Thursday , 25 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Tips Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Tips Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Tips Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Tips Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Tips Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi – Membersihkan gigi yang menggunakan benang tentunya bukan suatu hal yang asing, istilah lainnya yaitu dental flossing. Akan tetapi mungkin masih terdapat sebagian orang yang tidak terlalu mengetahuinya sebab lebih mengandalkan alat tusuk gigi. Dengan menggunakan tusuk gigi bukanlah alat yang tidak dianjurkan untuk membersihkan gigi, namun selain dengan tusuk gigi dapat juga menggunakan benang gigi. Berikut merupakan tips untuk membersihkan gigi dengan benang gigi, diantaranya:

1.    Memilih Benang Paling Nyaman dan Tepat
terdapat banyak pilihan benang gigi sehingga dapat memilih benang yang paling nyaman serta tepat, baik yang ada rasanya maupun jenis dimana lilin sebagai pelapisnya. Biasanya untuk jenis benang yang terdapat lapisan lilinnya dapat lebih mudah untuk mengeser antara sela giginya. akan tetapi tape floss ataupun benang gigi plester merupakan pilihan yang terbaik untuk gigi dengan jarak yang cukup lebar.

2.    Membersihkan Gigi dengan Benang sebelum Menyikat Gigi
Lakukan untuk membersihkan gigi dengan benang sebelum menyikat gigi. Perlu diketahui bahwa penggunaan benang gigi yang sebelum menyikat gigi kemungkinan menyebabkan pasta gigi akan tertinggal di gusi.

3.    Melilitkan Sebagian Besar Benang pada Telunjuk Tangan Lebih Dulu
Pada awal pemakaian, maka dapat menarik sekitar 45 cm dari benang gigi serta mulailah dengan telunjuk tangan atau kedua jari telunjuk lakukan secara ketat. Dengan cara tersebut, maka pasti dapat membersihkan gigi dengan menyeluruh dalam satu waktu tanpa menggunakan benang baru.

4.    Memegang Benang Gigi dengan Jari Telunjuk dan Ibu Jari
Untuk memegang benang gigi, pegang dengan erat yang menggunakan ibu jari serta telunjuk. Sisakan sekitar 8 sampai 9 cm untuk benang sebab pada bagian tersebutlah yang di gunakan dalam membersihkan gigi. Apabila benang sudah dililitkan di sekeliling ke dua jari telunjuk, maka bisa menariknya dengan menggunakan jempol dan telunjuk dimana fungsi jempol merupakan sebagai pembersih gigi di bagian atas serta jari telunjuk dapat berperan untuk membersihkan gigi bawah.

5.    Menggeser Benang Gigi secara Perlahan
Tidak masalah untuk memulai dari gigi mana dapat mengawalinya. Yang terpenting yaitu dapat membersihkan bagian seluruh gigi serta waktu penggeseran benang yang dilakukan tidak dengan kasar. Lakukan secara perlahan di bagian sela – sela gigi dan garis gusi serta jangan terlalu kuat pada saat mengarah ke gusi.

6.    Menggunakan Pola Huruf C
Pada saat menggunakan benang gigi serta ketika menggesekkan gigi, jangan lupa dengan menggunakan pola huruf C pada saat mengenai gusi. Gerakan yang dilakukan harus lembut serta pelan – pelan pada saat naik serta turun saat membersihkan area tersebut. Benang yang sudah masuk ke bagian sela – sela gigi dapat dengan membelokkan ke se keliling tulang gigi.

7.    Membersihkan Gerahan Belakang Bagian Belakang
Sakit gigi serta jenis penyakit gusi bisa dialami pada gigi belakang. hal tersebut mungkin karena bagian gigi belakang sulit dibersihkan, akan tetapi pada bagian belakang geraham harus tetap dibersihkan. agar dapat membersihkan pada bagian tersebut, maka benang gigi bisa di geser secara perlahan ke bagian sela-sela gusi serta gigi geraham belakang dengan berhati-hati.

8.     Berkumur sesudah Membersihkan Gigi dengan Benang
Apabila setelah membersihkan gigi dengan benang gigi, gunakanlah obat kumur agar dapat mengumuri seluruh bagian dalam mulut. Bila tidak terdapat obat kumur dapat menggunakan air biasa, yang tujuannya yaitu agar sisa kotoran yang akan lepas dari gusi dapat benar – benar hilang. Dengan demikian kondisi mulut akan lebih bersih serta terasa begitu segar.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates