Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyembuhan Penyakit Hepatitis dengan Mengonsumsi Temulawak

Penyembuhan Penyakit Hepatitis dengan Mengonsumsi Temulawak

Penyembuhan Penyakit Hepatitis dengan Mengonsumsi Temulawak

Penyembuhan Penyakit Hepatitis dengan Mengonsumsi Temulawak

Penyembuhan Penyakit Hepatitis dengan Mengonsumsi Temulawak

Penyembuhan Penyakit Hepatitis dengan Mengonsumsi Temulawak – Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza sudah turun – temurun dan terdapat di Indonesia serta dikenal manfaatnya bagi kesehatan organ hati. Walaupun demikian, tidak seluruh penyakit gangguan hati dapat diatasi dengan bahan kurkumin yang terdapat di dalam akar rimpang ini.

Hepatitis merupakan penyakit peradangan pada organ hati dikarenakan toxin atau racun, seperti kimia atau obat ataupun agen yang menyebabkan infeksi. Hepatitis yang berlangsung selama kurang dari 6 bulan disebut juga hepatitis akut, dan hepatitis yang berlangsung selama lebih dari 6 bulan disebut juga dengan hepatitis kronis. Hepatitis biasanya terjadi oleh karena virus, terutama salah satu dari kelima virus hepatitis yang ada di dunia, yakni hepatitis A, B, C, D atau E. Hepatitis juga dapat terjadi karena infeksi virus yang lainnya, seperti demam kuning, mononukleosis infeksiosa, serta infeksi sitomegalovirus. Penyebab hepatitis non – virus yang utama ialah alkohol serta obat-obatan.

Guna mengatasi penyakit hepatitis yang diakibatkan oleh virus, tentu saja virus awalnya yang perlu untuk dihilangkan. Sedangkan manfaat temulawak hanya untuk memberikan efek proteksi bagi tubuh. Walaupun begitu, mengonsumsi temulawak bagi pasien hepatitis tetap dapat memberikan manfaat yang sangat baik. Sebab efek proteksi yang terdapat pada temulawak, temulawak dapat membantu memperlambat dan bahkan bisa menghentikan proses perkembangan dari penyakit hepatitis.

Temulawak bisa Membantu Penyembuhan Penyakit Hepatitis
Menurut catatan di dalam dunia kedokteran, penyakit hepatitis yang paling sering diderita oleh manusia ialah penyakit hepatitis B. Diperkirakan sekitar 350 juta manusia di bumi hidup dengan menderita virus hepatitis B. Virus ini juga sudah menyebabkan kematian sedikitnya pada 600.000 orang setiap tahunnya.

Namun meskipun demikian, keganasan dari penyakit hepatitis bukan berarti tidak dapat dilenyapkan sama sekali. Disamping bisa diobati dengan menggunakan obat – obatan kimia, penyakit hepatitis pun dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi temulawak secara rutin. Temulawak telah diuji secara klinis bisa mampu untuk mengatasi penyakit hepatitis sebab kandungan zat yang terdapat di dalamnya bersifat dapat mencegah penyakit liver ataupun penyakit hati.

Dalam temulawak di perkaya zat yang berguna bagi tubuh seperti kurkumin yang mempunyai khasiat alami sebagai anti inflamasi atau anti radang serta anti hepatotoksik yang sangat berguna dalam melindungi kesehatan hati atau liver. Sebagai obat untuk penyakit hepatitis, temulawak tergolong jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan obat – obatan kimia sebab tidak menimbulkan efek samping yang berarti, dalam uji klinis temulawak ini aman untuk di konsumsi manusia, sehingga amat cocok untuk dimanfaatkan oleh para penderita gangguan hati, hepatitis atau liver sebagai obat herbal bagi liver.

Cara Konsumsi Temulawak bagi Penderita Hepatitis
• Kupas serta bersihkan rimang temulawak hingga bersih
• Potong tipis – tipis serta keringkan dengan cara di jemur
• Jika rimpang temulawak sudah kering, kemudian rebuslah hingga mendidih
• Bagi anda yang tidak suka rasa pahit dari temulawak, anda bisa menambahkan gula secukupnya
• Sesudah rebusan mendidih, tiriskan air rebusan
• Minumlah rebusan temulawak ini secara teratur.

Manfaaat Lain dari konsumsi Temulawak
Disamping untuk mengobati penyakit hepatitis, temulawak juga mempunyai segudang manfaat lain seperti dapat mengatasi radang kandung empedu, meningkatkan produksi cairan empedu, mengatasi radang lambung serta gangguan ginjal. Disamping itu, temulawak pun bermanfaat dalam menurunkan kolesterol yang tinggi, kurang darah, melancarkan peredaran darah, nyeri sendi serta encok, mencegah stroke, peluruh haid, keputihan, menambah nafsu makan, mengatasi ambeien, radang tenggorokan, radang saluran nafas, radang kulit, batuk, asma, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pemanfaatan dari Temulawak, disamping bisa dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa penyakit hati seperti hepatitis, temulawak juga bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi beberapa keluhan kesehatan yang lain. Namun bagi anda yang memiliki penyakit pada organ hati, alangkah lebih baik jika anda selalu berkonsultasi dengan dokter ahli penyakit dalam agar penyakit anda dapat terkontrol oleh dokter. Terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates