Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Penyakit Penyerta Akibat Kelelahan

Jenis Penyakit Penyerta Akibat Kelelahan

Jenis Penyakit Penyerta Akibat Kelelahan

Jenis Penyakit Penyerta Akibat Kelelahan

Jenis Penyakit Penyerta Akibat Kelelahan

Jenis Penyakit Penyerta Akibat Kelelahan – Lelah adalaah suatu kondisi dimana fisik terlalu lama menjalankan aktifitas, dengan demikian tubuh membutuhkan istirahat. Apabila mengalami kelelahan sepanjang waktu, maka jangan anggap sepele kondisi ini. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengubah gaya hidup, misalnya tidur dengan yang cukup, konsumsi makanan yang sehat, minum air putih yang cukup, konsumsi vitamin, kurangi konsumsi kafein serta alkohol.Berikut merupakan beberapa penyakit yang menjadi gejala awal akibat kelelahan diantaranya:
1. Anemia
Pada umumnya kondisi ini akan dialami pada perempuan akibat kurang mengkonsumsi zat besi. Seseorang yang mengalami anemia akan merasa lemah serta sesak nafas. Anemia bisa diakibatkan karena kekurangan zat besi atau asupan vitamin, mengalami kehilangan darah, mengalami perdarahan internal, ataupun akibat penyakit kronis misalnya rheumatoid arthritis, penyakit kanker, ataupun gagal ginjal. Pada wanita usia subur akan rentan mengalami anemia khususnya selama menstruasi .

2. Diabetes
Gula atau disebut dengan glukosa, merupakan bahan bakar yang dapat membuat tubuh menjalankan aktivitas secara optimal. Dengan demikian pada seseorang yang mengalami diabetes tipe 2 sehingga tidak bisa menggunakan glukosa secara optimal, maka glukosa tersebut pada akhirnya akan menumpuk di dalam darah. Pada penderita diabetes tubuhnya akan cepat terasa lelah.

3. Penyakit Tiroid
Kelenjar tiroid akan dijumpai pada bagian depan leher serta  menghasilkan hormon yang dapat mengontrol metabolisme. Apabila hormon tiroid terlalu banyak (hipertiroidisme), dengan demikian  kecepatan metabolisme menjadi naik. Jika terlalu sedikit hypothyroidism sehingga metabolisme akan melambat.

4. Depresi
Depresi merupakan suatu kondisi yang melebihi perasaan sedih, kondisi depresi menyebabkan tidur dan juga makan menjadi tidak cukup. Adapun gejala – gejala depresi, diantaranya:
a. Kelelahan atau kehilangan energi
b. Tidur yang terlalu sedikit atau terlalu banyak
c. Kesedihan yang terus – menerus, cemas, atau kondisi mood yang tidak jelas.
d. Nafsu makan dan berat badan menurun
e. Kehilangan minat ataupun kesenangan untuk menikmati aktivitas.
f. Gelisah ataupun lekas marah
g. Gejala fisik yang tidak sembuh karena pengobatan, misalnya sakit kepala, sakit kronis, atau sembelit serta gangguan pencernaan yang lainnya
h. Kesulitan untuk berkonsentrasi, mengingat, ataupun membuat keputusan
i. Merasa bersalah, putus asa, atau merasa tidak berharga
j. Pikiran tentang kematian atau pikiran untuk bunuh diri

5. Rheumatoid Arthritis
Penyakit rheumatoid arthritis yang dikenal sebagai penyakit rematik merupakan jenis penyakit yang tidak mudah di diagnosa secara dini. Rematik akan terjadi pada saat sistem kekebalan tubuh menurun yang menyerang jaringan sendi yang sehat, kadang dapat mengakibatkan kerusakan parah pada tulang serta tulang rawan.

6. Sleep Apnea
Sleep apnea adalah terjadi gangguan yang dapat ditandai dengan adanya gangguan singkat pernafasan pada saat tidur. Pada tipe yang sangat umum, apnea tidur obstruktif, saluran nafas di bagian atas akan tertutup selama dalam waktu beberapa detik, yang akhirnya otak dapat membangunkan agar memulai bernafas kembali. Seseorang pada kondisi apnea tidur obstruktif bisa berhenti untuk bernafas hingga ratusan kali dalam semalam.

7. Kelelahan Kronis
Orang yang mengalami penyakit jenis ini akibat terlalu lelah dalam menjalankan kegiatan serta akan merasa mudah lelah akibat tenaga yang terlalu sedikit. Adapun gejalanya yaitu mengalami sakit kepala, otot dan juga nyeri sendi, mengalami kelemahan, kelenjar getah bening mengalami bengkak, serta ketidakmampuan dalam berkonsentrasi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates