Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » 5 Alasan Tak Perlu Simpan Telur di Kulkas

5 Alasan Tak Perlu Simpan Telur di Kulkas

5 Alasan Tak Perlu Simpan Telur di Kulkas

5 Alasan Tak Perlu Simpan Telur di Kulkas

5 Alasan Tak Perlu Simpan Telur di Kulkas

5 Alasan Tak Perlu Simpan Telur di Kulkas – Bagi sebagian orang menyimpan telur di dalam kulkas adalah hal yang sudah biasa dilakukan, bahkan di dalam kulkas terdapat tempat khusus penyimpanan telur. Kebiasaan menyimpan telur di kulkas ini ternyata tidak membantu mencegah kontaminasi bakteri dan keawetannya. Sebuah studi baru yang dilansir dari Onlymyhealth, mengklaim, menyimpan telur ayam di kulkas justru tidak sehat.

Benarkah?Mengapa demikian ? menurut sebagian ilmuwan ternyata telur yang di taruh di dalam kulkas dapat menimbulkan dampak buruk bagi orang yang mengkonsumsinya, dilihat dari segi reaksi telur yang berada di dalam kulkas dan di luar kulkas, kemudian di lihat dari segi rasa telur yang sudah di taruh di dalam kulkas ketika akan diolah menjadi sebuah makanan.

Seperti dikutip dari DailyMail, beberapa kelebihan saat menyimpan telur di dalam kulkas yaitu :
•   Usia telur lebih panjang
•   Agar bakteri salmonella tidak memperbanyak diri
•   Telur tidak mudah busuk
•   Selalu segar dan siap dimasak

Namun ada pula kekurangannya, sebagai berikut:
•   Telur yang disimpan di kulkas, kualitasnya menurun. Karena bisa saja bagian kuning dan putihnya tercampur     karena pintu lemari es seringkali dibuka tutup.
•   Suhu telur yang disimpan di dalam kulkas biasanya dingin dan tidak bisa dipakai langsung dalam membuat kue. Pada beberapa resep, ia akan malah merusak resepnya.
•   Rasanya sedikit berubah dan tidak sama lagi.
Sebelum mengeluarkan seluruh telur yang anda miliki di dalam kulkas Anda, berikut ini ada beberapa alasan untuk tidak menyimpan telur di dalam kulkas atau sebaiknya simpan telur di luar pendingin yaitu :

1.  Suhu kamar lebih baik
Menyimpan telur di luar kulkas dapat mencegah resiko keracunan makanan lain. Karena dengan memasukkan telur ke dalam kulkas, bakteri yang menempel di kulit telur bisa menyebar ke makanan lain yandg berada di dalam kulkas.

2.  Telur tidak akan membusuk
Telur yang disimpan di suhu kamar lebih lama membusuk dibandingkan dengan yang disimpan dalam kulkas. Oleh karena itu seharusnya telur yang sudah tidak baik untuk diolah malahan menjadi sangat awet ketika di simpan di kulkas.

3.  Bakteri pada cangkang
Menyimpan telur dalam kulkas kemudian meninggalkannya di suhu kamar bisa menyebabkan kondensasi. Hal ini dapat mengakibatkan pertumbuhan bakteri pada cangkang telur yang masuk ke telur juga.

4.  Telur memiliki kutikula
Anda tidak perlu menyimpan telur di kulkas untuk menjaga kesegarannya, karena telur memiliki kutikula yang memastikan telur tetap segar.

5.  Terinfeksi
Jika Anda menduga telur bisa terinfeksi salmonella, menyimpannya di dalam kulkas dengan telur lainnya malah dapat membuat telur lain ikut tercemar.
Meski telur bisa disimpan tanpa kulkas selama 7-10 hari, namun yang terbaik tentu mengonsumsinya secara segar dalam beberapa hari.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates