Saturday , 22 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bahaya Menggendong Tas Terlalu Berat

Bahaya Menggendong Tas Terlalu Berat

Bahaya Menggendong Tas Terlalu Berat

Bahaya Menggendong Tas Terlalu Berat

Bahaya Menggendong Tas Terlalu Berat

Bahaya Menggendong Tas Terlalu Berat – Menggendong tas ransel yang terlalu berat tak bagus bagi kesehatan anak, ujar para ilmuwan dari Spanyol. Mereka menemukan, hal ini dapat memberikan tekanan besar pada tulang belakang dan punggung yang menyebabkan sakit punggung.

Untuk mendapatkan temuan itu, peneliti memeriksa 78 anak-anak sekolah, 43 orang di antaranya adalah anak perempuan di kawasan Granada, Spanyol. Mereka lalu menguji persentase lemak para partisipan dan massa otot mereka.

Beberapa peneliti memeriksa berat tas sekolah partisipan untuk mengetahui hubungannya dengan berat badan mereka. Studi menemukan, satu dari empat anak perempuan membawa beban lebih dari 20% dari berat badannya dalam tas sekolah mereka.

“kira-kira hampir sekitar 23% anak-anak perempuan membawa tas yang beratnya lebih 20% dari berat badan mereka, dan jauh sekali dari berat yang dianjurkan,” ujar Eva Orantes, penulis utama studi dari University of Granada. Selain itu, hampir setengah dari anak-anak membawa tas dengan berat yang melebihi rekomendasi yang seharusnya di bawa atau digendong oleh mereka.

Peneliti memberika anjuran agar anak-anak menggunakan jenis tas yang beroda (troli) atau wheelie ketimbang ransel untuk meminimalisir sakit punggung akibat membawa beban yang lebih berat, karena bisa melindungi punggung. 97% anak-anak yang menjadi partisipan studi mengakui lebih mungkin merasa lelah ketika mengenakan tas ransel dan lebih mungkin untuk menderita sakit punggung karena beban yang meraka bawa.
“Mengingat hasil studi ini, kami dapat mengatakan bahwa menarik troli, asalkan berada dalam beban rekomendasi yakni 10-15 persen dari berat badan anak, lebih bermanfaat daripada menggunakan ransel dengan berat yang sama,” tutur Orantes seperti dilansir the Sun.
Cara terbaik untuk menghindari menggendong tas yang lebih berat ini adalah memilih tas yang tepat. Berikut panduannya :

1.    Ukuran
Pilihlah tas yang mempunyai ukuran sesuai dengan tipe tubuh Anda. Jika Anda pendek dan langsing, sebaiknya hindari membawa tas yang besar dan berat.

2.    Berat
Berat tas sebenarnya tidak melebihi 10% dari berat tubuh. Lebih dari itu sama saja dengan memberi beban terlalu besar pada punggung, leher dan otot. Tas yang dibuat dari kanvas atau vinil juga lebih ringan daripada material dari kulit.

3.    Tali selempang
Pilihlah tas yang mempunyai tali selempang (straps) yang lebar dan memiliki bantalan. Tali seperti ini akan memberikan tekanan di pundak sehingga anda lebih merasa nyaman. Pilih juga desain straps yang dapat diatur sesuai dengan tinggi badan. Desain selempang yang kurang baik dapat memicu tekanan dan nyeri otot.

4.    Banyak ruang
Bila Anda tipe orang yang sering membawa banyak barang di dalam tas anda, pilihlah tas yang memiliki banyak kompartemen sehingga berat bisa rata. Benda yang paling berat seharusnya berada di bagian paling bawah.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates