Penyebab Gusi Menghitam

Ketahui Penyebab Gusi Menghitam

Ketahui Penyebab Gusi Menghitam

Ketahui Penyebab Gusi Menghitam

Ketahui Penyebab Gusi Menghitam – Gusi atau istilah lainya yaitu gingiva merupakan bagian yang menutupi serta terletak ke bagian tulang rahang dengan bantuan serat halus yang disebut serat periodontal. Kesehatan gusi merupakan bagian dari kesehatan mulut. Gusi yang sehat akan menunjukan warna merah muda. Warna merah muda pada gusi akan tampak enak dipandang dibandingkan warna gusi yang hitam. Gusi dapat dibagi menjadi 3 bagian yakni gusi tepi, gusi cekat dan gusi interdental.

Beberapa orang merasa tidak percaya diri dengan kondisi gusi hitam. untuk mencegah gusi menjadi hitam, perlu diketahui factor penyebab yang dapat menyebabkan gusi menjadi menghitam, diantaranya:

1.    Kebiasaan Merokok
Akibat kebiasaan merokok, selain dapat menyebabkan berbagai macam penyakit khususnya pada organ paru – paru, kebiasaan merokok juga akan merubah bagian fisik seseorang salah satunya menyebabkan gusi menjadi hitam.  Gusi yang menghitam bisa terjadi akibat kebiasaan merokok, apalagi kebiasaan merokok dengan frekuensi yang sering serta sangat lama. Seseorang dengan kebiasaan merokok gusinya akan tampak kelihatan lebih gelap akibat adanya zat – zat kimia yang terkandung dalam rokok.

2.    Bahan Metal pada Tambalan Gigi
Dokter gigi akan melakukan bahan untuk tambal gigi misalnya merkuri, silver, arsen serta bismuth. Bahan tersebut akan membuat warna pada gusi yang normalnya berwarna merah mudah maka dapat mengalami perubahan yang menjadi lebih gelap. Bahkan pada jaringan lunak di sekelilingnya juga akan turut berubah.

3.    Faktor Sistemik
Terdapat banyak jenis penyakit sistemik yang bisa menjadi pemicu berubahnya warna gusi. Gusi dapat menjadi berwarna hitam karena penyakit sistemik dimana terjadi pigmentasi oleh adanya melanin, zat besi ataupun bilirubin yang bisa mempengaruhinya. Sifat dari pigmentasi karena melanin sebetulnya merupakan fisiologis ataupun hal yang termasuk wajar. Adapun penyakit yang dapat menaikkan resiko pigmentasi melanin diantaranya:

a.    Penyakit von Recklinghausen atau disebut dengan neurofibromatosis dan sindrom Albright atau disebut juga polyostotic fibrous dysplasia merupakan faktor penyebab yang dapat mengakibatkan mulut mengalami pigmentasi melanin.

b.    Sindrom Peutz- Jeghers merupakan jenis penyakit atau kondisi yang dapat menjadi faktor penyebab terjadinya pigmentasi melanin pada bagian mukosa mulut dan juga bibir.

c.    Penyakit Addison adalah jenis penyakit yang dapat terjadi akibat disfungsi kelenjar adrenal. Warna pada gusi akibat penyakit Addison sangat beragam sebab gusi dapat timbul warna antara warna biru yang agak hitam hingga menimbulkan warna kecoklatan.

4.    Obat-obat Tertentu
Setiap obat memiliki efek samping yang berbeda- beda, terdapat obat yang memiliki efek samping berubahnya warna pada gusi. Selain itu konsumsi obat tertentu dapat berbahaya bagi organ bagian dalam tubuh, pada bagian gusi juga akan terancam. Obat- obat yang dimaksud tersebut yaitu agen antimalaria, obat antidepresan trisiklik, serta uga minocycline; obat ketiganya jika dikonsumsi bisa membuat gusi akan berubah warna yang menjadi lebih gelap ataupun menghitam.

5.    Peradangan pada Mulut
Kondisi radang mulut, selain berdampak pada bau mulut, biasanya bagian gusi juga dapat berubah warna. Akan tetapi, jika ada penyakit gusi yang mengakibatkan perdarahan di dalamnya, lalu terdapat peradangan serta mengalami kemerahan, segeralah kunjungi dokter gigi sebab semuanya dapat membuat gusi menjadi berwarna gelap.

6.    Kurang Menjaga Kebersihan Mulut
Pigmentasi ataupun perubahan warna yang terjadi pada gusi yaitu akan menjadi hitam akibat kurang menjaga kondisi kebersihan mulut. Dengan demikian bersihkan mulut secara rutin agar tetap dalam kondisi sehat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates