Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Retina Mata Sobek Ketika Persalinan, Bagaimana cara Mencegahnya?

Retina Mata Sobek Ketika Persalinan, Bagaimana cara Mencegahnya?

Retina Mata Sobek Ketika Persalinan, Bagaimana cara Mencegahnya?

Retina Mata Sobek Ketika Persalinan, Bagaimana cara Mencegahnya?

Retina Mata Sobek Ketika Persalinan, Bagaimana cara Mencegahnya?

Retina Mata Sobek Ketika Persalinan, Bagaimana cara Mencegahnya? – Memasuki usia kehamilan di trimester ketiga merupakan perasaan yang sangat menggembirakan sebab persalinan ialah proses yang sangat dinanti – nantikan oleh ibu hamil. Tahukah anda saat masa persalinan, anda tidak hanya mempersiapkan diri untuk hanya menjadi ibu baru saja, namun persiapan yang lainnya guna mencegah terjadi pengaruh buruk dari proses persalinan, salah satunya adalah persalinan bisa menyebabkan terjadinya luka yang serius pada bagian mata yang dikenal dengan sebutan retina mata yang sobek atau ablasio retina. Walaupun hanya terjadi pada sebagian kecil perempuan, namun ada baiknya jika anda mengetahui faktor resiko, cara mengatasinya serta cara dalam menanggulanginya.

Sobeknya retina mata atau Ablasio retina saat persalinan dapat terjadi pada perempuan dengan kondisi kesehatan yang mempunyai kelainan pada bagian matanya terutama rabun jauh yang berkisar antara minus 4 hingga 7 sedangkan bagi wanita yang memiliki minus 7 jarang sekali ditemui kasus yang mengalami terjadinya ablasio retina atau sobeknya retina mata. Pada wanita yang keluarganya memiliki riwayat mengalami retina sobek kemungkinan 2 x lebih tinggi untuk mengalaminya, disamping itu ibu yang akan menghadapi proses persalinan yang pernah mengalami retina mata sobek pada persalinan sebelumnya kemungkinan terjadi pada persalinan selanjutnya. Namun anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kondisi ini dikarenakan resiko ini hanya akan terjadi pada jenis mata yang mempunyai kelainan seperti terjadinya katarak, cairan bola mata yang merembes, serta gangguan pada retina. Untuk selanjutnya resiko yang paling tinggi ialah wanita yang mempunyai trauma serta benturan keras pada mata, mempunyai tekanan pada bola mata serta hal – hal yang membuat sering mengejan saat kesulitan buang air besar.

Penderita yang mempunyai gangguan kesehatan pada retina mata kerap kali tidak menyadari bahkan masih menganggap bahwa kondisi kesehatannya baik – baik saja. Guna mengetahui gejala yang mungkin saja terjadi ialah dengan senantiasa melihat tanda – tanda yang mungkin bisa memperbesar resiko gangguan pada mata ini. Adapun gejala – gejala yang mungkin dapat terjadi pada retina mata yang sobek, lepas ataupun terkelupas ialah terjadinya peningkatan benda – benda kecil yang mengambang pada mata, bisa berupa organel / bagian sel atapunu serpihan jaringan. Pandangan mata anda akan terganggu dengan akan munculnya pijar cahaya seketika di dalam ruangan. Lalu anda seakan – akan mengalami penglihatan yang buram dan kabur. Terakhir, pada kondisi tertentu kerap kali mengalami kebutaan pandangan pada salah satu bola mata. Gejala ini memang bisa dirasakan sebelum kehamilan ataupun pada masa kehamilan. Hal terpenting ialah penanganan secara dini supaya tidak mengalami retina lepas sebab terlepas retina kemungkinan terjadi setengah / seluruhnya sehingga beresiko untuk mengalami kebutaan.
Bagi anda yang memiliki resiko tinggi untuk mengalami retina mata terlepas ketika bersalin, sebaiknya anda melakukan pencegahan serta penanggulangan seperti berikut ini :
a. Usahakan untuk tidak terlalu mengejan ketika sedang BAB, sehingga di anjurkan bagi anda untuk banyak mengkonsumsi serat yang terdapat pada buah serta sayuran.
b. Hindari untuk mengangkat barang ataupun benda yang sangat berat sehingga membuat anda harus mengejan.
c. Sebelum proses persalinan berlangsung alangkah lebih baik jika anda mendiskusikan dengan dokter mata serta dokter kandungan sehingga bisa memilih cara persalinan yang aman bagi gangguan mata anda.
d. Jika sudah terjadi penipisan pada mata sebelum persalinan, anda bisa melakukan pelekatan kembali dengan menggunakan laser jauh – jauh hari sebelum persalinan.
e. Pertimbangkan metode persalinan yang anda pilih, jika mengalami cekungan, penipisan serta pendataran maka perlu diupayakan untuk menggunakan metode operasi caesar.
f. Jika terjadinya ablatio retina ketika persalinan, hal ini harus segera dilekatkan kembali.
g. Jika kondisi kesehatan anda memungkinkan untuk dilakukan persalinan alami dengan menggunakan bantuan vakum sehingga mengejan pada ibu hamil lebih kecil disbanding pada persalinan normal lainnya.
Demikian penjelasan mengenai cara mencegah terjadinya sobek pada retina mata atau ablatio retina ketika proses persalinan. Semoga bermanfaat.

About seli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates