Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Seputar Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Seputar Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Seputar Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Seputar Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Seputar Penyebab Kulit Wajah Berminyak – Kulit berminyak merupakan suatu keadaan yang dapat diakibatkan oleh kelenjar sebaceous over-aktif, dengan demikian dapat menghasilkan suatu zat yang disebut dengan sebum. Pada saat kulit memproduksi sebum secara berlebihan, maka akan akan menjadi berat serta tebal pada tekstur kulit. Kulit yang berminyak dapat ditandai dengan adanya kilauan, noda serta jerawat. Jenis kulit yang berminyak tidak selalu kondisi yang buruk, sebab kulit akan kurang rentan terhadap adanya kerutan, ataupun tanda- tanda terjadiya penuaan, selain itu juga karena minyak dapat membantu untuk menjaga kelembaban yang diperlukan ke dalam epidermis atau bagian lapisan terluar pada kulit.Dampak negatif akibat kulit berminyak yaitu akan sangat rentan dimana pori-pori akan mengalami penyumbatan, tumbuh komedo, serta penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Kulit yang berminyak bisa menjadi kusam serta bertekstur kasar, dengan pori-pori akan tampak jelas dan besar.

Berikut merupakan penyebab umum terjadinya kulit berminyak diantaranya:
1. Genetik atau Keturunan
Keturunan menjadi faktor penyebab kulit wajah menjadi berminyak. Setiap wanita akan lahir bersama gen yang berbeda – beda tanpa dapat memilih. Jumlah kelenjar minyak serta tingkat produktivitasnya merupakan sesuatu hal yang rumit, yang bersifat spesifik serta akan berbeda -beda untuk setiap wanita. Sehingga, pada dasarnya keadaan kulit akan bergantung dengan faktor genetis.

2. Penggunaan produk-produk astringents, sabun keras, dan alkohol
Akibat penggunaan produk tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering serta dapat mengiritasi kulit. Terdapat bukti yang ilmiah dimana akibat penggunaan produk tersebut dapat mengiritasi kulit, serta bisa menyebabkan jerawat.

3. Terlalu sering membersihkan wajah
Akibat terlalu sering untuk membersihkan wajah merupakan salah satu kebiasaan yang rawan untuk timbul jerawat. Membersihkan wajah yang terlalu sering menyebabkan wajah kekeringan secara berlebihan serta dapat mengiritasi, dimana keduanya dapat meningkatkan gejala jerawat. Pada saat wajah sedang dibersihkan, maka kelenjar minyak akan memproduksi minyak untuk menyeimbangkan tekstur pada kulit yang akan menjadi kering pada saat dibersihkan. Mencuci wajah secara benar yang hanya 2 kali dalam satu hari.

4. Hormon
Faktor penyebab kulit wajah menjadi berminyak yaitu akibat seorang wanita sedang ada dalam siklus menstruasi, dimana kondisi tersebut akan mempengaruhi kondisi kulit. Pada siklus hormon bulanan tersebut dapat mengalami fluktuasi dari setiap minggu ke minggu, serta dapat meningkatkan aktivitas dalam produksi minyak di kulit wajah serta kulit kepala.

5. Penggunaan Makeup
Makeup merupakan alat yang dapat menutupi jerawat, serta kondisi kulit berminyak. Akan tetapi pada saat memilih kosmetik, gunakanlah kosmetik yang bebas minyak serta non-comedogenic, ataupun produk kosmetik yang tidak dapat menimbulkan jerawat.  Pada saat menghapus makeup, gunakanlah toner yang berkualitas agar dapat menghapus sisa kosmetik pada wajah.

6. Konsumsi makanan berminyak
Jenis makanan dengan pengolahannya yang di goreng, dapat memicu wajah menjadi berminyak. Dimana jenis makanan yang digoreng memiliki kandungan minyak tidak jenuh yang akan berdampak langsung pada kulit wajah. Akan tetapi selain itu makanan dengan kandungan susu juga bisa mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada pori – pori akibat adanya minyak.

7. Lingkungan Hidup
Akibat kondisi kelembaban yang berlebih dapat menyebabkan kulit menjadi berkeringat serta menyebabkan wajah berminyak. Pastikanlah agar tetap membersihkan wajah untuk mencegah jerawat dan wajah berminyak.

8. Pola Makan Tidak Sehat
Jenis asupan makanan yang biasa dikonsumsi akan memberikan nutrisi kepada organ tubuh. Namun apabila pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi makanan dengan glikemik tinggi bisa mengakibatkan produksi sebum yang terlalu aktif.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates