Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Bentuk dan Manfaat Antibiotik

Seputar Bentuk dan Manfaat Antibiotik

Seputar Bentuk dan Manfaat Antibiotik

Seputar Bentuk dan Manfaat Antibiotik

Seputar Bentuk dan Manfaat Antibiotik

Seputar Bentuk dan Manfaat Antibiotik – Antibiotik adalah jenis obat – obatan yang dapat digunakan dalam pengobatan infeksi yang diakibatkan oleh adanya bakteri. Adapun cara kerjanya yakni dengan membunuh serta dapat menghambat pertumbuhan pada bakteri. Adapun pada beberapa jenis antibotik juga dapat efektif membunuh jamur, protozoa serta pada beberapa racun. Obat antibiotik juga bisa digunakan dalam mencegah infeksi misalnya luka apabila setelah operasi, akibat sakit gigi, neutropenia, serta lain sebagainya. Namun  manfaat antibiotik tidak dapat efektif pada virus misalnya pilek, akibat masuk angin, akibat sakit tenggorokan, ataupun influenza.Obat antibiotik bisa diberikan terhadap pasien dengan 3 bentuk, yakni :
1. Oral, antibiotik jenis dapat berbentuk tablet, kapsul, ataupun sirup
2. Topikal, seperti salep, lotion, semprotan atau tetes.
3. Suntikan, bisa diberikan dengan melalui suntikan langsung ataupun lewat infus.

Manfaat antibiotik sangat dibutuhkan dalam bidang kesehatan diantaranya :

1. Mengobati infeksi kulit akibat bakteri dan jamur
Infeksi kulit adalah suatu masalah yang dapat terjadi pada semua umur. Masalah kulit dapat disembuhkan dengan menggunakan antibiotik misalnya penisilin. Namun terkadang pada gangguan dapat sembuh dengan sendirinya. Gejalanya dapat muncul yakni timbulnya suatu benjolan yang berisi cairan di kulit serta adanya ruam kemerahan, terasa pedih, sakit, serta panas.

2. Mengobati infeksi saluran kemih
Jenis infeksi ini akan sering terjadi pada kaum wanita dibanding pada kaum lelaki. Sebab bakteri dapat bersarang di saluran kemih. Infeksi ini juga akan mudah diobati dengan jangka waktu yang pendek dengan mengkonsumsi antibiotik misalnya penisilin, akan tetapi apabila dalam dua sampai tiga hari tidak sembuh, alangkah baiknya diperiksa oleh tenaga medis. Adapun gejala infeksi ini yaitu akan terasa terbakar pada saat sedang buang air kecil ataupun dapat ditandai dengan buang air kecil yang sering juga akan terasa nyeri yang kuat.

3. Mengobati meningitis (radang selaput otak)
Meningitis merupakan suatu infeksi yang dapat menyerang otak serta sum- sum tulang belakang. Meningitis disebabkan karena adanya bakteri yang harus diobati yang menggunakan antibiotik misalnya aminoglikosda, sefalosporin, ataupun dilakukan tindakan lanjut oleh tenaga medis. Adapun gejala yang dapat dialami oleh pasien meningitis yaitu sakit kepala yang terasa sangat sakit, demam, kaku, pada leher, muntah, gangguan penglihatan serta terdapat ruam pada kulit.

4. Pengobatan septicaemia atau keracunan darah
Penyakit ini dapat diakibatkan karena bakteri memasuki aliran darah. Dengan penggunaan antibiotik misalnya sefalosporin adalah langkah awal agar dapat mengobati penyakit ini.  Adapun gejala dari penyakit ini yaitu demam tinggi, menggigil, mual, muntah, diare, nyeri perut, sedak nafas, denyut jantung lebih cepat dan gelisah.

5. Pengobatan jerawat
Jerawat adalah suatu gangguan kulit yang tidak dapat disembuhkan, sebab jerawat dapat timbul kapan saja. Yang dapat dilakukan yaitu bagaimana agar menghilangkan jerawat serta melakukan pencegahan supaya jerawat tidak muncul lagi.

6. Mengobati infeksi lambung
Infeksi lambung adalah jenis penyakit kronis yang dapat menyerang organ tubuh di bagian lambung. Adapun gejala yang dapat dirasakan pada penderita yaitu mual dan sering muntah, nyeri pada perut, nafsu makan menurun secara drastic, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin,sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar, sulit tidur, kepala terasa pusing dan pendarahan.

7. Mengobati pneumonia karena bakteri
Jenis penyakit yang dapat terjadi akibat infeksi bakteri yang akan menyerang paru – paru. Adapun gejalanya yaitu : batuk, nyeri pada dada, demam, sulit bernafas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates