Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Khasiat Jamur Enokitake untuk Kesehatan Tubuh

Seputar Khasiat Jamur Enokitake untuk Kesehatan Tubuh

Seputar Khasiat Jamur Enokitake untuk Kesehatan Tubuh

Seputar Khasiat Jamur Enokitake untuk Kesehatan Tubuh

Seputar Khasiat Jamur Enokitake untuk Kesehatan Tubuh

Seputar Khasiat Jamur Enokitake untuk Kesehatan Tubuh – Jamur enokitake disebut dengan jamur tauge yang memiliki bentuk yang panjang serta kurus seperti halnya tauge. Jamur enokitake juga disebut dengan jamur jarum emas serta jamur musim dingin. Jamur enokitake akan tumbuh secara liar yang bentuknya lebih pendek serta gemuk, yang bertudung besar, dan memiliki warna coklat atau pink. Jamur enokitake habitatnya di daerah dingin serta beriklim sejuk. Jamur enokitake ini aman jika dikonsumsi bahkan memiliki kandungan yang dapat berguna untuk kesehatan tubuh. Sebab jamur enokitake memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi yaitu vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, mineral, protein, serat, dan antioksidan. Diantara kandungan tersebut sehingga jamur enokitake dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Mencegah sembelit
Agar dapat mencegah sembelit, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi serat. Jamur enokitake dapat dikonsumsi sebagai alternatif untuk memenuhi asupan serat. Selain dengan rasanya yang nikmat, jamur enokitake juga kaya dengan kandungan serat dengan demikian sangat baik dalam mencegah sembelit.

2. Melancarkan pencernaan
Serat yang terdapat dalam jamur enokitake ini sangat baik dalam melancarkan proses pencernaan dengan demikian sari -sari makanan bisa diserap secara baik serta proses pembuangan dari sisa makanan juga menjadi berjalan lancar.

3. Menurunkan berat badan
Jamur enokitake mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah yakni sekitar 20 kkal di dalam semangkuk jamur enokitake yang masih mentah dengan demikian sangat cocok untuk yang sedang melakukan program diet. Selain itu kandungan serat dalam jamur enokitake akan membuat perut terasa kenyang yang lebih lama dengan demikian bisa mencegah untuk makan berlebihan.

4. Menurunkan tekanan darah
Manfaat lain dari jamur enokitake juga dapat menurunkan tekanan darah. Hal tersebut sangat baik dalam menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh sehingga mencegah hipertensi.

5. Menurunkan kadar kolesterol
Tidak hanya untuk menurunkan tekanan darah, dengan mengkonsumsi jamur enokitake juga dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Walaupun kolesterol diperlukan oleh tubuh akan tetapi dengan kadarnya yang terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya misalnya penyakit stroke.

6. Dapat mencegah kanker dan tumor
Kandungan yang terdapat dalam jamur enokitake juga bisa berguna dalam mencegah penyakit kanker serta tumor. Adapun kandungan senyawa flammulin yang terdapat dalam jamur enokitake bisa membantu untuk mencegah berkembangnya sel- sel kanker serta tumor di dalam tubuh.

7. Mencegah penyumbatan pembuluh darah
Apabila pembuluh darah mengalami penyumbatan dapat dipastikan bahwa aliran darah tidak lancar dengan demikian dapat menyebabkan timbulnya banyak gangguan di dalam tubuh. Agar dapat mencegah kondisi tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jamur enokitake.

8. Mengurangi rasa lelah
Kesibukan serta kepadatan dalam menjalakan aktivitas sehari-hari bisa memicu terjadinya rasa lelah. Rasa lelah tersebut apabila dibiarkan bisa membuat tidak bersemangat serta tidak berstamina dalam beraktivitas untuk esok harinya. Selain dengan istirahat yang cukup dibutuhkan juga asupan makanan yang bergizi misalnya pada jamur enokitake ini.

9. Memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh tentunya harus dijaga sebab apabila sistem kekebalan tubuh menurun akan rentan sebab kandungan dalam jamur ini dapat memperbaiki serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Memperbaiki metabolisme tubuh
Kondisi metabolisme tubuh yang kurang baik bisa menyebabkan terganggunya berbagai proses yang penting di dalam tubuh. Dengan demikian agar dapat menjaga kelancaran metabolisme tubuh yakni dapat mengkonsumsi makanan misalnya jamur enokitake ini.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates