Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyebab Dysuria

Seputar Penyebab Dysuria

Seputar Penyebab Dysuria

Seputar Penyebab Dysuria

Seputar Penyebab Dysuria

Seputar Penyebab Dysuria – Buang air kecil adalah proses sekresi atau terjadinya pengeluaran cairan sebagai sisa pencernaan serta sisa metabolisme tubuh dengan bentuk urin. Proses tersebut merupakan salah satu tanda ataupun sebagai siklus pencernaan yang dapat terjadi di dalam tubuh yang berjalan secara normal. Biasanya hal tersebut bisa dikatakan normal pada saat buang air kecil tiga sampai empat kali dalam satu hari dengan volume urin yang sedang serta berwarna bening sampai kuning.

Akan tetapi pada kondisi tertentu, dapat timbul tanda – tanda yang abnormal pada suatu siklus pencernaan. Hal tersebut bisa dilihat serta dapat dirasakan dengan kasat mata, misalnya pada saat mengalami dehidrasi. Dimana ketika mengalami dehidrasi, dengan demikian urin dapat mengeluarkan tanda, yakni berwarna kuning pekat ataupun berwarna kuning kecoklatan.

Selain tanda tersebut terdapat beberapa tanda yang lain yakni rasa sakit atau terasa perih pada saat buang air kecil, keluarnya darah ketika buang air kecil, serta sulit untuk melakukan buang air kecil.
Rasa sakit pada saat buang air kecil atau disebut dengan dysuria bisa terjadi karena banyak hal. Berikut merupakan faktor – faktor yang bisa mempengaruhi dysuria diantaranya:

1.    Batu Ginjal
Batu ginjal adalah suatu proses pengkristalan serta pengerasan yang dapat terjadi di bagian ginjal. Proses pengerasan tersebut yang diistilahkan dengan batu yang dapat menghambat aliran dari hasil sekresi untuk di buang. Selain itu juga, batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit pada saat akan buang air kecil ataupun buang air besar.

2.    Sering menahan buang air kecil
Rasa sakit pada saat buang air kecil merupakan akibat kebiasaan dalam menahan buang air kecil. Kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan menumpuknya urin pada organ ginjal serta kandung kemih.

3.    Infeksi saluran kencing
Salah satu faktor yang dapat mengakibatkan timbulnya rasa sakit pada saat buang air kecil yaitu infeksi di bagian saluran kencing. Saluran kencing adalah saluran yang dapat dilewati urin apabila sudah diproduksi dalam organ ginjal serta kandung kemih.

4.    Asupan serat yang kurang
Serat merupakan nutrisi yang sangat bagus dalam melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Asupan serat yang cukup, maka tubuh dapat melakukan proses pencernaan serta pengeluaran secara lancar dan juga baik. Akan tetapi, pada saat serat asupannya tidak cukup, sehingga menyebabkan siklus pencernaan mengalami rasa nyeri ketika buang air kecil, serta akan kesulitan dalam buang air besar.

5.    Infeksi kandung kemih
Sama halnya seperti kondisi infeksi saluran kencing, infeksi dalam kandung kemih juga dapat menyebabkan rasa sakit pada saat buang air kecil. Terkadang kondisi infeksi kandung kemih dapat menyebabkan keluarnya darah yang bersamaan dengan urin. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh :
a.    Sering menahan buang air kecil
b.    Adanya bakteri yang menumpuk dan menginfeksi
c.    Kurangnya asupan serat
d.    Cukup minum air putih
e.    Gejala – gejala kanker

6.    Masalah Prostat (pria)
Prostat merupakan penyebab sakit pada saat buang air kecil akibat penyempitan sebagai penyebab penyakit tumor yang terjadi pada prostat. adapun ciri ciri lain pada saat mengalami kanker prostat, diantaranya:
a.    Sakit pada saat buang air kecil
b.    Susah serta kesulitan buang air kecil
c.    Keluar darah pada saat buang air kecil
d.    Sulit ereksi
e.    Urin yang keluar hanya sedikit
f.    Walau sudah kebelet akan tetapi yang keluar hanya beberapa tetes.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates